Imunisasi dan posyandu

Bunda mau tanya dong, anakku usia 7bulan kurang 4 hari tapi dia gak aku imunisasi cuma imunisasi yg tetes di mulut sma suntik di bagian lengannya. Selebihnya gk aku imunisasi kembali dan dia gk pernah ngerasain posyandu. Jadi aku gak tau gimana pertumbuhannya. Aku gk imunisasi dia karna suamiku yg gak ngebolehin anakku di imunisasi soalnya suamiku takut anaknya sakit, tentang masalah posyandu bukannya aku gak mau dteng cuma aku gl tau kaoan ada posyandu soalnya aku ikut ke rumah mertua dan disini gak ada tetangga sama sekali. Jdi gimana ya bunda apaboleh ankku gk diimunisasi dan gak di bawa ke posyandu? Bantu sharung dong bunda soalnya ku baru pertama kali punya anak #seriusnanya #bantusharing #firstmom #pleasehelp #ingintahu #firstbaby

36 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Influencer của TAP

alasan suami nggak logis takut anak sakit, anak suatu saat bakalan sakit makanya pemerintah gencar untuk wajib imunisasi. ibu terakhir imunisasi polio dan BCG. sayang banget padahal imunisasi DPT, PCV dan rotavirus paling penting. rotavirus baru-baru sudah subsidi pemerintah karna banyak kasus diare pada anak. diare ini kalau nggak ditanganin bisa berujung kematian. oh dan juga PCV itu mencegah penyakit pneumonia yang mematikan loh. imunisasi itu guna membentuk imun saat sakit biar nggak terlalu parah dan cepat penyembuhannya. sini saya kasih gambaran kenapa pemerintah gencar wajib imunisasi, ibu bisa liat polusi udara semakin meningkat dan kualitas udara bersih bakalan menurun. air bersih udah terkontaminasi limbah dan sampah. bahan makanan yang udah banyak zat pengawet dan kualitasnya menurun. ibu sebagai orang tua bisa jelaskan ke suami kenapa pentingnya imunisasi. jangan langsung manut saat suami bilang jangan imunisasi takut anak sakit. padahal anak sakit yang repotnya ibunya bukan bapaknya, bapaknya cuman tau ngomel. apakah boleh anak nggak imunisasi? terserah itu anak ibu, bukan anak saya. saya udah jelaskan pentingnya imunisasi. kalau nggak bawa anak ibu ke posyandu? berarti ibu nggak tau BB, TB dan lingkaran kepala anak. semua itu penting untuk mengetahui anak ibu bener-bener sehat atau nggak. nggak tau jadwal posyandu? tanya tetangga yang punya bayi atau anak kecil dibawah 3 tahun. malu bertanya sesat di jalan. kalau baru pertama kali punya anak? sering-sering cari tahu tumbuh dan kembang anak yang sehat itu gimana. zaman sekarang cari informasi itu gampang, tergantung kitanya mau cari tau atau nggak.

Đọc thêm
1y trước

iya bun kadang q suka kesel sma grigitan gt na dgn ortu" skrg yg gmna ya paling takut sakit efek imunisasinya dri pd penyakit kedepan yg kita ga tau itu penyakit yg sprti apa macamnya,pdhal sakit setelah imun itu hnya demam yg ga makan wktu lama,asli si memang bener" hrs di upgrate n di gencar kn lg ke masyarakat tentang imunisasi anak ini yg efek bukan ortunya tp anaknya nanti kn kasian

Thành viên VIP

izin sharing. "takut anaknya sakit" demam pasca imunisasi tentunya beda dengan "sakit". demam pasca imunisasi artinya tubuh anak bereaksi pada virus yg di suntikan jadilah terbentuk antibodi pada tubuh, yg nantinya jadi bekal anak buat melawan penyakit yg serupa. anak yg sudah imunisasi apa bisa sakit ? tentu bisa, namun ga separah anak yg tidak di bekali imunisasi. apakah bunda tau imunisasi dasar itu full gratis ? karena pemerintah sangat berupaya memutus mata rantai penyakit mematikan yg bisa di cegah lewat Imunisasi seperti radang otak, peunomia, diare(diare untuk anak di bawah 2th bisa mematikan), polio dll. polio harusnya sudah hilang di Indonesia karena ada vaksinnya, nyatanya ? beberapa taun belakangan di temukan kasus polio ternyata anaknya tidak di imunisasi sejak lahir. untuk posyandu, minimal sebulan sekali selagi akses mudah dan jalan deket ga susah kan ya ? sekedar ukur tinggi dan berat badan untuk mencegah anak masuk kategori stunting. ayo Bun, kalau suami larang at least bunda punya bekal ilmu sendiri, emang istri harus ikut dan nurut suami tapi ga semua hal termasuk untuk kesehatan anak. kita loh Bun ga akan hidup selamanya dan anak juga ga akan terus nemplok ke kita kaya waktu Newborn, apa kita tau nanti dia bergaul dengan siapa ? apa ga khawatir jika ternyata teman gaulnya juga sama anti imunisasi? nanti kalau temennya sakit anak bunda juga mudah tertular. 🥲

Đọc thêm
1y trước

iya, masa nunggu bidan desa ngasih tau satu2. bidan desa aja belum tentu kenal kita. wkwk

demam imunisasi paling 1 sampe 2 hri lho bun,lebih takut anak sakit krn virus atau bakteri,ya klw imun anak kita bagus kalau ga! waduh ngeri bun, mending ribet skrg tpi efeknya untuk kedepannya bagus. nih bun ya,anak saya demam tadi mlm nyampe 39 suhunya, alhamdulillah anak masih aktif,kebangun dri tidur cuma minta maem stlh kasih makan,anakny berkeringat smpe ngucur😅 alhamdulillah hbis itu turun bun,lega hati saya, sujud syukur dah tdi mlm, stlh itu suhu normal smpe skrg, mungkin ini efek imunisasi itu bun, wlwpun demam anak masih aktiv, ga rewel banget, ga lemes jg, tidur juga ga keganggu,anak saya 9 bulan bun. tiap imunisasi DPT selalu demam, demam tertinggi cuma 38.5, tdi mlm mlh 39 bun,panik pasti bun, badannya panas banget untungnya anak saya kuat,imun bagus. saya ga bsa bayangin bun kalau anak saya ga imunisasi, krn imunisasi jdi sdh prnh ngrasain demam, malah pas demam imunisasi anak ga ada ceria2nya bun rewel turus selama satu hari,mlmnya ga bsa tidur. ayolah bun,imunisasi repot pling sebentar.kasihlah pemahaman sma suami ngerinya kondisi skrg dri cuaca,makanan,blm polusi.ugh... ngeri2....!!!

Đọc thêm

Bunda baru pertama kali punya anak bukan alasan ngga cari informasi. Apa sebelum punya anak ngga diplaning kedepan nya gmn? Waktu hamil ngga cari informasi tentang parenting? Waktu hamil ke bidan buat periksa apa tidak? Kan pasti dikasi tau arah2 nya gmna? Punya anak aja ga cukup kalau ga ada ilmu nya. Smartphone kan hp nya? Bisa cari informasi lewat situ. Jaman udh canggih ilmu bertambah luas tinggal gmna kita gali informasi nya aja. Takut anak sakit yg cuma 1-2hari atau sampai berhari2? Hak anak itu salah satunya mendapatkan pelayanan yg baik. Selama ini tau bb anak tb anak lingkar kepala dari mana? Apa cukup hanya dengan gatau posyndu dmn tapi ga cari informasi? Gatau pertumbuhan anak itu sangat disayangkan sekali ya tumbuh kembang anak ga bisa diulang kedua kali . Manfaatkan waktu selagi ada. Maaf ya kalau kata2 saya agak nusuk kehati tapi memang itu kenyataan nya.

Đọc thêm

Imunisasi itu hak anak lho bund, sdh ada di buku KIA. Klo pun anaknya sakit itu cuma hari ini dan besok, hari ke-3 sdh sehat. Setahuku setiap desa ada posyandu, klo malu bertanya coba aja keliling kampung cari rumah yang ditempeli POSYANDU, setelah itu tanya jadwal POSYANDU tgl berapa. Klo disini POSYANDU khusus nimbang, cek TB, LILA, dan LK. Klo imunisasi di POLINDES, jadwalnya juga beda. Ada baiknya bunda tanya bidan desa, jadwal nimbang & imunisasi tgl berapa, nanti biar dimasukin ke grupnya. Siapa tau dg SPT itu suaminya jadi berubah pikiran, klo imunisasi itu aman dan penting. Klo g ketemu bidan tanya sama yg punya anak, basa-basi dulu mungkin klo malu to the poin. Nanti nih ya bund, klo anaknya sekolah ada masanya di imunisasi, bakal ditanya juga imunisasinya lengkap g dll.

Đọc thêm

Maaf Bun, tinggal di daerah mana ? Gak ada tetangga apa belom kenal tetangga ? atau jarak rumah ke tetangga berjauh2 an ? Atau setidaknya, minimalnya kenal Ibu Rt nya kan ? atau wa group rt gtu juga gak ada ? Atau suka ke warung, belanja2 ? Klinik atau puskesmas apakah sangat jauh dr rumah? Ajak suami ke klinik Bidan atau puskesmas dan konsultasikan masalah imunisasi dengan petugas medisnya. Mau imunisasi atau tidak memang balik lagi ke masg2 orang tua dan kita gak bisa memaksakannya. Tapi ada baiknya sama2 datang dulu dan cari tau lgsg untuk apa2 nya dan bagaimananya. Saya pribadi takut dan gak tega anak saya di suntik2, maka setiap jadwal imunisasi saya selalu ama suami, krna nanti saat di suntik yg gendong atau pegang anak ya suami, saya mah dibelakang aja.

Đọc thêm

Okelah aku gamau berdebat mslh anti imunisasi ini. Krn percuma jg jelasinnya kalo gapercaya mah , saya cuma mau sdkt menegaskan aja bhw paling gak ke posyandu utk tau perkembangan anak dr BB dan TB nya krn dr situ km bisa tau ada mslh apa dg anakmu, misal bb anakmu slm 2 bln berturut turut ga naik itu km HARUS dan WAJIB ke dsa biar tau mslh apa yg ada di anak km knp bisa bb nya ga bisa naik walaupun nyusunya kuat/makannya kuat (CONTOH) .Gatau info posyandu? Bisa tanyakan lgsg sm RT setempat kpn biasanya posyandu di lakukan, malu?Di sana ada puskesmas gak? Kalo ada silahkan lgsg ke puskesmas utk periksa bulanan bb dan tb anak di puskesmas.

Đọc thêm

y itu pilihan bunda, setiap pilihan ada resikonya. emang vaksin dpt, campak bikin demam. tp selalu d kasih obat pereda demam sma pukismas/posyandu. klo hidup bunda lg beruntung hidup d lingkungan yg semua orang²ny dah imunisasi bunda aman. tp klo lg apes hidup d lingkungan orang² ny gk imunisasi yg paling² baby ny sakit. misal sakit peunomia soalny skrang lg rame sakit tu, klo baby dah d imunisasi pcv, setidakny klo kena peunomia dya tahanny lebih baik, angka keselamatanny lebih tinggi. klo gk imunisasi paling bablas k maha kuasa. yah walaupun hidup n mati d tangan Tuhan, manusia cuman bsa berusaha. yg salah tu klo gk berusaha sama sekali.

Đọc thêm

bunda tinggal dirumah mertua kan masa mertua ga tau posyandu kpn di kampung sndri,utk imunasasi sangat di sayangkn skli ga di terusin bun lbh pilih mana sakit sebentar krna imunisasi ataw sakit nya macam" krna kurang imunisasi,sakit imunisasi tu apa si bun paling sering demam kn itu cma brlangsung 2-3 hr aja,ga parah" banget bun jgn khawatir,munkin suami bunda hrs di beri edukasi lg biar lebih paham bhwa imunisasi itu pnting skli n hak utk anak,munkin selama ga lengkap imunisasinya sewaktu bayi smpai umur bbrpa tahn aman" aja tp kita ga tau ketika anak udh remaja atw besar ada aja sakit yg nyerang bun semoga jgn sampai ya

Đọc thêm

emang sih banyak pro kontra perihal imunisasi. aku juga punya tmn kantor dia bilang anaknya gak ada yg imunisasi, buktinya sekarang dia sehat2 aja. kebetulan pas aku baru lahiran dia bilang bgtu, dia ini laki2 ya, mungkin sama kali pikirannya sm suami bunda yg takut anaknya sakit. cuma saya iyain aja. suami saya juga gak tegaan, makanya klo jadwal imunisasi dia slalu ketar ketir, cuma saya jelasin baik2 apa manfaatnya. minimal ikut yg wajib. akhirnya dia terbuka pikirannya, cuma dia gak berani nemenin didlm. jadi dia selalu nunggu didpn pintu. dia bagian nenangin anaknya, kebetulan anaknya cw jadi klo sm bpkny suka drama gitu.

Đọc thêm
12mo trước

nah iyaa aku juga mikirnya bgtuu,, hehehe