Bahas Tuntas Seputar Keguguran dan Keguguran Berulang

Yuk, tanya seputar Keguguran di kolom komentar postingan ini! Oh ya, satu pertanyaan terbaik akan dapat hadiah lho! Jadi pastikan data profilmu lengkap ya. Soalnya, hadiah tersebut akan dikirim langsung ke alamatmu. 📌Tema: Bahas Tuntas Seputar Keguguran dan Keguguran Berulang 🗓️ Tanggal: Kamis, 21 September 2023 🕗 Waktu: 10-13 WIB Keguguran adalah kondisi hilangnya kehamilan secara spontan sebelum usia kandungan 20 minggu. Keguguran sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk masalah genetik, masalah kesehatan ibu, infeksi, atau faktor lingkungan. Bagi Bunda yang memiliki pertanyaan seputar keguguran, silakan tanyakan di kolom komentar ya. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan terbaik.

Bahas Tuntas Seputar Keguguran dan Keguguran Berulang
33 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Bismillah, dok seseorang yg dekat dgn saya mengalami keguguran berulang, prematur, stillbrith hingga lahir kemudian belum genap 4 bulan meninggal.. kalo g salah sudah 8x.. menurut riwayat test yg pernah dilakukan ia positif CMV, bentuk rahimnya juga hati, terapi yg sedang dilakukan saat ini minum ekstrak mengkudu dan obat lainnya (saya lupa namanya) obat tersebut diresepkan bidan yg membantu pengobatanya. saat ini sedang mengandung yg ke 9x HPL November tahun ini .. pertanyaannya... Apakah CMV bisa menular ke janin? atau ada virus lain karena terus berulang dan lemah kandungan? Bagaimana menurut dokter keberhasilan ekstrak mengkudu tsbt? yg menurut saya sejauh ini kandungannya masih bertahan? apakah harus ada jeda/KB guna agar tidak trauma, Krn usia muda dan hampir tiap tahun mengandung? apakah bagus untuk kesehatan diri dan reproduksinya jika mengalami terus terusan keguguran/still birth? apa yg harus dilakukan selain bedrest , berdoa agar bayi yg dikandung saat ini bisa lahir selamat, sempurna, sehat dan panjang umur?

Đọc thêm
9mo trước

baik dok, terimakasih jawabanya

assalamualaikum dok,, dok saya pernah keguguran berulang. kehamilan yg pertama saya keguguran di usia kandungan 10 Minggu, 3 bulan kemudian saya hamil lagi, di kehamilan kedua saya sering pendarahan dan akhirnya melahirkan prematur di usia kandungan 27 Minggu dan bayi saya meninggal, 6 bulan kemudian saya hamil lagi di kehamilan yg ketiga tapi saya mengalami keguguran lagi di usia kandungan 8 Minggu, setahun kemudian saya hamil lagi di kehamilan yg ke 4, tepatnya sekarang saya sedang hamil 28 Minggu, tapi dr usia kandungan saya 8 Minggu sampai sekarang sudah 28 Minggu saya juga sering pendarahan, apa yang harus saya lakukan supaya saya bisa mempertahankan kandungan saya sampai melahirkan di usia kandungan yg matang tidak prematur lagi ??

Đọc thêm

selamat malam dokter. Saya anak pertama mengalami pendarahan usia kndungan masuk 7 bln dan akhirnya lahir prematur hidup 5 jam kmudian meninggal.anak ke 2 lahir sesar rutin minum obat penguat. anak ketiga keguguran usia kurang dr 2 bln. trus 1 bulan kmudian hamil kembali bayi kembar dan pendarahan usia 2 bln dan kehilangan 1 baby. cek panjang rahim. panjang. jd tdk ada tindakan ikat rahim. yg ingin saya tanyakan upaya apa yg harus Saya lakukan supaya tdk mengalami keguguran atau prematur. selain ikat rahim, bedrest dan rutin minum obat penguat kandungan. Saya jg selama hamil tdk HB dg suami. oh ya dok saat hamil ank ke2 Saya ada miom dan sdh diangkat saat sesar. sekarang hamil ke 4 Saya ada hernia. dan bagian perut tipis.

Đọc thêm
9mo trước

Halo Ibu Herlina, yang harus dilakukan adalah jangan terlalu capek, minum obat penguat kandungan dan kontrol rutin untuk bisa diukur panjang serviksnya. Minum yang cukup, jangan ada infeksi. Jadi, tidak boleh ada keputihan yang abnormal, infeksi saluran kencing, dan gigi berlubang. Hal-hal ini bisa menyebabkan kontraksi prematur. Kalau hal-hal ini ada, maka harus segera diobati.

hallo dok , saya pernah mngalami keguguran di usia kndungan 13 week , gak ada tanda2 perut keram cuma sakit kpla yg gak tertahan serasa mau pingsan pagi nya saya perdarahan , pas di Cek USG ktanya janin memang gak berkembng alias janin kosong cuma ada kantong janin saja di krnakan ktanya sel telur nya gak bagus akhirnya saya di kuret .. itu tepat satu tahun yang lalu , dan alhamdulillah saya udah telat lagi HPHT saya akhir juli tapi saya udah test pack positif saya ,sampe skrng saya blom periksa krna saya takut masih trauma kejadian tahun lalu saya keguguran bagaimna dok cara agar kejadian kemarin tidak terulang kenbali ?

Đọc thêm
9mo trước

Halo Ibu Maria, yang keguguran pertama itu adalah blighted ovum, yakni tidak ada janin di dalam kantong kehamilannya. Justru yang sekarang, Ibu jangan tidak periksa, Ibu harus segera periksa untuk diberikan obat yang perlu, seperti obat penguat kandungan dan yang lainnya. Dari sekarang, minum juga vitamin hamilnya. Pada prinsipnya, bila ada riwayat keguguran sebelumnya, sejak awal hamil lagi harus periksa.

Halo dok, sebelumnya saya pernah keguguran 2x. Alhamdulillah sekarang sudah hamil lagi setelah 2 tahun kosong. Usia kandungan sekarang masuk 7 week. Kemaren ini beberapa hr yg lalu (beberapa jam saja) ngeflek dan keluar darah. Bedrest hampir 1 mgg alhamdulillah sdh ngga ada flek/ darah lag dok. Kedepannya apa yg bisa dilakukan agar tdk kegguran lag dok? Saya soalny ibu pekerja. Kontrakan jga di lantai 2 dok. Jd senin-jumat turun naik tangga. Terimakasih dok🙏🏻

Đọc thêm
9mo trước

Baik dok, terimakasih dok jawabanny. Detail dan informatif sekali.

Hallo dok saya ad riwayat hipertiroid juga ada igg rubela sama igg cmv positif udah 2x keguguran usia 8minggu dan iufd usia kandungan 27minggu untuk infeksi rubela dan cmv udah dikasih terapi isoprosine dan acycolvir tapi tetap gugur dan untuk tiroid ny normal karna setiap bulan saya cek dan tidak putus minum terapi PTU dan propanolol , kira kira penyebab ny apa y ap yng harus dicek lg , skrng lgi hamil lgi dan usia kandungan udah 6minggu belum diusg

Đọc thêm

bismillah dok.. saya sndiri sedang hamil saat ini posisi ngontrak jauh dri ortu or mertua , setiap saya melakukan aktivitas yang menurut saya tidak begitu berat tp perut saya selalu sakit dok , sdgkan kalo tdk dikerjakan smua kerjaan rumah jd terbengkalai .. saya selalu hati² dok sebisa mungkin .. yang saya takutkan perut saya selalu sakit takut salah satu nya bisa menyebabkan keguguran..

Đọc thêm

Selamat siang dok. Izin bertanya seputar keguguran karena rahim pendek. Apa penyebab rahim pendek dan bagaimana ciri-cirinya? Kemungkinan untuk mengandung setelah keguguran karena rahim pendek bisa berapa lama ya dok ? Dan apa penanganan yang harus dilakukan untuk untuk program kehamilan selanjutnya agar berhasil?

Đọc thêm
9mo trước

terimakasih

Assalamu'alaikum dok qodarullah saya mengalami keguguran anak pertama di usia kndungan 8 minggu setelah 3x siklus haid alhamdulillah sekarang hamil lagi anak kedua jalan 6 minggu yang mau saya tanyakan dok apa yang harus saya waspadai di kehamilan sekarang ini agar tidak terjadi hal berulang apakah perjalanan jauh sangat berpengaruh saat kehamilan trimester 1?

Đọc thêm

dok mau tanya apa penyebab jantung janin tidak tumbuh ? saya pernah keguguran saat itu usia kandungan 3 bulan setelah di USG bukan saja detak jantung yg gk ada tapi jantungnya pun ternyata tidak tumbuh ,tapi ko bisa di hasil USG usia kandungannya sesuai dengan HPHT .apa bisa usia segitu janin tumbuh tanpa jantung .?? terimakasih

Đọc thêm
9mo trước

oh begitu dok .. soalnya kata dokternya "lah ko ini jantungnya gak tumbuh .ini ginjal , lambung,tapi jantungnya ko gak ada ya ." nah gitu katanya. baik dok terimakasih dok sarannya