Mau tanya

Bun emang kalo mau hidup misah sama ortu harus punya uang lebih? Suami setiap di ajak ngontrak bilang nya selalu begitu bun. Binggung harus gmna bun.

Mau tanya
86 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Saya nikah langsung pulang ke kontrakan bun. Dari sebelum nikah memang saya sudah mandiri di kota orang hehe.. Sementara suami gak pernah merantau, walaupun kerja jauh dia pilih pulang pergi dari muda. Jadi saya yang gak kaget banget, Alhamdulillah sudah dicicil barang2 dari gadis walaupun gak banyak dan beberapa dari orang tua. Alhamdulillah penyesuaian suami gak terlalu lama, dulu sering banget pulang ke rumah mertua, tapi sekarang mulai bisa ngerem, apalagi keuangan utama dari saya, jadi pahit manis harus dirasa berdua. Dari sebelum nikah pun saya sudah komit untuk gak nyampur dengan mertua atau orang tua. Karna kami masih sama2 muda, takut ketergantungan, memang rasanya berat apalagi kalau liat teman yang hidupnya gak terlalu ribet masalah rumah karna masih nyampur dengan orang tuanya, tapi saya bersyukur karna setidaknya saya mandiri dan mulai mengumpulkan asset sejak dini. Insya Allah bun kalau memang niatnya untuk mandiri pasti ada jalan. Tapi kalau memang keadaannya tidak bisa dipaksakan lebih baik ditunda dan mulai menabung untuk jaga2 saya sudah mandiri nanti, karna akan banyak pengeluaran tak terduga ketika sudah mandiri.

Đọc thêm

suami bunda msh pngn ngetek mama nya.. justru tinggal sma mertua malah keluar biaya lebih banyak 🤣🤣🤣 apalagi klo mertua ngejaga status sosial, ampe dibelain keseret" anaknya nyari duit buat ortunya.. saya tinggal sma mertua, tp listrik kebutuhan rumah gas apa" saya yg bayar.. saya sampe bingung, yg numpang sebenernya siapa.. kalo ngontrak, kita makan sehari sekali jg hayoo aja, ga tekanan batin.. tp klo dirumah mertua, misal ada bagian rumah yg rusak (ex:saluran mampet), nyindir" si mertua ampe mulut berbusa biar anaknya cepet" benerin selokan nya, sedangkan anak lg mepet keuangan.. kalo panggil tukang bongkar keramik kan mesti pake duit.. trs jg, alasan awal nikah disuruh dirumah mertua biar pas punya anak ada yg bntuin momong, krna mama ku msh kerja.. tp apaaaaahhhh.. susah sih punya mertua apa" pake pamrih mah.. lupa kali, nnti tuanya siapa yg ngurus klo bukan aku.. maaf bund jd curhat.. saya lg sensi bnget dnger kata mertua 😡😡 udh bund, cepet" ngontrak kalo mertua nya ga beres mah.. saat udh punya anak, bunda harus tetep waras.. jgn sampe setan masuk, nnti anak jd pelampiasan grgr gondok ke bumer ..

Đọc thêm
4y trước

semangat y bund 💪💪💪

Mohon maaf ini, ya, Bun. Berdasarkan pengalamanku emang bener yang dibilang suaminya. Jangankan berkeluarga, dulu pertama aku ngontrak sendiri karena merantau pun butuh modal. Inget banget dimodali Bapak buat beli kasur sama lemari. Makan masih beli jadi gak butuh alat masak. Gak lama kemudian, bawa perintilan masak ambil koleksi ibu. Lalu lama-lama hasil kerja pelan-pelan disisihin buat beli perabotan sampai kerja 3 tahun baru keisi penuh tuh kontrakanku, lemari kaca 1, lemari plastik gede 1, lemari plastik kecil 1, springbed 2 (jaga-jaga kalau ada tamu nginep), sofa 1, kulkas, AC, mesin cuci, rak piring, peralatan masak lengkap. Belum lagi bayar kontrakan dan listriknya tiap bulan. Itu saat aku maaih gadis. Kalau ada suami apalagi anak, pasti lebih banyak tuh kebutuhannya. Jadi saranku dihitung dulu anggarannya ya, Bun, biar Bunda dan suami sama-sama nyaman.

Đọc thêm
4y trước

Bener ... Beli pelan-pelan perabotan. Enaknya pas akhirnya aku nikah, kan LDM sama suami, tiap suami datang dia nyaman meski di kontrakan. Bahkan sebagian perintilan dapur macam Tupperware sebagian buat ngisi rumah kami yang ditempati suami. Lebih kerasa lagi pas anak lahir. Nggak kebayang kan kalau di kontrakan cuma ada kasur dan lemari tanpa perabotan penunjang lain.

kontrakan atau kosan juga macem2 harganya, dri yang 300 sampe jutaan ko.. tinggal di sesuain sma budget, jujur kalo aku lebih enak ngontrak di banding tinggal sma ortu/ mertua .. kenapa?? 1. lebih bisa bebas 2. jauh dari omongan yg bkn sakit hati 3. kita sma suami jdi lebih intim 4. lebih mandiri 5. pengeluaran jdi gk terlalu banyak malah karna kalo tinggal sma ortu/ mertua kita kalo mau bli makan dirumah banyak gak enakan jdinya hrus beli seisi rumah = sama sama boros dong blm lgi biaya kamar mandi otomatis di tanggung kita , listrik juga dri kita/ setengah2 .. blm lgi kalo punya ade masih kecil pasti otomatis kita juga ngasih buat jajan ade.. kalo berdua kita bisa menghemat kalopun boros buat kesenangan berdua kaya makan diluar atau maen..

Đọc thêm
4y trước

iya bunda namanya rumah tangga masih merintis ya dinikmati wes bismillah aja kalo aku mah ada ga ada uang kalo hidup bareng suami mah enak2 aja yg pntng kta nya pandai2 bersyukur dengan keadaan krna diluar sana banyak yg lebih me derita daripda kita, kita loh masih enak bisa ngontrak ada orang tidur dikolong jembatan makanya melihat itu kebawah jgn keatas agar terus dan terus bersyukur (prinsip ku sih gt) jd ga ngeluh melulu mslh uang dan uang

Saya n paksu hidup sendiri, paksu yang kerja saya jd IRT, Kadang tiap akhir bulan zonk gak ada sisa, kadang malah kami ketawain keadaan kayak gini, suami malah pernah nganggur selama 10bulan, dr awal mau lahiran sampai lahiran gak ada pemasukan, tp malah kami nikmati, krn mungkin Tuhan ngasih waktu buat saling perhatian dan ngurus anak, trus ada aja rejeki dateng entah dr temen atau sodara, udah biasa hidup sendiri pas ada mama atau emak mertua malah kagok, biasanya kalau capek saya bangunya siang, pas ada emak mertua mau gak mau bangun pagi juga krn mertua bangunya pagi2, 🤭🤭 yang penting kebutuhan anak tercukupi, kita ortunya mah urusan belakanganya. 🤭🤭🤣🤣

Đọc thêm

Kalo menurut saya yang namanya menikah ya harus siap seperti ini si bund gslh bunda ngajakin ngontrak justru malah melatih buat hidup mandiri dan g bergantung sma ortu Dlu jg sya gt awal nikah smp brp tnggl sma mertua stlh itu sya memutuskan untuk ngontrak dan suami setuju krna pada saat itu saya jg posisi kerja jdi bisa bntuin keuangan atau kebutuhan yang kurang2 tp stlh saya hamil skrg dan sblm nya smpt keguguran akhirnya sya memutuskan untuk risign bekerja dana akhirnya semua kebutuhan semua yang tanggung dan jg kta bnyk tanggungan setiap bulanya yg harus dibyrkkan tp alhamdullilah percaya saja bund rejeki sdh ada yg mengatur selagi kta mau usaha tidak ada yg tdk mungkin

Đọc thêm

The most feasible way adalah bunda hitung aja estimasi pengeluaran per bulan JIKA mengontrak, termasuk di dalamnya biaya kontrak, uang air, listrik, sampah, makanan suami, anak, dan diri sendiri, kebutuhan dasar, dll. Baru dibandingkan dengan pemasukan per bulan. Jadi jangan kira-kira cukup atau nggak aja, ada real angkanya berapa. Then baru deh kasih tunjuk ke suami bahwa based on calculation, dengan income sekian masih cukup kok untuk ngontrak. Ada tabungan juga ya bund jgn lupa, misal 30% dari income. Tapi sekian persennya itu terserah senyaman bunda berapa. Baru deh, insya Allah suami terbujuk ✨ Semangat yaa bunda!

Đọc thêm

Bener suaminya. Bunda harus pikir paitnya dulu, kalo di tengah jalan ga ada uang lalu gimana? Ga bisa bayar kontrakan lalu gimana? Bisa bayar kontrakan tapi ga bisa makan, lalu gimana? Suami juga pasti ada perhitungannya sendiri. Sekarang kalau bunda ngotot ingin hidup sendiri, coba bunda buat perhitungannya. Bunda cari kontrakan yg bunda mau tempati, terus hitung juga biaya listrik air, biaya belanja bulanan untuk makan 3 kali sehari, biaya ongkos suami kerja, biaya keperluan bayi. Cukup ga gajinya suami? Kalau ngepas, bunda harus pikirin juga misal amit amit ada yg sakit, ada ga biaya darurat?

Đọc thêm

sepengalamanku yg udah ngrasain ngontrak dan tinggal dirumah mertua, jujur aku ngrasa lebih hemat pas ngontrak... karena satu hal, pas ngontrak apa yg kita beli ya kita yg make, beda kalo serumah sama banyak orang, kita yg beli, yg lain suka nebeng atau minta (bilangnya sih minjem tapi seringnya ga diganti, yekali kita tagih pan ga enak yeee)... gitu aja sih bedanya buatku soal perlu ada uang lebih bisa diatur, cari aja kontrakan yg petakan murah udh plus air+listrik+wifi, banyak kok bun di bawah 2 juta sbulan, sesuai budget aja sih itu mah

Đọc thêm

fyi mungkin suaminya mempertimbangkan pereekonomian mak, karena emang kalo ngontrak akan ada biaya lebih seperti biaya sewa rumah, biaya listrik, biaya air, biaya gas untuk masak. intinya memang ada pengeluaran lebih. mungkin emak bisa mulai nabung buat itu smua jd smisal udah ngontrak ngga bingung biaya tsb. bicarakan baik-baik mak karena kan yg tau keuangan tuh ya kalian berdua. jangan sampai ga sanggup tp disanggup-sanggupin jatuhnya nanti kekurangan dan tambah hutang sana sini 🥰 semangat yaa mak

Đọc thêm