sudah d ksih mkan.

Bun mau tanya,skrang usia ank sya 4bln1hri,tpi sdah d ksih cerelac dri usia 3bln setengah,tpi alhamdulillah mau dan gk da kendala apa".. Trs yg d permasalah kan nya,kta tetangga sya blang gk blh d usia sgtu dah d ksih makan...kta nya usus nya blm trlalu kuat,apa bnar bun. Mhon pnjelasan nya ya bun jgn d bully.

sudah d ksih mkan.
505 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

konsultasi dulu Bun ke DSA sebelum di kasih makan, kemarin aku jg konsultasi sama DSA boleh tdk di kasih makan anakku usianya 5 bulan. DSA blng ada beberapa faktor yg boleh anak itu makan antaranya : 1. Anak sudah bisa duduk tegak dlm artian kepalanya engga goyang2 klau aga di lepas dikit 2. Berat badan sudah naik 2 kali dari lahir atau berat badan berkurang 3. Ngeliat org tua atau org lain makan matanya anak kaya ingin minta terus dan walaupun seperti itu ttp harus dlm pengawasan Bun, DSA saya blng jngn di kasih makanan instan dlu sebelum 6 bulan. Di sarankan yg pertama Alpukat di blend di saring ambil bawahnya 3 SDM lalu campur dngn Asi atau susu formula intensitasnya klau buah hanya selingan Krn itu hnya vitamin Hari ke dua Nasi tim campur ayam atau daging atau tahu atau tempe di tambah butter yg buat baby itu sama di saring dan 3 SDM jngn bnyak2 dlu Beliau juga blng knp di Indonesia Bru boleh 6 bulan dikarenakan Indonesia tingkat higienis nya kurang tdk sperti luar negeri. Itu si konsultasi yg saya lakukan sama DSA

Đọc thêm

Tetangga nya pinter...si ts boro boro.. 😪😪hp nya canggih yg punya hp mah jauhh.. Ibu punya tv kan? Di hp ada apl youtube kan? Ada apl google kan? Buku KIA udah di loakin? ..gunanya untuk apa? Ya allah jadilah ibu yg pinter cari informasi pinter belajar.. Beberapa bln yg lalu kan sudah marak kasus bayi meninggal yg viral. Di Usia 40hri karna dikasi makan pisang.. Tersedak.. Ibu gapernah posyandu? Gapernah nanya gitu atau dikasi penyuluhan sama kadernya.. Usia 0-6bln itu cukup asi bu.. Jika boleh dikasi makan itu hanya atas recomendasi dokter ahli.. Kamu ini ibu usia brp sih.. Nol banget pengetahuannya.. Pake ngebanggain anak ga knp knp. yaiyalah bayi usia segitu polos polos aja mau kamu suapin pasir juga dia mangap orang belum ngerti makanan.. Pake bersyukur lagi anaknya ga knp knp.. Yaa baek baek lah ya bu.. Semoga anaknya selalu dalam lindungan allah swt.. Aamiin..

Đọc thêm

Pengalaman nih ya pengalaman gegara ibu sendiri dibilangin ngeyel. Anakku di kasih MPASI dini usia 3bulan. Alhasil imbas nya pas udh gedeee, bentuk badan jadi kurus kerempeng kek tinggal tulang doang, udh gitu makan nya juga ogah”an. Ini yg kubaca ya di buku KIA MPASI pas 6bulan sama MPASI dini badan sih anak bedaa, dan masih banyak pengaruh lain hanya karna MPASI dini. Mungkin sekarang anak mu ga kenapa”, tapi nanti agak gedean dikit bakal nampak perubahan anak mu. Btw, anakku yg ngasih ibu sendiri lho,benci banget aq dari situ. Ini lagi otw anak kedua,mau MPASI pas 6bulan. Ga lagi”dah harus MPASI dini, liat anak pertama aja aq kasihan, sedih gegara MPASI dini. Semoga pengalaman ku bikin bunda bunda disini mikir ribuan kali buat MPASI dini. Buku KIA nya dibaca mba. Atau searching di youtube tuh banyak tentang dampak buruk MPASI dini.

Đọc thêm

maaf ya bun ikutan nimbrung,ini pengalaman pribadi sy lho bukan kata si itu atau si anu. sy punya 2 anak,anak pertama sy mpasi di usia 6bln(sesuai standart tumbang anak) anak ke 2 sy sdh di anjurkan DSA utk MPASI di usia 4bln krn anak sy memang kuat asi (sekali pompa 150cc/3jam) dan jg sufor krn dedek mau nyusu nya 2jam sekali. atas hal itu makanya DSA menyarankan sy utk mpasi. sy gak yakin dong krn pengalaman anak pertama mpasi usia 6bln,sebulan kemudian konsul deh sy ke DSA yg lain,sy ceritain kronologis nya. dan bener klo anak sy sdh di perbolehkan MPASI usia 4bln. akhir nya di usia 5 setegah bln baru sy berani kasih MPASI atas anjuran ke 2 DSA. saran aja bun,klo pun kita lihat anak kita sehat,makan nya doyan. tetep aja utk MPASI dini HARUS atas anjuran dokter krn kita gak tau kan gimana sistem pencernaan si anak klo bukan dokter yg periksa.

Đọc thêm
Thành viên VIP

Bun, setelah melahirkan emang gak dikasi edukasi atau pemahaman yaa dari bidan setempat? Atau setidaknya tenaga kesehatan yang bunda kunjungi? Krn mulai MPASI dimulai ketika usia pas 6bulan, artinya semenjak kelahiran bayi sampai bayi berusia 5bulan 29hari bayi hanya di beri ASI tanpa makanan/minuman apapun, termasuk air putih. Karena pencernaan bayi belum sempurna. Di dalam organ pencernaan bayi tidak bisa bekerja terlalu keras untuk menyerap zat gizi selain ASI. Kecuali anak bunda mengalami kondisi khusus. Atau perkembangan fisik anak bunda sudah siap menerima asupan makanan selain ASI. Dan itupun tidak bisa sembarangan memberikan makan. Lebih baik bunda cari-cari informasi dulu yaa dari sumber terpecaya (misalkan: tenaga kesehatan, artikel kesehatan, info kesehatan, dll) sebelum memberikan tindakan yang bunda sendiri ragu.

Đọc thêm

halo ibu dari anak yang cantik. Mestinya sebelum melahirkan, ibu baca soal parenting dan mpasi anak. kiat²nya juga dibaca dan cari tahu dengan orang yang sudah pengalaman seperti public speaker dan youtube pun sdh banyak ibu² yang share soal kepengurusan bayi. Terus terang post ini sudah banyak sekali di TAP dan berakhrir bullying. Nah di aplikasi TAP ini sdh banyak mempertanyakan hal ini, jadi lain kali bunda cari di laman pencarian. scroll mana topik yang sesuai pertanyaan bunda. Kasihan bunda² yang terpancing emosinya buat komentar negative. So, kita pribadi kan ga enak kalau sudah buat Feed Negative. Saya jawab ringkas ya! Pemberian MPASI anak itu untuk usia 6+ (bulan). Konsultasi dengan dokter kalau anak ibu ada kendala di Berat Badannya. Nah sekarang bunda sudah tau, dan teruskan edukasi ini sama yang lain ya 🤩

Đọc thêm

Berasal dari peradaban berbeda kayanya nih si ibu , ususnya bu usunya , meskipun.skrg gada masalah apa apa tapi gatau kedepannya , tetangga sya ketiga anaknya dikasih makan dari usia 3 bulan semua , jdi skrg udh pada gede selalu bermasalah di usus , sedikit aja salah makan mesti usunya , peradangan usus lah , infeksi usus lah , banyak bgt dah semisal kalo udh sakit ya gak yg lain sakitnya pasti tentang usus lagi , sampe mamanya dimarahi sama dokter kenapa dulu bodoh bgt ngasih mpasi dibawah umur 6 bulan , nah gimana kalo udh gini siapa mau disalahin mmanya cuma bisa bilang nyesel saya gini gitu dulu , padahal udh dikasih tau gaboleh MPASI dibawah 6 bulan -_- tiati bu tetangganya udh bener kok ngasih tau , ibunya yg udh telanjur~~~

Đọc thêm

Anak itu mulai makan dari usia 6 bulan. Boleh dari 4 bulan tapi sesuai advis dokter. Yang lalu biarlah berlalu, mudah2an ga kenapa2 anaknya. Kakak saya zaman dulu banget ya disuruh dokter kasih makan dari usia 1 bulan karena puting ibu saya belah sampe 4. Alhamdulillah besarnya gapapa. Tapi ya, kakak saya beruntung, banyak yang tidak. Jadi jangan dilanjutin ya. Btw, Bunda bisa internetan coba sisihin waktunya buat cari tau cara seputar merawat bayi, ini bunda punya aplikasi TAP kan juga banyak di sini infonya. Ini pengetahuan basic banget sih sebetulnya, harusnya sudah tau. Kalo males cari sendiri beli bukunya aja biar ga usah nyari2 sendiri. Contohnya buku dokter Metahindita yang series Mommyclopedia, simple dan mudah dipahami.

Đọc thêm

Maaf bun sebelumnya, bunda memutuskan utk kasih cerelac diusia 3 bulan atas saran siapa bun? Setau saya MPASI dini bisa dilakukan diusia 4 bulan tp harus ada saran dokter. Itupun bila memang ada indikasi lain. Kalo tidak ada masalah, MPASI baru boleh diberikan saat si anak usia 6 bulan. Kenapa? Silakan bunda googling sendiri panduan WHO atau bisa hubungi puskesmas/dokter. Kalau dibilang ususnya belum kuat, itu jelas bun. Belum waktunya sudah diberikan MPASI. Sudah banyak juga kasus ibu kehilangan bayinya karena salah timing pemberian MPASI. Semoga kita semua sebagai bunda lebih bijak & edukatif ya apalagi zaman sudah makin canggih, informasi bisa kita dpt dr mana pun🙃

Đọc thêm

Udah nggak pengin komen apa2. Sudah banyak hal kyk gini dibahas, tpi byk yg gak mau belajar dng alasan maklum anak pertama. Please, justru krn anak pertama dan byk hal2 baru makanya byklah belajar, apalagi ada jo dan internet. Mau memberikan sesuatu dan melakukan sesuatu ke anak kan harus dipelajari tujuan apa, nanti manfaatnya apa, efeknya bagaimana, sudah waktunya atau belum, dan pengetahuan serta pertimbangan2 lainnya. MPASI DINI efeknya jangka panjang Bun.....jgn krn skrg anaknya gpp, lalu divonis gk bkal apa2 ke depan. Semoga saja tdk ada apa2 dlm hal pencernaannya. BERARTI ANDA SEDANG BERUNTUNG!!!!

Đọc thêm