NWP (nursing while pregnant)

Adakah bunda disini yg pernah melakukan NWP (nursing while pregnant)? Sy sedang bingung karena dipaksa menyapih anak saya karna sekarang sedang hamil kembali. Mohon masukannya bun

21 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika seorang ibu ingin tetap menyusui saat hamil, antara lain : Tidak pernah mengalami keguguran. Jika pernah keguguran, maka dokter yang pro-ASI biasanya juga akan memastikan dulu apa penyebab kegugurannya sebelum melarang atau mengizinkan Nursing While Pregnant. Tidak pernah mengalami perdarahan selama masa kehamilan terdahulu,, apalagi yang memerlukan bed-rest. Tidak pernah mengalami kelahiran prematur. Kondisi janin dinyatakan dalam keadaan sehat oleh dokter. Berkonsultasi dengan dokter pro-ASI apabila si ibu ingin tetap menyusui selama hamil. Apabila mengalami kontraksi yang intens ketika menyusui, terutama jika itu terjadi saat trimester pertama, dianjurkan untuk segera berhenti menyusui dan segera menghubungi dokter laktasi. Perhatikan baik-baik asupan harian ibu. Menyusui saat hamil sering kali menguras kondisi ibu hamil, sehingga penting agar ibu hamil yang tetap menyusui selalu mengkonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang banyak dan cukup istirahat. Jika si kakak sudah memasuki masa MPASI, maksimalkan peran MPASI nya. Berikan makanan yang bergizi dan bervariasi, perbanyak asupan cairan berupa air putih dan jus buah segar serta memaksimalkan pemberian menu double protein. Gunanya terutama untuk mengantisipasi jika aliran ASI berkurang saat kehamilan ibu memasuki usia trimester kedua. Apabila ibu pernah mengalami sejarah keguguran atau kelahiran prematur dan pada kehamilan selanjutnya ingin menyusui di masa hamil, diskusikan secara komprehensif dengan dokter pro-ASI. Pada beberapa kondisi, ibu dengan riwayat keguguran atau kelahiran prematur tetap bisa menjalankan Nursing While Pregnant apabila dokter pro-ASI melihat sebab kelahiran prematur atau kegugurannya tidak terkait dengan kondisi lemahnya rahim atau jika tenaga kesehatan melihat bahwa kondisi janin dinilai cukup kuat. Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan mungkin terjadi pada ibu yang menyusui ketika hamil : Ketika memasuki kehamilan trimester kedua, ada kemungkinan terjadi penurunan produksi ASI. Hal ini wajar karena ASI matang dalam payudara bertahap berubah menjadi kolostrum. Silahkan tetap menyusui jika si kakak masih mau. Karena ada kalanya perubahan ini membuat si kakak tidak mau menyusu lagi. Banyak mitos yang menyebutkan bahwa kalau tetap menyusui si kakak, maka si adik tidak akan mendapatkan kolostrum karena sudah dihabiskan oleh si kakak. Jangan khawatir, si adik akan tetap mendapatkan kolostrum yang nanti diperlukannya setelah dia lahir. ASI yang keluar saat hamil komposisinya berbeda dengan kolostrum. Kolostrum yang sebenarnya akan keluar segera setelah si adik lahir. Pastikan bahwa ibu dan si adik menjalani proses IMD (Inisiasi Menyusu Dini) yang benar untuk menunjang sukses menyusui.

Đọc thêm

sependek pengalaman saya, saya tiap hamil sambil menyusui, tanpa keluhan kontraksi. saya ga langsung sapih, masih tetap disusui. hanya saja, saya sounding anaknya. lalu durasi menyusu juga dikurangi. kalau sudah 12bulan keatas, bunda bisa ganti dengan UHT plain ya. sebenernya, daripada ganti ke susu, lebih baik bunda membuat anak lahap makan dengan gizi dan kalori lengkap. memang sih mungkin nanti bakal berhenti sendiri ASInya karna pengaruh hormon kehamilan, tapi ada juga yg ga berhenti, masih tetap ada. PD kanan saya, anak dah gamau. tapi PD kiri, masih mau. otomatis, saat saya cek apakah masih ada asi, PD kanan sudah ga produksi asi, saya liat malah bening cenderung lengket, itu bakal asi sebelum persalinan. tapi PD kiri masih ada asinya. anak saya yg pertama itu, saat saya hamil, dia 18bulan. qadarullah lulus sapih 3tahun. saya gatau, anak kedua ini kapan lulus sapih. makanya saya hanya bisa ikhtiar seperti yg diatas.. karna pasca persalinan anak kedua dst, kita bakal lebih "repot", jadi konsistensi yg selama ini kita jaga, ambyar 😂 asupan gizi mesti terjaga ya bund. perbanyak cairan juga.

Đọc thêm

Saya, Bu. Bahkan sampai adiknya lahir, si kakak masih belum bisa disapih. Sebetulnya saya termasuk yang berisiko utk NWP, karena ada riwayat SC kurang dari 2 tahun. Dokter tidak menyarankan untuk NWP, khawatir memicu kontraksi yang bisa mengakibatkan pendarahan pada bekas luka. Syukurlah selama NWP, saya ga pernah mengalami flek. Tapi, saran saya, tetap konsultasikan sama dokter kalau ingin lanjut NWP ya, Bu. Pengalaman juga sih, ternyata ketika si adik lahir dan si kakak blm bisa disapih, lumayan repot jadinya menyusui 2 anak sekaligus. Stamina pun tersedot utk menyusui, dan susah mengatur waktu utk kegiatan yg lain. Anak pertama saya sudah hampir 2 tahun, btw.

Đọc thêm

saya NWP bun dapat saran dr dokter selama masih bagus respon tubuh saya, mending tetep kasihin ke si kakak buat bonding dan kalau adiknya lahir lebih mudah untuk mendekatkan mereka karena mereka berbagi. karena kalau g ada keluhan tp si kakak mau di full sufor takutnya nanti adeknya lahir malah susah bangun kepercayaan si kakak untuk nerima adeknya. jd ini buat sekarang aku suforin sama dbf selang seling.. semoga kita lancar ya pejuan NWP

Đọc thêm
8mo trước

bund , waktu NWP si kkak BB nya turun engga ? cara ngatasinnya gimna ya ? soalnya aku baru 2bln ini NWP tp si kakak kyk agak kurusan, makannya jg agak susah soalnya , & lebih sering minta nen

Alhamdulillah saya bun, lanjut terus menyusui anak pertama saya yg sekarang hampir 17 bulan, sekarang lagi hamil 21w, Alhamdulillah sejauh ini aman dan saya bertekad menyusui terus sampai lahiran, tepatnya sampai si kecil 2 th insyaAllah. Kata dokter saya jg gpp lanjut terus menyusui selama kondisi kita aman2 aja..

Đọc thêm
2y trước

bun kalau nyusuinnya masih sering atau gimana? anak saya 18 bulan.... dikir2 minta nen, pdahl mkan juga bnyak.... itu gk ppa kah ?

terimakasih bunda sekalian masukannya... sangat membantu. usia kandungan sy skrg 7bln & abangnya 1th. karna ada riwayat SC & takut bingung nanti pas ditinggal lahiran jd seminggu yg lalu mulai disapih. alhamdulillah sudah lepas ASI. karena dokter juga menjadwalkan operasi bulan depan (hpl desember)

Đọc thêm
4y trước

boleh cerita proses lepas asinya gmn bun? kalau malam tidak minta nenen lagi sama sekali kah? apa diganti dot?

Klo mnrut saya itu sesanggup bundanya aja. Ada yg berhenti menyusui krn tkut terjadi kontraksi. Tp klo bunda ga merasakan ya gpp. Tp gizi bunda hrus doble yaa ditingkatkan. Krn ad 3 yg hrus terpenuhi gizi nya. Asi bunda, janin bunda, dan tubuh bunda.

saya gak disapih bunda anak 16bulan hamil 25w sekarang , banyakin makannya , sama di ganti sufor, masih minta nen klo pas mau tidur aja , kadang jga gak ,, soalnya malam 3jam sekali pasti bangun bikinin susu , kadang kasian klo nangis jadi di nen dulu.

bunda mampu? jika bunda mampu gapapa bun lanjutian saja menyusui. temen sy ada 3 yg nyusui sambil hamil. pas lahiran alhamdulillah sehat kok. cm ya memang makan jadi banyak bgt hihi wajar ya buat 3 orang

Setau saya ya bu bukan karena masalah asi berkurang atau kontraksi gitu bu karena gak semuanya ngalamin, tapi lebih ke kualitas si asi nih turun jadi kasian adeknya nenen tp gadapet gizi kurang

3y trước

Kualitas asi tetap sama dan tiadak berkurang