Curhat pas melahirkan bun

2minggu yang lalu aku melahirkan bayi perempuan yang aku beri nama Arumi nasha suhanda,aku mau cerita saat" aku mau melahirkan,aku kesel bangett,kan ceritanya aku kebidan,terus katanya udah pembukaan 5,pantesan subuh" sedikit sakit perutnya masih nahan, jam 8 malam aku di inapkan di tmpt bersalin, jam 12 di cek lagi ternyata pembukaan belum nambah,tanpa bilang bidan nya mecahin ketuban aku pas lagi di priksa pembukaannya,ga sakit sih pas di pecahinnya,ga lama dari itu langsung sakit banget ga kuat sampe aku teriak", terus aku juga sampe ngeremes2 badan suami hhe,di induksi juga,tapi ga bilang apa" bidannya,padahal aku maunya pecah alami ketuban nya,walau lama juga kan aku bayar uang kamar sehari 200,kalau misal sampe aku berhari" pun aku tetep bayar,maksd aku ga perlu di pecahin ketubannya,mana ga bilang" lagi,jadi buat bunda" yang lahiran bilang ke yang nanganin jangan mau di pecahin ketubannya,karna rasanya jauh lebih sakit dibanding ga di pecahin ketubannya,sampe aku gakuat teruss muntah",tangan aku pas di infus jarumnya tumpul jadi bengkak yammpun kesel banget,terus darah juga sampe naik sendiri ke infusan,terus aku di pindahin ke ruang bersalin yang buat melahirkannya,terus disitu katanya belum pembukaan lengkap tapi aku gaperduli lagi langsung aku Eden"in aja,karna rasanya dah gatau gimana lagi,alhasil dari jam 8 malam jam setengah 7 baru melahirkan,bayi aku BB nya 3,3kg dan panjangnya 50cm, Alhamdulillah sih seneng pas bayinya udah keluar jadi ngerasa ke obatin,pokoknya saran aku buat bunda" yang mau lahiran jangan mau ketubannya di pecahin duluan yaa😌

31 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Saya jawab dari segi medis ya bun, untuk tindakan pemecahan ketuban itu nggak sembarangan bund, ekspektasi anda memang maunya pecah alami tapi kalau nggak bisa? amniotomi (memecahkan ketuban) biasa dilakukan kalau fase pembukaannya lambat, dari paparan bunda pembukaannya lambat, dari subuh sakit sampai malam cuma bukaan 5cm. ya wajar kalau di amniotomi, ketuban mau pecah sendiri atau di pecahin sakitnya sama aja, itu sakitnya karena penambahan kontraksi rahim bukan pecah sendiri atau dipecahin. saya menyayangkan sih anda langsung bilang "Buat yang mau lahiran jangan mau ketubannya dipecahin duluan" ini bisa misleading. Kalau ada ibuk mau melahirkan baca ini lalu kondisinya harus di amniotomi tapi nolak karena paparan anda, gimana? Bisa bisa ga selamat bayinya. Amniotomi itu biar cepet pembukaannya, kontraksi bisa kuat, kalau ngga di lakuin bayinya bisa stres terus meninggal dalam kandungan. Bidannya memang salah karena ngga menginformasikan terlebih dahulu, tp bunda juga harusnya bisa googling dulu indikasi amniotomi sebelum ngasih saran disini ke ibu ibu untuk jangan mau amniotomi 😊

Đọc thêm
3y trước

bunda fjeyla seharusnya yang pertama bunda lakukan setelah kelahiran itu terima kasih sama yang nolong, bukannya kesel. taruhan bunda itu nyawa, bidan disana juga berharap nyawa ibu dan bayi selamat, ga mungkin mereka melakukannya asal²an. bayangkan kalau bidan nurutin maunya bunda nunggu sehari pecah ketuban alami, ternyata emang ga bisa pecah, ketuban keruh, bayi keracunan bunda keracunan. hilangkan rasa² dongkol kesal dll. toh yang penting nyawa bunda dan bayi selamat berkat mereka. jangan berprasangka buruk ke orang biar ga nambah² dosa bun. apalagi bunda ngajak² bumil lainnya buat ga minta dipecahin ketubannya. itu namanya profokator. kalau ada yg ikut kata bunda, bunda jamin nyawa mereka selamat??

ketuban ku pecah dluan jm stengh 9pgi di check masih pmbukaan 3 ngrsain bolak balik kmar mndi buat ppis dari jm stengh 1mlm,gk tau klo itu kontraksi asli. udah sakit banget tp masih ke tahan krn mmng gk ada tanda2 pndkung jg klo lgi ngalamin kontraksi asli 😄😄 gk kluar lendir,gk kluar apa cm nyeri miss V smpe akhirnya pecah ketuban. di tnggu pmbukaan nmbh jm 11 siang smpe puskes puji Tuhan pmbukaan udh lngkap. proses ini itu ngeden bagus tp kpla baby masih kthan sm bidan nya lngsung di gunting bun,krn mmng itu yg trbaik klo gk di gunting gk bkal kluar itu ankku. bb 3,7kg pb 52cm. knp di gunting jg mmng betul2 mau nyelamatin ankku krn air ktuban ku udh keruh +ijo jdi bhya klo smpe kminum baby nya. bner aja 12jam kmudian ankku di rujuk ke RS krn sesak 5hari di rwat di RS tnpa aku ibunya. puji Tuhan bnyk brsyukur ankku trselamatkan bun skrng umur nya 10bln 9hari dan udh mau pnya adek krn sya hamil uk 17w. gk kbyang lah klo gk di segerakan nmbh jln lahirnya bisa gk selamat ank sya bun.

Đọc thêm
Thành viên VIP

maaf ya mba aku ga berpihak ke bidannya ataupun ke kamu tp cuma menginfokan aja bahwa setiap tindakan yg dilakukan pasti ada alasannya contohnya kamu bun, pembukaan udah 5 itu hrsnya ke pembukaan lengkap engga lama sedangkan kamu udah lebih dari 5 jam sedangkan ada batas waktu untuk melahirkan normal, nah mecahin ketuban yg dilakukan bidan itu guna mempercepat pembukaan krn kalo kelamaan jg bs bahaya buat bayi salah satunya bs menyebabkan bayi stres di dalam dan bs menyebabkan kematian janin di dalam kandungan. cmiiw yg aku sayangkan knp bidannya ga bilang dulu mau melakukan tindakan ini itu ke kamu. kalau nunggu pembukaannya nambah dg sendirinya justru bahaya buat kamu dan bayi jd aku rasa bidan udh bener ambil tindakan cuma yg kurangnya disini ga inform concent dulu ke kamu. trs rasa sakitnya bukan krn di pecahin ketubannya tp krn kontraksinya 😅 semoga kejadian ini ga bikin trauma buat kedepannya ya bun 🥰

Đọc thêm
3y trước

ya orang lg tindakan mana sempat bun nanya 😂 bidan jg kan pasti tau lah mana yg baik buat ibu dan bayi, mereka lebih ngerti krn mereka ada pendidikan. harusnya kamu tanya sesudah lahiran bun

aku sampe pembukaan 10 ketuban belum pecah alhasil di pecahin ,karena kalau mau nunggu pecah alami mau sampe kapan ? resiko nya juga besar bisa jadi janin dalam kandungan kenapa kenapa .ya jadi di pecahin ..tiap naik pembukaan yang sakit tuh , , rasanya udh nano nano mau melahirkan itu , pas pecah ketubannya ya dingin aja rasanya plong kaya air keluar gt ..udh di pasang infusan darah naik ke atas karena akunya ga bisa diem dan teriak teriak , mau.ngeden ga boleh karena awalnya pembukaan belum lengkap .. mau di rs di bidan kalau pembukaan belm lengkap ya ga boleh ngeden . meskipun dari raga tetep mau ngeden ya harus di tahan dan tarik nafas yang bener . aku aja di pecahin ketuban dokter ga ngomong heheheh ..tapi ya memang melahirkan itu sperti itu dan dokter atau bidan pun udh tau tindakan yang di ambil itu baik buat ibu dan anaknya .mana mungkin dokter dan bidan ngambil tindakan yg membahayakan pasien nya .

Đọc thêm
3y trước

tapi kebanyakan blm pembukaan lengkap udh di pecahin karena pembukaan ga naik naik .

dua kata buatmu bun "SEMAUNYA SENDIRI". maaf aku agak julid. pertanyaanku: - memangnya kamu gak takut bun kalau kelamaan kontraksi bisa kehabisan tenaga? - kalau belum disuruh ngeden, kenapa ngeden? bisa sobek gak beraturan dong vaginanya, bisa bengkak dong. - kalau masalah infusan, darahnya naik ke infusan, berarti itu infusnya gak jalan. bisa jadi karena selangnya ketekuk, atau pasien banyak gerak. - terus kalau gakmau ketubannya dipecahin duluan maunya gimana? ya memang hak pasien bertanya, tapi kan ya itu lagi nolongin kamu lahiran pliss.. coba tanyain, banyak juga ibu2 lain yg harus digunting perineumnya dan dijahit. dan kalau setelah ketuban dipecahin terus sakitnya bertambah2, artinya BUKAANMU NAMBAH itu buk.

Đọc thêm

bunda seharusnya jangan beropini dulu sebelum tau sop nya, bukan masalah ga konfirmasi dulu kepasien, tp kalau kamu udah pembukaan tp belum pecah ketuban, mintanya kamu pecah alami yakiiin itu ga akan fatal buat kamu dan janin? dimana² lahiran itu sakit bun, ya emang gitu, ga bayangin kamu mau nambah waktu sehari nunggu ketuban pecah alami? yakin kuat?? ga mungkin kuat. jadi itu tindakan bidan sudah bagus lah menurut saya. banyakin terima kasih sama yang nolong persalinan, jangan berprasangka buruk, coba kalau ga ada bu bidan, siapa yg mau bantu ngeluarin. oh ya btw saya melahirkan pertama juga dipecahin ketubannya krna sampai pembukaan 10 ga pecah, itu aja lelahnya minta ampun.

Đọc thêm
3y trước

bener bgt bun saya induksi jam 10. jam 11 udah bukaan lengkap tp ketuban belom pecah. subhanallah nungguin pecah alami kirakira 1jam rasanya nikmaaaat. malah bilang ke suster nya "mba kenapa ketubannya ga dipecah in aja mbaa sakitt" eh malah diomelin hahaha tp setelah ketubannya pecah alami mules nya ilang. 30menit kemudian baru mules lagi dan alhamdulillah lahir selamat.

jadi kebayang waktu melahirkan,, luar biasa.. Alhamdulillah terbayar semua saat adek bayi lahir.. selamat y bunda atas kelahiran nya🤗 btw, dulu sy ketuban pecah alami. setelah d cek bukaan 3. d saran pulang dulu, Krn msh lama kemungkinan. d rumah sy buat jln2, perut berasa mulai g nyaman. waktu rehat sejenak, ketuban pecah sendiri. selang 3-4 jam memang luar biasa bund sakit ny. Alhamdulillah lahir putri sy bb 3,9 kg dan PB 50cm seorang ibu memang hebat, perjuangan saat hamil hingga melahirkan. dan lebih hebat lg sang Maha Pemberi Kehidupan.

Đọc thêm

mommy fjeyla nakes ngambil tindakan ini itu emang ada alesannya. Dan itu pasti bertujuan buat nyelametin nyawa ibu bayi. Aku dulu lahiran diinduksi, perineum digunting (tanpa diskusi aku mau apa ga). Saranku klo suatu saat nanti mom hamil lagi, biar pas kontraksi bisa enjoy badan rileks. Rajin rajin olahraga, ikut kelas prenatal yoga, belajar ilmu hynobirthing. Klo bisa menguasai tubuh dan pikiran udah deh lahiran itu menyenangkan.

Đọc thêm

alhamdulillah kemarin tgl 20 juli lahiran ketuban nya di pecahin gak ngerasain sakit bun, cek pembukaan jam 3subuh baru pembukaan 2, trus pulang dan ke klinik lg setelah sholat ied jam ½8, di cek pembukaan sdh lengkap, dan di pecahin ketuban nya bun, lahir jam 8.40 krna kelamaan nunggu dokter nya pdhl kpla udh nongol dan ada 4 bidan gak berani nanganin, jd nunggu dokter nya dlu deh

Đọc thêm

dulu tanteku bukaan lm banget, setelah dipecahin baru deh bukaan bisa nambah, langsung cepet lahirnya. dan induksi memang luar biasa sakitnya, saya aja dulu 16 jam induksi, jam 5 sore pecah ketuban..bayi baru lahir jam 00.30 .. kalau sudah bukaan 5keatas apalagi mendekatk bukaan lengkap itu memang luar biasa kontraksinya bun..begitu deh orang lahiran gk ada yg gk sakit.

Đọc thêm