ukuran kepla bayi 2,5bulan

mlm bun..bun sdkit cerita..kmrn sya habis dr tkg pijat khsus bayi.orangnya sudah tua bun dn trmsuk udh lama mijat bayi.kmrn,pas lagi mijat anak sya.,mbah pijatnya bilang anak sya kplanya sprti akan membesar (sprti hidrosefalus).jjur saat dibilangi begtu,takut bgung khawatir syok sedih cmur aduk rasanya.sempet bgung krn dlu pas usg sblm lhiran kbtulan pakai 4d,dktr nunjukkin aggta bdan dn klnglpannya dktr juga bilang ndak ada gejala hidrosefalus.tp kmrn knp mbah pijatnya ngmg begitu sedih sya dgernya..? mnrt bunda,ukuran kpla janin yg normal d usia 2,5 bln itu sprti apa?dn brp?klau anak sya bgni mnrt bunda yg bener siapa mbah pijat atau dktr?mohon sharing dn pndpatny bun..sya benar" takut

ukuran kepla bayi 2,5bulan
50 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Bu sebaiknya ke DSA kalau ragu. HCP bukan hanya bawaan di kandungan seperti di film film atau di TV, setelah lahir pun bisa terjadi. Setiap bulan lingkar kepala anak harus diukur. Entah kenapa di Indonesia saya jarang banget liat kepala diukur, cuma tinffi badan sama berat. Saya sendiri kadang ingetin suster atau dokternya bu. Penting sekali tau perkembangan lingkar kepala, anak saya diagnosa awal acquired hydrocephalus. Sudah 2x USG kepala umur 3 dan 4 bulan (karena bayi tidak boleh terpapar radiasi terlalu sering dan juga fontanella anak saya masih terbuka.) Skrg kurvanya sudah menurun tapi kalau ada apa2 dalam jangka waktu 2 bulan lagi anak saya di CT atau MRI. Sampai 1 tahun di monitor ketat jika sudah ada diagnosa awal. HYDROCEPHALUS BUKAN PEYANG BUKAN BENTUK KEPALA ANEH. Ini ada cairan diotak. Harus operasi kalau benar adanya. Sehat2 ya bu.

Đọc thêm
Post reply image

Bunda beli pengukur yg biasa buat jahit, murah kok g smp 5rb. Trs tiap bulan d ukur lingkar kepala bayi nya. Trs bunda tulis d kartu ukuran lingkar kepala bayi perempuan.. biasany ada di buku KIA.. Klo g punya bunda download aj dr google trs d print.. Kalo grafiknya sedikit lbh d atas selama perubahanny tidak menanjak drastis, dan mengikuti garis seiring usia, atau bahkan menjadi lbh baik, brrti tdk ad yg salah bun ttp tetap butuh di observasi smp umur 1 tahunan.. Untuk menghilangkan kekhawatiran bunda, sy sarankan usg kepala mumpung masih 2.5 bulan msh ad tulang lunak d ubun2nya jd g perlu CT scan. Usg kepala tdk ad radiasi dan aman.. Konsultasikan terlebih dahulu sm dokter spesialis anak, jgn terlalu percaya dulu ya bun sm omong2an yg g berdasarkan ilmu.. Tetap sugesti yg terbaik dan positif..

Đọc thêm
4y trước

masyaallah....trima kasih bun saran"nya😊

Bun btw mau koreksi tulisanmu, itu dede udah lahir, udah jadi bayi... Bukan janin lg dibilangnya 🤭😁 Ukuran kepalanya memang aga besar aja kali bun... Mngkin bunda sama ayahnya ada yg ukuran kepalanya besar.. Bisa nurun jg ke anak Kyk ade sepupu saya dlu sempet di vonis dsa hydrosefalus, dia udh panik bukan main Tp dia ga yakin jg akhirnya ganti dsa, nd dsa yg baru itu blg gada tanda" hydrosefalus, ini emg krn kepala ayah sama ibunya gede, ya jd anaknya ikut gede, memang ukurannya... Skrg udah umur 6 thn itu anak, sehat nd gada hydrosefalus kyk yg dokter pertama blg Ini bunda yg blg tukang pijat yg gada sekolah kedokteran, cuma sekedar bisa mijit bayi yg kecengklak.. Saya rasa ga perlu dipercaya omongannya bun Tp kl mau yakin nd mau periksa gada salahnya jg bun

Đọc thêm

ini kita gk bilang pnyakit itu ya bun,tapi sbaikx bunda chek ke dokter dulu saran sya,mreka lbih tau, dan nnti disana di usg / dirontgen,,utk mngetahui bagian2 dlm kepala,biar lbih jlas bun.nnti akan dibtes lab juga.semangat bun! ttap positive aja jgn dibuat panik ya bun,soalx anak sya dlu juga gtu,kepalax kyak lbih bsar dri badanx,tapi aq positiv aja bun,kalo mndi air anget,aq tkan pelan2 bgian kpalax sbenarx gk ngaruh sih! kita kan hnya mnduga2 ya bun,dan trnyata emank anak umur segitu bntuk tubuhx ya mmang masih gtu, msih dlm tahap tumbuh kmbang,.kalo bunda worry, lngsung ke dkterSA utk cek ya bun.

Đọc thêm

Saya saranin buat ke DSA bun tp sebelumnya coba bandingan lingkar kepala dede bun waktu lahir brp skrg usia 2.5bln ada kenaikan brp.. 5th lalu Saya prnh memiliki anak hydro bun.. hydro nya ga dr dlm kandungan tp 2 minggu stlh lahir yg awalnya normal smua brubah bun.. takut panik yupp pasti bun saya coba ukur LK nya br saya putusin ke dokter awalnya dokter bilang normal tp saya minta di teliti ulang di LK dan ternyata bnr bun LK naik banyak. Dr pengalaman saya anak hydro itu srg muntah menyembur bun karna ada tekanan cairan.

Đọc thêm
Thành viên VIP

Kalau dokter bipang tidak apa apa berarti gk papa bun. Kan dokter vonisnya juga berdasarkan ilmu dan pakai alat yang canggih. Jangan percaya berdasarkan katanya. Tapi biar bunda gk pikiran di ajak ke DSA dedeknya. Coba diperiksakan. Kalau menurut aplikasi ini. Ukuran kepala bayi bisa proposional dengan tubuhnya di usia 5 bulan bun.

Đọc thêm

Kepala nya anak nya sodara saya juga gtu bun dlu nya, trus sama ibu nya bedong nya yg baru di angkat dari jemuran kan panas ya trus di usap2 di kepala anak nya sambil agak di tekan2 dikit, rajin di gituin sama emak nya tiao hari. Sekrang kepala nya udah bulet normal gak gtu lagi.

4y trước

Hydrocephalus itu bukan peyang bu tapi ada cairan di otak

Bun, di aplikasi ini sudah menjelaskan lho, diumur berapa lingkar kepala bayi akan normal. Jangan percaya tukang pijet ih, terus kalau mau pijetin bayi, mending langsung ke bidan aja, baby spa semisal nya, lebih terpercaya dan lebih tau ilmu tentang bayi

4y trước

Tapi kalo baby spa ga tau mba kalo bayinya kecetit keseleo atau apalah. Ini sih sepengalaman aku aja ya, karena baby spa pijitnya cuman elus2 aja ga tau ada yg keseleo m

Normal itu bund .. anak hedrosefalus itu kalo umur segitu gak ada perkembangan gerak,trus itu mata agak ketarik keatas,,, maaf seblmnya saya bilang karna adik saya sendiri sudah mengalaminy dan alhmdulillah sudah normal seperti anak biasanya ..

4y trước

halo bun, bunda blg adik bunda mengalaminya dan skrg sudah normal, apakah sempat melakukan operasi pemasangan selang vp shunt bun adiknya?

Kalau bunda ragu. Mending langsung aja cek ke DSA. Pasti bakal kasih info yang akurat sesuai medis. Egk semua omongan orang harus di percaya karna mereka melihat secara kasat mata aja. Tanpa pengetahuan medis..