Tinggal sama mertua??

Mertua baik sih tapi kalau baca cerita pasutri banyak masalah kalau tinggal sama mertua. Apakah memang begitu?#ingintahu

37 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

gak semua mertua gitu sih bun.. tp aku punya pengalaman, tinggal serumah sama mertua.. mertuaku baiik banget ke aku, tp baru seminggu tinggal sama mertua udah ada gosip kalo aku mantu yang pemalas, gak bisa bantu2.. awalnya aku sih gak mikirin amat.. tp setelah sebulan, dua bulan, tiga bulan dst tinggal serumah sama mertua.. banyak banget gosip kalo aku mantu pemalas, dan yang nyindir aku malah yang sering liat aku nyapu halaman rumah pagi sore.. dan mertuaku kan waktu itu jualan, aku kadang yang jagain jualan mertua kalo pagi sampe sore biar bumer istirahat.. tiap aku jaga, kadang bumer kerumah tetangga bawa anakku.. sampe suatu hari ada tetangga sebelah yang nyindir aku "iya kalo diliat ya dibayar, kalo gak ?" padahal ada bumerku loh bun, padahal aku kalo ngambil jualan bumer selalu bayar depannya.. kadang aku lebihin misal harganya 5rb aku kasih 10rb.. aku mikir gimana tetangga bisa tau kalo aku mantu malas sedangkan mereka sering liat aku nyapu halaman rumah dari pagi terus sore juga..? gimana tetangga bisa tau kalo aku ngambil jualan bumer gak bayar..? darisitu aku memutuskan pulang kerumah ortuku, aku gak mau seudzon sama mertuaku dan gak mau bermasalah.. waktu aku pulang, bumer lagi sibuk2nya bikin arang jd gak ada yang jagain jualannya dan akhirnya mungkin karena itu beliau berhenti jualan, katanya orang2 pada ngutang tp bayarnya lama.. untunglah waktu itu aku pulang, daripada mertua berenti jualan pas ada aku, ntar dikira aku yang bikin mereka bangkrut.. sebaik baiknya mertua/ortu, lebih enak bun pisah rumah...😊 aku ngerasain, walau bukan rumah sendiri tp perasaan lebih damai..

Đọc thêm

Tergantung mertuanya, ada mertua yang pura2 baik, ada yg tulus baiknya, Dan kita bisa nilai saat kita nginep dirumah mertua/tinggal bareng mertua 😅 Mertuaku memang baik, karna sudah 4th nikah dengan suami, mertuaku selalu vicall aku. Bukan hanya itu, dulu saat aku nginep dirumah mertua aku lagi hamil 5bulan, dan aku tuh gak boleh kerjaan sedikitpun, disediain banyak makanan dan minuman. Dikupasin buah2an. Pokoknya lebih sayang sama aku daripada suamiku😅 Tapi bun, aku punya ortu yg pilih kasih 😅 aku masih kerja saat itu, Kan namanya hamil trus kerja itu lelah ya, maunya istirahat, tapi selalu disuruh kerjaan ini itu, dibanding2in, bilang aku nih lebay 😅 lagi ngidam pun aku harus pergi sendiri nyari makanan, karna aku dan suami LDM jg. Beda banget saat aku dirumah mertua, belum lapar pun ditanya suka ini gak, suka itu gak, ini buah dimakan. Wah aku tuh merasa sperti punya orangtua kandung 😅 baru itu aku ngerasain hangatnya suasana keluarga, pantes suamiku tuh vibesnya positif banget, karna bagaimana orangtuanya memperlakukan dia, gimana sayangnya, menghormati, makan pun selalu bareng2 di meja makan, kalau anaknya belum kumpul disamperin ke kamarnya, diketuk pintunya, ditanya boleh masuk apa ngga 😅 wah pokoknya kaya di film2 gitu dah 😂 Dan 2 minggu disana BB aku naik sampai 7kg 🤣 karna hampir tiap jam disediain cemilan. Aku bertahun2 tinggal dirumah ortuku boro2 naik 1kg, yg ada malah stuck atau ngga turun 😅 Karna tekanan batin.

Đọc thêm
Influencer của TAP

Tidak semua mertua seperti itu bunda,tergantung orangnya+kita sebagai menantu pandai mengambil hati mertu,kecuali kalau dari awal memang mertua gak setuju/gak merestui walaupun sudah menikah dan pura2 baik,,setidak nya bunda bisa menilai sedikit bagaimana sosok mertua bunda. Alhamdulillah... aku punya mertua yg baik,seperti ibuku sendiri.dan sering ngobrol bareng.apalagi Bapak mertua baru meninggal tgl 1 April kemarin,,aku sebagai menantu amat sangat kehilangan sosok Bapak mertua yg seprti Bapak kandungku sendiri karena aku gak pernah punya Bapak sebaik Bapak mertua,karena Bapak ku sendiri meninggalkan ibuku sejak adekku masih bayi... dan di keluarga ini..aku selalu mendekat ke mertua,sering family time,ngobrol bareng,bercanda bareng.

Đọc thêm
Influencer của TAP

Ga semuaa bun, ada yg mertuanya baik ortunya justru yg rese. Ada ortu yg baik ada mertua yg rese. Sebaik apapun mertua atau ortu kalo menurut saya kalo udah menikah lebih baik memang tinggal sendiri. Bikin pasangan nyaman di tempat tinggal sendiri. Sebaik2 nya ortu atau mertua pasti akan ada rasa canggung dari pasangan kita bun. Kaya kalo istri tinggal di rumah ortu suami pasti akan ngerasain yg ga terlalu bebas begitu juga sebaliknya. Dan pisah rumah itu lebih untuk menjaga privasi rumah tangga kita sii bun. Jadi kalo ada masalah hanya kita yg tau (suami istri). Kalo tinggal di rumah ortu salah satu pasangan takutnya ada aja ikut campur dari keluarga pasangan

Đọc thêm

yg jelas mertua sma ortu lebih pengertian ortu bun. klo aq ngrasain gtu sih, apa yg kita mau pasti beda pendapat /beda arahan. aq pas hamil tinggal sma ortu ngga pernah yg namanya di suruh"mau bantu ngga di bolehin, baju kotor di cuciin dah di masakin, bangun tidur suruh langsung sarapan. klo di mertua pagi di suruh masak klo ngga masak sendiri ya ngga makan pdhl hamil tua gini cepet lapernya, mentang"ada mesin cuci aq suruh nyuciin😌capek sekali bunn rasanya kya beda aja, malah jadi babu klo di mertua. sekarang semenjak aq tinggal bareng jarang banget mertua masak nyapu nyuci aja ngga pernah sampe celana dalemnya ikut tk cuciin bun. harus di betah"in sampe nanti punya rumah sendiri

Đọc thêm

mungkin logikanya lebih ke.. tinggal bersama siapapun ketika sudah mandiri (menjadi keluarga sendiri) pasti ada potensi sleknya karena punya nilai dan prinsip yang bertentangan. termasuk soal ilmu pengasuhan yang seringkali berbeda antara yang dianut orang-orang tua dengan kita saat ini. bedanya tinggal dengan orang tua sendiri, yaa kalau orang tua pasti kita lebih toleran/lebih berani speak up kalau ada yang salah/lebih punya kebebasan karena sebagai anak sendiri, tahu batas-batas toleransi yang disepakati kedua pihak selama bertahun-tahun. kalau mertua, ada rasa segan/takut jadi omongan/takut jadi masalah di belakang.

Đọc thêm

ga semua buu... alhamdulillah dapet yg baik, nganggep aku anaknya sendiri, karena mereka ga ada anak cewe. tiap ke rumah mertua, selalu ga pernah ngapa2in, kebagian bersih2 rumah aja.. semua udah mertua yg ngurus karena emang suka ngurus anak2nya jadi kayak bukan mantu tp ikutan jadi anak... ga pernah nuntut ini itu, kalo ngasih saran selalu kita terima, tapi balik lagi keputusan ada di suami dan saya.. sikap mertua itu ga bisa kita atur bu, namanya sifat dan sikap orang beda2. tapi segaenak gaenaknya mertua itu tergantung suami bu, kalo suami tegas, dewasa, sayang kita, pasti akan bela kita dan bijak ambil keputusan..

Đọc thêm

Halo bun, ga semua bun.. saya 10th bareng mertua krn suami anak satu2nya. Mertua ga pernah menuntut apapun, ga pernah ikut campur urusan anak n rumah tangga saya. Saya ga pernah bs bangun pagi dan mertua ga pnh marah.. mertua wanita karir, urusan masak itu mertua yg selalu masak klo bersih2 rumah itu urusan ART.. urusan saya cm urus anak. Klo saya mau keluar berdua sama suami, saya carikan babysitter harian biar mertua ga cape. Saya dr sebelum menikah uda blg mertua klo ga bs bangun pagi dan saya juga ga trbiasa bersih2 rumah. Kita saling mngerti dan menghargai aja..

Đọc thêm

Mertuaku baikkk alhamdulillah bgt. Mgkn krn tipe orgnya ga suka ngerecokin dan rese yaa.. suka masak dan suka bikin makanan kesukaan aku. Tentu ada plus minusnya tp alhamdulillah semua masih aku maklumi.. memang maks tinggal 1 th sama mertua krn sambil bangun rumah berdua suami.. semoga aja bisa segera terealisasi.. mau ngontrak jg nanggung, krn duit kontrak bagusnya buat tabungan rumah dulu.. aku verita gini krn pengen ngimbangi cerita org2 yg mertuanya rese.. krn ada kok mertua yg baik.. Tp jgn nyusahin atau manfaatin kebaikan orang lain aja termasuk mertua.. semangat bun..

Đọc thêm

karena beda cara pandang, beda latar belakang, beda pola pikir, beda kebiasaan. jadi alangkah baiknya tinggal sendiri. bahkan menurut saya tinggal dg ortu sendiri pun setelah menikah kayanya rada gak sreg. jadi kalo dilihat" keuangan bisa ngontrak. lebih baik pisah aja. kenapa ? yg bakal lebih terlihat saat kita punya anak. saya sendiri ngalamin, Bun. soalnya saya sama suami punya cara parenting sendiri. sedang kakek nenek kan lebih ke memanjakan. sebulan mudik di rumah ortu, kelakuan anak Subhanallah... dia tau banyak penolongnya

Đọc thêm