Bahas Tuntas Seputar Batuk Pilek pada Bayi dan Anak

Yuk, tanya seputar Bapil pada bayi dan anak di kolom komentar postingan ini! Oh ya, satu pertanyaan terbaik akan dapat hadiah lho! Jadi pastikan data profilmu lengkap ya. Soalnya, hadiah tersebut akan dikirim langsung ke alamatmu. 📌Tema: Bahas Tuntas Seputar Bapil pada Bayi dan Anak 🗓️ Tanggal: Kamis, 11 Januari 2024 🕗 Waktu: 10-13 WIB Akhir-akhir ini banyak bayi dan anak yang terkena batuk pilek ya, parents. Mungkin bisa jadi karena cuaca dan imunitas yang menurun. Nah, bagi parents yang punya pertanyaan seputar batuk pilek pada bayi dan anak, silakan tanya di kolom komentar ya. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan terbaik!

Bahas Tuntas Seputar Batuk Pilek pada Bayi dan Anak
38 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

assalamualaikum dok, mau ikut bertanya. anakku saat dbawa ke Bandung slma 2 minggu disana pilek namun tidak batuk. saya pikir karna perubahan cuaca. lalu pulng lgi ke tangerang masih ttp pilek smpe muntah kalo dkasi susu krna mampet, umur anak saya 10bln saat itu dan sya ajak ke pantai krna katanya ibu2 lain apabila mengajak anak yg sedang pilek bisa smbuh pileknya, tpi nyatanya malah makin meler. lalu 1bln berlalu msi pilek tpi saya tidak kasi obat smasekali krna dokter anak bbrpa bulan lalu menyarankan kalo anak jangan terlalu sering dberi obat2an krna nanti bisa bermsalah ke ginjal, krna sya memang sedikit2 ke dokter krna panik. lalu saat 11bln lewat anak saya imunisasi IPV II, setelah imunisasi besoknya sembuh. apakah berpengaruh imunisasi dengan pilek? terimakasih, semoga d jawab.

Đọc thêm
5mo trước

begitu ya dok,terimakasih atas jwabannya ya. baca2 jga jwaban buat ibu yg lain jdi plajaran untuk saya dan ibu lain. sekali lgi terimakasih.

Assalamualaikum dok... Ijin bertanya 🙏 Anak saya saat ini umur 6 bulan. Sudah 3 harian batuk pilek disertai demam. Demam nya naik turun. Yang obat demam dan flu dapat dari RS. tapi obat batuknya beli dari apotek karena saat di RS belum ada gejala batuk dan belum diberi obat batuk. Kira-kira aman tidak ya dok minum 3 obat tersebut sekaligus? takutnya ngaruh di organ dalam bayi khususnya ginjal 🥺 Dan ini belum sembuh dok. Tiap tengah malam bayiku kebangun karena batuk berdahak terus disertai demam. Apakah saya perlu ke periksa ke dokter lagi dok? Karena walau diminumin obat, tapi belum sembuh. Atau harus dihabiskan dulu obatnya? Mohon solusinya dok. Terimakasih sebelumnya🙏

Đọc thêm

Assalamualaikum. Halo Dok. Ijin bertanya. Anak saya ini kali pertama lagi pilek. Entah tertular Aunty-nya atau memang karena cuaca. soalnya anak saya jarang dibawa keluar kecuali jemur pagi atau seminggu sekali di ajak jalan keluar itupun gak lebih dari 2 jam. Disarankan sama ipar di uap dengan air hangat yang di tetesi kayu putih sama cincang bawang putih. Apakah itu efektif? pas diaplikasikan, apakah uapnya yang kena mata bisa bikin iritasi atau perih? Dan bentar lagi bakal saya ajak merantau ke daerah yang cukup panas. saya tinggal di Cianjur dan akan di bawa ke Tangerang, kira2 bakal ngaruh ke bayi gak ya perbedaan cuacanya itu? anak saya baru 5 bulan Dok. nuhun ☺️

Đọc thêm
5mo trước

Waalaikumussalam bunda de Pemberian uap air hangat diperkenankan pada bayi dengan batuk pilek . Istilahnya adalah steam. Steam ini membantu lendir menjadi lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan. Pada anak < 9 bulan cukup air hangat saja tidak perlu diberi tetesan minyak kayu putih karena khawatir terlalu tajam aromanya, bisa saja menimbulkan iritasi pada mata dan hidung. Perbedaan cuaca atau suhu lingkungan bisa memberikan pengaruh pada anak2 yang sensitif.

Assalamualaikum dok. ijin bertanya dok 1.) Dok apakah batuk pilek pd bayi dan anak harus diobati dgn antibiotik? soalnya anakku ketika batuk pilek tanpa minum antibiotik gk sembuh². apa krn tadinya sudah kena antibiotik jadi ketika sakit harus minum antibiotik dok. apakah bahaya dok jika ketika sakit minum antibiotik terus terusan? 2.) dok knp ya anakku umur 3thn 3bulan ketika sakit demam, ataupun batuk pilek harus berobat ke DSA langsung baru sembuh dok. dibawa berobat ke dokter umum, puskesmas gk sembuh² smpe badan lemes ujung²nya harus opname, krn udh kelamaan sakit. mohon dijawab dokter. terimakasih🙏🙏

Đọc thêm

Hai Dokter dokter saya mau bertanya bayi saya Full 1 Bulan ini Pilek Batuk, kmrin sempat Ranap dan ternyataa Pneumonia Sudah Uap dan Infus selang 3 Hari sembuh dan Keluar RS 2 hari kemudian sakit lagi yg sama Ranap lagi tapi di RS yg berbeda skrg sudah keluar lagi tp sering Flu kembali Dokter, Obat apakah yg aman di Konsumsi setelah 1 Bulan lamanya sakit yg sama ? dan Full 1 bulan minum Antibiotik apakah Aman penggunaan Antibiotik jangka panjang? walau Dosis nya mungkin bertahap yg di berikan? 🙏 semoga Di jawab sama ibu dokter Terima kasih 🙏

Đọc thêm

slmt mlm dok.. mw tnya, anak saya usia 2bln 2hri lg pikek n nafas grok grok.. suka rewel n tdk bsa tdr krna mampet oleh lendir jd susah nafas.. saat sprti itu diikuti batuk2 juga.. tp klo tidak mampet n susah nafas dy tdk batuk.. bgaimna y solusinya agar lendir'a cpt kluar/hilang..krna saya sudah smpet ke DSA diksk obt pilek dan obt tetes hidung tptdk ad perubhan. saya juga kepikiran apa bayi seumuran ini tdk bhaya mnum obt pilek? dan ap boleh diimunisasi saat dy lg sprti ini? krna bayi saya belum imunisasi yg untuk usia 2bln

Đọc thêm
5mo trước

terimakasih dok

halo dokter, semoga dalam keadaan sehat dan sukacita. dokter, saya mau bertanya, bayi saya mulai Oktober akhir bolak balik batuk, pilek, demam. sampai BBnya stuck. sekarang dia 8 bulan dengan BB masih 6,9 kg. mpasi yang seperti apa yang baik untuknya dok, supaya gak gatal di tenggorokannya, bisa meningkatkan imunnya supaya tidak bolak balik bapil lagi dan BBnya bisa naik? PR saya 500gr setiap bulan karena usia 1 tahun nanti BBnya harus 9kg (3xbbl). mohon petunjuknya dokter..

Đọc thêm
5mo trước

@dear bunda Riana , batuk pilek sebagian besar penyebabnya infeksi virus dan sering kali timbulnya seasonal. Begitu mulai peralihan musim biasanya di akhir tahun lebih banyak anak yang terinfeksi . Pemberian MPASI untuk menaikkan BB tentu saja harus memiliki kuantitas dan kualitas yang mencukupi. Kualitasnya berarti mengandung karbohidrat, protein, lemak dan serat yang cukup, dan kuantitas untuk anak usia 8 bulan adalah bubur tim saring/kasar sebanyak 120 - 150 ml/makan. Untuk menghindari rasa tidak enak ditenggorokan pada anak batuk/pilek bisa dihindari buah2 an yang terlampau manis atau yang seratnya merangsang , seperti mangga

assalamu'alaikum.. dok, anak saya umur 5 bulan didiagnosis bronkopnemonia. Sejak saat itu sampai umur 10 bulan bolak balik sesak/kena pnemonia jika bapil. alhamdulillah sudah 2 bulan ini kami pindah rumah, dan meskipun bapil tapi tidak sesak. Tapi sembuhnya lama sampai 2-3 pekan. sama DSA dikasi obat puyer dan obat semprot hidung. kami belum kontrol lagi sejak sebulan lalu. puyer dan obat semprot hidungnya habis. anaknya masih bapil sudah seminggu. apa kami harus ke dsa lagi?

Đọc thêm

dok saya mau bertanya, 1. apakah bayi 3-4bln kalo bapil lama hampir 3minggu perlu minum obat? sudah berbagai metode, sperti uap,jemur,oles balsem baby masih bapil, pas d bawa ke bidan di kasih obat, 2. anak 6tahun batuk nya hanya di waktu tertentu,sperti pagi2 / sore hari, itu termasuk alergi cuaca, apa termasuk batuk Rejan, entah lah, udah d periksa kn & d obati, tapi masih tetep batuk, apa perlu teh mountok sekalian dok?

Đọc thêm
Influencer của TAP

Siang dokter. Dok, anak saya 2 bulan 4 hari, sudah lebih dari 1minggu anak saya hidungnya seperti berlendir, ada upil, dan nafasnya grok2 tapi terdengar ada grok lendir (beda dengan grok2 ketika masih usia 1 bulan). Kalau malam suka gelisah karena nafasnya tersumbat. Mau disedot pakai alat, lendirnya tidak kelihatan dok. Mohon solusinya, apakah perlu obat atau terapi? Terima kasih.

Đọc thêm
5mo trước

@ Reid : siang juga bunda. Ngrok2 pada bayi itu hal yang wajar karena lubang hidung memang masih kecil, jadi ada cairan sedikit saja karena sisa gumoh dihidung atau krn terpicu suhu dingin menimbulkan suara ngrok2. Selama tidak mengangu menyusui dan tidur Insya Allah aman Tapi kalau sampai menganggu boleh dibantu dengan pemberian cairan nacl untuk bayi untuk mengangkat cairan yang mengangu dan melonggarkan hidung. Juga bisa dibantu dengan meningkat suhu AC saat tidur (26-28 derajat) dan menjemur bayi pagi hari.