Belum bisa merangkak dan duduk sendiri

Sudah mau umur 8 bulan kok belum bisa merangkak ya 😔 duduk sendiri juga belum bisa. Pas posisi merangkak cuma goyang2 tok. Dan masih tengkurep sambil ngeset aja kalo ambil2 apa2 yang ada di depan. Wajar gak ya bund mau 8 bulan belum bisa merangkak?

10 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Sebetulnya kalo menurut diagram Denver II, merangkak itu ga masuk ke milestones dan gapapa diskip selama ga ada masalah. Jadi ga ada istilah red flag buat merangkak. Tapi, kalo para ahli terapi anak biasanya suka menekankan pentingnya merangkak karna katanya ini suka ngerambat ke mana2 masalahnya. Entah itu anak punya masalah di keseimbangan, kemampuan spasial, makan, psikologis, dll. Stimulasi merangkak itu biasanya pancing anak sama benda menarik sama banyak2 taruh anak di lantai keras ga usah dikasih alas. Ada dokter yang suka nyuruh anaknya dibantu diposisiin ke posisi merangkak klasik. Tapi kalo ahli terapi suka nyuruh biarin anak ngerasain tubuhnya sendiri. Nanti kalo udah siap bakal merangkak. Btw, ngesot itu salah satu jenis merangkak loh. Namanya merangkak gaya komando kalo ga salah.

Đọc thêm

anak pertama saya malah skip tahap merangkak bun . jadi setelah bisa duduk, dia langsung berdiri terus rambatan . paling bisa dia ngesot pake dada gitu, mirip mirip ky lagi berenang di lantai .. sampai akhirnya dia bisa jalan sendiri pas 14 bulan .. baru deh setelah bisa jalan, dia bisa merangkak juga .. bunda yg sabar, sambil terus distimulasi anaknya, pelan pelan aja bund ..

Đọc thêm

Anakku usianya tepat 9 bulan jg gitu bun, blum bisa merangkak dan duduk mandiri, dia baru bisa ngesot pake dada.. malah dia mundur ngesot.nya ndak maju, dan suka banget posisi kaya merangkak tp ujung2.nya jatuh blum bisa ngimbangi, tp tiap hari ttp q stimulasi terus bund, bismillah kudu ttp sabar karna tumbang masing2 anak beda2 bund🥰 ..smangat dlm men.stimulasi dede.nya ya bunda🤗

Đọc thêm
3y trước

Contoh stimulasinya gmn mam

Thành viên VIP

wajar bunda . sama kya anakku kmren 8 lebih 7 hari baru bisa ngerangkak +duduk sendiri . itu anaknya kya ny bentar lagi ngerangkak , di latih gerakin kaki nya buat ngerangkak maju pake tangan kita , nanti anaknya sendiri yamg majuin tangan buat ngelangkah , akhirnya dia mandiri (kalo akusih gitu)

Thành viên VIP

Udah duduk sendiri blm mam dr posisi tdr ke duduk? Klo bs d duduk sendiri red flag 7-8 bulan aman aja ga semua anak melewati fase merangkak yg pd umumnya.. anak sy mau 8 bulan jg hanya merayap udah ke dsa jawabanya begtu

wajar bun, tiap anak tumbang nya beda². anak sy mau 9 bln jg masi blm merangkak. masih merayap dan berdiri. baru nyoba merangkak tp lgsg duduk kek nya blm brani dia.

stimulasi terus aja...karena aku dulu ngalamin, 13 bulan baru bisa duduk mandiri, terus gak lama merangkak...

Thành viên VIP

anakku juga 7bulan 28hari blm bisa merangkak dan duduk mandiri bun

Thành viên VIP

Gpp masih bisa dilatih bun 🤗