Benarkah sufor dapat membantu menaikkan berat badan anak??

Selamat siang.. Tolong bantu kasih masukan ya, bunda.. Anakku, gemintang umurnya 15 bulan. Sekarang lagi di RS karena kemarin demam 6 hari dan diare. Setelah ditimbang ternyata beratnya cuma 8,5 padahal berat lahir 3kg. Barusan aku konsultasi sama dokter dan katanya boleh kalo mau ngasih sufor/susu murni karena bisa aja asiku itu udah kurang tapi gemintang ngempeng terus jadi makannya dikit. Aku cukup sedih disitu, bun. Perasaanku campur aduk. Soalnya aku baru sebulan pulang ke rumah mertua, sebelumnya di rumah ibukku. Nah! Sebelum pulang itu beratnya gemintang 9kg lebih. Aku jadi kepikiran soal gaya hidupnya gemintang yg beda banget disini. Kalo di rumah ibukku dia jarang banget nenen. Cuma pas mau tidur siang dan malam doang baru nenen. Soalnya dia main terus ke rumah tetangga, sama temen2nya. Makannya juga banyak walaupun menu desa kayak ubi, daun bayam, soto, jajanan pasar buat cemilan. Nah! Pas di rumah mertuaku itu dia disuruh main di dalam rumah terus. Emang dikasih mainan banyak tapi dia mungkin kurang gerak ya jadi bosan mangkanya Dikit2 nenen. Terus cemilannya instan semua. Aku sadar sih ini salahku, kukira setelah penyesuaian dia bakalan kayak sebelumnya lagi. Tapi ternyata sakit.. Aku menyesal banget Sekarang gimana ya naikin berat badan gemintang?? Apa benar kalo ditambah sufor bisa cepat naik?? Aku mau fokus memperbaiki menu mpasi ku yg kurang sempurna dan aku takutnya kalo gemintang udah kena sufor dia nanti malah males makan. Mohon pencerahannya. Maaf kalau kesannya saya egois dengan pemikiran saya dan kekurangan saya sebagai ibu. Tolong bantuannya.. Terima kasih..

Benarkah sufor dapat membantu menaikkan berat badan anak??
2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Chuyên gia

Halo gemintang sayang, semoga lekas semnuh ya dek, BB anak turun karena diare kerap terjadi bunda, pasti sedih ya, saya dapat memahami. Sekarang yang penting Gemintang sehat dulu, biasanya dari rs dikasih obat dan vitamin untuk nafsu makan, Untuk nenen sebaiknya jangan dekat waktu makan, bunda dulu sudah bener menerapkannya, tidak apa-apa kok, bukan salahh bunda, apalagi cuaca sekarang anak jadi gampang sakit, teruskan ASI karena itu bagus untuk antibodynya Gemintang. Nanti setelah pulang sebaiknya hindari cemilan atau MPASI instan sampai Gemintang bener2 sembuh ya bunda, bunda cek juga bahan makanan yang bikikn dia diare misalnya telur, ikan, keju?. Berikan mpasi double prohe misalnya telur dan ayam, telur dan daging merah, bunda bisa berikan lemak tambahan misalnya margarin secukupnya atau 1 sdt. Untuk bundanya, jangan lupa makan dan istirahat juga..

Đọc thêm
3y trước

Wah kalau ada jawaban dari pakarnya aku jadi ngerasa tenang.. Terima kasih ya, kak. Sekalian tanya ya, kak.. Gemintang perlu nggak ya minum vitamin tambahan dan penambah nafsu makan kalau sudah benar2 sembuh gitu?? Bisa nggak ya mengejar bb yg kurang tanpa susu tambahan??

biasanya untuk boost bb dsa akan menyarankan sufor yg tinggi kalori bun,dan harus sesuai anjuran dsa. begitu pula kalau memang dsa menyarankan sufor biasa bunda ikuti anjuran pemberiannya brp kali dan takarannya. jangan fokus di sufor aja tp di makanan jg, buatin anak makanan yg tinggi kalori bun. sebaiknya sih usia di atas 1thn+ cukup 300-500ml/2-3x pemberian susu dalam sehari biar gak kenyang susu tp karna habis sakit pemberian susu harus advis dsa untuk boost bb. ini persis kayak anak saya, di rumah ibuku jg anak makan lahap karna banyak aktivitas nya dan main sama teman, jadwal makannya tetap konsisten. sedangkan di rumah mertua gak ada teman dan kayak kurang aktivitas gitu jadi makannya dikit banget. jadi sebaiknya untuk menjaga BB dan kewarasan ibunya mending kalau ke rumah mertua jangan lama2 😂 saya sih gitu bun.

Đọc thêm
3y trước

Makasih banget ya, bun.. Ngerasa punya temen deh jadinya.. Aku sempet down banget kemarin.. Belum lagi karena omongan mertua yg nyalah2in aku.. Padahal anakku kurus juga sejak dirumahnya gegara apa2 gak boleh.. Mau nangis rasanya 😭 Coba aku tenangin pikiran dulu dengan pulang ke rumah. Pokoknya kalo ibu happy pasti anak happy juga ya, bun..