Tanggapan Atas Curhat Bunda Yg Merasa Tersakiti Oleh Suami (Sharing)

Malam bunda2 saya ingin membahas ttg banyaknya curhat beberapa bunda yg merasa tersakiti oleh suami setelah menikah . Yg saya bahas disini adalah dari sudut pandang & pengalaman saya ya . Saya tidak akan membahas jika alasannya diluar post ini . Berdasarkan pengalaman & kebanyakan fakta yg saya lihat dari klien saya (tidak semua), sebetulnya banyak faktor yg membuat perempuan disakiti setelah menikah oleh suaminya, salah satunya adalah perempuan2 yg disakiti tsb sebenarnya sudah mempunyai 'feeling' gak sreg dgn calonnya selama pacaran atau sebelum menikah . Feeling ini TIDAK HANYA muncul ketika melihat perilaku buruk pasangan saja ya, tp pada saat terlihat bersikap baik pun kadang feeling itu muncul . Tapi yg namanya perempuan, lebih banyak mengabaikan 'feeling'nya tersebut atau istilahnya DENIAL . Kadang sudah muncul pikiran "Kok aku ga sreg ya sama dia? Knp ya padahal dia baik loh", eh ditutupi lgi dgn pembelaan, "ah itu cm prasangka buruk aja. Dia baik kok sayang kok buktinya sm aku." Itulah pentingnya mencari tahu bibit bebet bobot calon kita sebelum menikah . Atau ada juga yg sudah mempunyai feeling & mengetahui beberapa sifat buruk calon, tpi ada rasa nggak enak utk memutuskan hubungan krn faktor sudah lama pacaran, sudah dekat dgn ortu keluarga calon, sudah menghabiskan banyak biaya selama pacaran (ini real ada), yg paling klasik adalah alasan sudah terlanjur cinta & sayang, dan alasan2 lainnya . Yg akhirnya 'memaksa' diri untuk tetap menikahinya . Menurut saya, jodoh itu adalah seseorang yg bisa kita terima BAIK & BURUKNYA, dia bisa menutupi kekurangan kita dgn kelebihannya, begitu pula sebaliknya . Jadi klo dirasa dari sebelum menikah bunda tidak bisa menerima kekurangannya, lebih baik jangan diteruskan . Karena akan memicu bibit pertengkaran selama berumah tangga . Saran saya utk mbak2 yg mau menikah ( barangkali ada yg nyelip di aplikasi ini ), MOHON JANGAN ABAIKAN FEELING KALIAN . Pasti sebenarnya kalian menyadari suara hati yg terdalam, jika itu muncul mohon jgn ditolak . Didengarkan dulu setelahnya silakan mencari tahu apa yg membuat feeling kalian tidak sreg dgn pasangan . Jangan asal berpikir "ah ini prasangka buruk saja." Untuk bunda2 yg sudah terlanjur menikah, semoga bunda2 diberi kelapangan hati & kesabaran yg luas ya . Memang kita tidak bisa merubah sifat & kepribadian orang lain bun, yg bisa dilakukan hanya meminimalisir perilaku suami yg tidak cocok dgn kita, dengan syarat jika bunda MAMPU . Tapi jika memang usaha bunda sudah batasnya, Jangan meracuni diri sendiri karena bunda juga berhak bahagia ??

32 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Sblm menikah banyak perilaku2 awal suami yg suka goda2in cewe, pacar ga cuma saya doang.. tp disisi lain saya jg seperti itu, kenalan cowo banyak, saat pacaran jg saya masih chat2 sm cowo lain... Sampai pada akhirnya dia ngaku kalo dia masih pcrn sama mantannya cm LDR disitu saya cm diam saja... Dan dia memutuskan untuk mutusin mantannya itu demi saya.. stlh pacaran 5bln saya di suruh jujur sama dia tentang masalalu saya.. saya jawab sejujur2nya.. dia nangis waktu itu.. akhirnya dia ttp menerima saya.. awalnya saya ngga tau knapa dia masih mau sama saya.. ternyata masalalu saya dengan dia hampir sama... Mungkin itu yg jd bahan pertimbangan dia... Dulu waktu pacaran sahabat saya meninggalkan saya karena saya lebih memilih dengan dia.. Keluarga saya awalnya merestui kami nanmun grgr tingkah sahabat2 saya mereka berubah pikiran... Pernah awalnya ada feeling kalo dia sepertinya bukan jodoh saya... Tp tiap hari saya doa kepada Tuhan.. minta pertolonganNya apakah dia memang jodoh saya atau bukan... Ternyata Tuhan menjawab doa saya satu persatu... Dan akhirnya kami menikah.. Ya walau banyak cibiran dari sana sini... 😂😂 Tp saya ttp yakin akan rencana Tuhan..

Đọc thêm
5y trước

Alhamdulillah ya bun, mudah2an suami bunda adalah yg terbaik utk bunda sampai kapanpun ♥️ Memang ada perbedaan antara feeling & ego, dan tidak semua orang bisa langsung peka dgn feeling masing2, terkadang yg lebih peka adalah orang sekitar kita, terutama orang tua .

Satu lagi yg gak kalah penting, sebelum memutuskan untuk menikah, pikirkan baik2 niat kita menikah itu untuk apa. Kalo menikah hanya untuk ingin merasakan bahagianya hidup bersama pasangan atau sekedar ikut2an, gengsi dan lain sebagainya, mending perbaiki niat kalian. Buat apa menikah kalo kita belum memahami hak & kewajiban kita setelah menikah, jangan main2 dengan pernikahan karna menikah itu bukan hanya janji kepada manusia tapi janji kita kepada Tuhan. Kebanyakan yg curhat masalah rumah tangga disini sepertinya masih labil yg masih besar jiwa kebebasannya, dan juga masih belum paham apa saja resiko & konsekuensi pernikahan, tanggung jawab baru dengan menyandang status sebagai suami/istri itu gak mudah. Semua harus dipersiapkan secarang matang, bukan hanya finansial tapi juga komitmen kita terhadap perubahan2 di segala aspek kehidupan kita yg pasti bakal terjadi setelah kita berumah tangga. Semoga yg sudah menikah bisa saling memperbaiki ego masing2 dan mengubah pola pikir tentang tanggung jawab setelah berumahtangga.

Đọc thêm

Aku dulu juga pernah punya feeling ga sreg sama pacar aku dulu pdhal uda pacaran 5thn. Ngga tau tiba2 punya feeling itu, kadang suka mikir dan ngomong dalem hati "Tujuan aku pacaran itu apa? Nikah ya, kalo aku nikah sama dia apa iya dia bisa bahagiain? (ragu nih) Dia skrg ngga kerja2, punya semangat kerja pun engga, punya adik masih kecil banyak, keluarganya juga cuek bgt, dia masih suka maen motor, masih suka main sama temen2nya , ngopi dan rokok.an setiap hari ngga pernah mikirin masa depan, bahkan pernah selingkuh dan nyuri uang ku di atm, dia ngga jujur juga nihh, paket internet sama rokok juga kadang minta beliin aku, masa iya pas nikah aku yg kerja dia enak2an santaii" Akhirnya setelah dipikir panjang , aku putusin dia meski uda 5 tahun pacaran. Ngga peduli sih meski uda lama pacaran , daripada nanti nyesel , banyak laki2 yg lebih baik kok. daan skrg aku uda menikah dgn Alhamdulilah laki2 yg lebih baik dari mantan aku dulu. hehe Alhamdulilah ..

Đọc thêm
5y trước

Amiinn.. makasi bun..

Saya setuju bun. Saya mengalami nya. Perasaan ga cocok waktu pacaran. Tapi karena alasan klasik "cinta & kasihan" Sya melanjutkan ke pernikahan. Kini saat telah menikah, kadanf penyesalan datang. Tapi sy bawa kembali ke kepercayaan saya, bahwa mgkin ini adalah ujian yg harus sy hadapi. Untuk menghapus dosa2 saya yang byk selama pacaran dulu. Karena dalam alquran pun dijelaskan, setiap musibah adalah akibat ulah tangan kita sendiri. Jadi setiap sy menangis menyesali pernikahan, hati sy menguatkan dg membisikkan, "hayoo bykin istigfar. Biar dosa masalalu diampuni. Doa org teraniaya dikabulkan lho, ayoo doa banyak2 agar kelak dimasukkan ke surga. Itulah kenapa Allah mentakdirkan kamu menikah dg dia. Agar kamupunya waktu menangis mengadu seperti ini pada Allah. Jika kamu menikah dg pria yg lebih baik, mgkin kamu ga punya momen berharga begini, kan? Hanya berdua dg Allah, sujud, mengadu,menangis dan merasakan nikmatnya iman" Semoga menginspirasi

Đọc thêm
5y trước

Dan nama nya baru menikah beberapa bulan, memang ujian ekonomi yg paling rentan ya bun. Juga ujian dalam menyatukan karakter dari dua pola asuhan keluarga yg berbeda. . Tapi, kembali lagi ke jodoh tadi. Jodoh adalah cerminan diri. Kalo dipikir2, sifat sensi suami ini, pernah sya miliki. Dan hasilnya sy cenderung menyakiti org disekeliling sya. . Semoga Allah mengampuni ke egoisan sy dimasalalu. Aamiin.

Kalo aku sma suami bisa nikah karna perjodohan antar ortu,krna dulu sempat nazar klo ada yg brani lamar aku ,siapapun itu bakal aku trima langsung. Eh gk taunya stelah bapak meninggal ada yg datang lamar aku dan tanpa pikir panjang lg serta gk ada feeling apa" kecuali nepatin nazar aku itu. Alhamdulillah nya suami orangnya baik,gk neko",yg kata org pendiem klo gk diajak bicara duluan gk mau bicara tpi ketika sma saya sifat asli dia yg periang,jahil muncul dan yg paling penting dia orangnya sabar bgt menghadapi saya yg gampang ngambekan. Apalagi stelah tau bakal ada anggota baru dlm keluarga,dia org yg paling seneng. Tapi ada satu yg slalu jadi beban buat saya adalah "kakak ipar". Kalo mertua udh anggap saya sperti anak sendiri,tpi klo kakak ipar slalu suka nyindir,kadang iri sma saya tiap mertua bela saya ato ngliat perhatian suami ke saya,kalo tdk ada perlu saya tdk pernah bicara sma kakak ipar.

Đọc thêm
5y trước

Alhamdulillah bun, Insya Allah suami bunda adalah yg terbaik utk bunda ya 🙏🏻 laki2 memang jika sudah merasa nyaman dgn perempuan tidak akan segan menunjukkan sisi 'childish'nya bun hehe . Ya betul namanya rumah tangga pasti ada cobaannya . Klo bukan dari suami, bisa dari keluarganya, faktor ekonomi, anak, dll. Yg paling penting hubungan internal bunda & suami sudah kuat ya, shingga ktika menghadapi masalah Insya Allah tidak berlarut2 ♥️

Bener kata bunda ... Berkeluarga tuh tuk selaamanya... So harus pilih bibit bebet n bobot yg bener... Tpi klo dah terlanjur jodoh or nikah ya udah bikin kesepakatan bersama aja.... Biar sama2 nyaman... Gak ada kendala... Kadang q sempet mikir ... Dulu sebelum nikah keluarga enak2 aja eh ppas nikah keluarga q kurang sreg... Mungkin ni cobaan di rt kami... Tpi tanpa pikir panjang kami #saya n suami langsung nyiasati n nyarik jalan terbaik biar gak ada perpecahan di antara kita.. kan ada yg bilang tuh menjaga or merawat lebih susah dri pada membangun ato menghancurkan... Ya saran saya klo ada yg bermasalah di omongin n di cari solusinya bareng aja bun.. istilahnya musyawarah nyari mufakat lah ya... Pokoknya jgn pernah sampek miskom... Bila perlu rundingin dah tuh dri hati ke hati... Kalian kan dah bina keluarga harusnya dah tau sama tau kan ...

Đọc thêm
5y trước

Iya bun bener banget ... Soalnya menurut saya tiap rumah tangga pasti ada problemnya masing2... Jdi ya harus pinter2 cari solusi bareng biar gak tambah gede... Nyimpen uneg2 sendiri2 berharap satu sama lain peka... Nantik ujung2 e susah dewe sih bun klo q... Sama paling penting harus iklas kan ya soalnya itu pilihan kita di balik tiap pilihan kan slalu ada resiko e entah enak ato enggak... Tinggal harus tatak n nyiasatinya biar sama2 nyaman aja gmn... Palagi klo dah ada anak... Susah bun... Mereka bisa rasain keharmonisan keluarganya soale... Takut e kalo kita gak berdamai ma keadaan mereka tau kan kasian...

Thành viên VIP

Dlu sblm menikah dgn suami, ku punya pcr dan hubungan kmi sdah brlngsung 5 thn, hampir tunangan, slma 5 thn itu bsa d'bilang baik buruknya dia udh kliatan, saya pun brkali2 d'selingkuhi, dibohongi, knp bsa smp brtahan 5 thn, ya alasannya krna kluarga sdah sling dekat bhkan ortu kmi sering brtemu, tp d'penghujung 5thn saya brpikir klo hubungn ini klo msh d'teruskan juga gk bkal baik kdepannya, pcrn az saya sdah sering sakit hti, aplgi nnti klo sdah menikah, dr situ saya mmaksakan diri utk mngakhiri hbungn mskipun d'tentang kluarga besar, tp ini khidupan saya, dan saya yg akn mnjalaninya, dan saya brhak utk mmlih dgn siapa nntinya saya akn mnikah, saya gk mau brlarut2 dlm perasaan bucin, Alhamdulillah pilihan saya utk mngakhiri hubungn trsebut sangat tepat,

Đọc thêm

Kayaknya bner ya.. Pglmn saya dlu pcrn sm ex 5 taun, dr kuliah smpe lulus- rintis usaha. Pcrn putus nyambung, dy org mlg asli.. baik ? Ya baik smpe bs 5th. Tpi yg ganjal tiap tak tanya kpn mau nikah? Jwbnnya absurd, gk pasti, ngambang. Muncullah felling GAK sreg. Emg jrg ktmu krna sm" sibuk krja. Smpe akirnya saya putus. Bnr" putus dan gk contac sbulan. Smpe akirnya ktmu suami saya (tmn sma) entah knp proses kyk dipercepat, gk pcrn, ujug" nawarin nikah. Si EX dtg lgi nawarin nikah. Istikoroh yg kluar ya suami saya. Mgkn felling ngrasa gk sreg, tpi kdg cwek itu gk logis/ tlalu dramatis/baper klo mslh cinta. Jdi saran saya yg tbaik sblm putuskn nikah, slain felling, istikoroh (klo bs ibunya sruh istikoroh biar netral).. krna yg plg baik adl ptmbgn dr Allah sih

Đọc thêm
5y trước

Alhamdulillah bunda salah satu yg pela dgn feelingnya ya, krn ga semua perempuan bisa seperti bunda lho . Betul kt bunda, banyak yg tertutup krn alasan sudah terlanjur cinta & sayang terutama . Insya Allah suami bunda adalah yg terbaik utk bunda ♥️

Dulu sebelum nikah aku juga pernah berfikir apakah nanti aku akan bahagia dengan suami dlu sebelum nikah suami egois bnget selalu mau menang sendiri salah dikit aja aku langsung didiemin berhari2 di tlp2 gg diangkat2 semua kemauan dya harus dituruti dikit2 nanyain mantan aku...mantan aku siapa aja... pernah kmna aja... pernah ngpain aja... sedangkan aku gg pernah nanya2 kecuali dya yg cerita sendiri kan risih juga ditanyain gitu mulu..tapi cuman itu aja sih yg gg aku suka selebihnya suami baik..dan setelah menikah alhamdulillah ternyta aku bahagia sekali dya sangat baik padaku dya sayang sekali padaku apa lagi sekarang udah ada bayi sudah lengkap kebahagiaan kami bersyukur sekali punya suami seperti dya..

Đọc thêm
5y trước

Oh iya, tidak semua orang bisa langsung peka dgn feeling masing2, terkadang yg lebih peka adalah orang sekita kita, terutama orang tua .

Betuuuuul. Aku pacaran lama sama mantanku trus karna aku rasa ga ada pembicaraan kearah yg lebih serius akhirnya aku minta putus dan malah nikah sama anaknya temen bapakku yg baru aku kenal 2 minggu karna gatau kenapa udah klik aja. Ga ada penolakan atau ragu sama sekali. Alhamdulillahnya feelingku benar, aku jauh lebih bahagia sekarang dibanding dulu waktu pacaran. Walaupun problem setelah menikah lebih bergejolak tapi aku anggep itu proses hidup dan pendewasaanku. Bersyukur karna aku nikah bukan diburu nafsu atau umur, tapi karna memang udah waktunya ketemu orang yg pas 😊😊

Đọc thêm