batuk pada anak 1 tahun

moms, disini saya ingin menanyakan anak saya saat ini sedang bapil, tapi kalo batuk sering sampai muntah hingga susunya keluar semua. mohon tipsnya moms agar batuknya bisa mereda, sudah dibawa ke DSA tapi tetap sama saja.

2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

gpp bun, muntah itu wajar. anak 1th belum bisa meludah/ngluarin dahak. jd responnya muntah krn dahaknya udh penuh (ini kata dsa anak sya wkt itu). tips sya, olesi transpulmin/ sejenisnya di dada, punggung, leher. beri jeda antara makan dan tidur. kalo tidur posisi kepala harus lebih tinggi/ pake bantal. kalo muntah posisi harus tegak, kalo tidur ya harus miring biar gak tersedak. setau saya kalo batuk pilek itu gak ada obat bun, nanti sembuh sendiri, biasanya dokter ngasih obat cuma meringankan gejala kayak demam/pusing. kalo udh 5 hari setelah periksa gak sembuh² juga biasanya disuruh kontrol lagi.

Đọc thêm
2y trước

iya mom, namanya sakit pasti gak nafsu makan, kita yg dewasa pun gitu juga. pernah baca ibu² sini ada yg ngasih saran, naruh baskom air panas diisi irisan bawang merah dan tetesan minyak telon biar uapnya dihirup anak. ada yg lain juga tp sya lupa, coba searching pertanyaan ibu² tentang batuk anak.

bawa lagi ke DSA bu biar dievaluasi, kalo gak ada perubahan juga cari DSA lain