Curhat Bun 😭

Suami saya bilang kalau nanti mau ajak keponakan nya sekolah di kota kami,itu berarti keponakan nya hidup dan tinggal bersama kami. Sekarang posisinya dia masih SD, nunggu masuk SMP. orang tua keponakannya itu masih lengkap dan keadaannya jg baik baik saja, hanya saja suami saya ingin mengajak sekolah dari desa ke kota kami. Kebetulan jarak tempat tinggal Ki dengan saudara suami itu jauh. Keadaan saya punya anak masih balita kecil. Salah gak kalo saya ngerasa blm siap untuk jadi seorang ibu atas keponakannya😭 karena saya blm siap Bun untuk bertanggung jawab mengatur,merawat anak SMP. saya hanya mau menjadi ibu yg normal normal dulu Bun dengan mengasuh anak balita saya. Ibu yg sebagaimana mestinya melewati hari hari dgn bertahap mengasuh anak. Saya sudah membayangkan betapa sibuknya nanti,waktu,keadaan. Dan finansial kami juga cuma pas pas an. Rumah kami masih ngontrak Bun Sedangkan orang tua nya keponakann saya itu sudah punya rumah sendiri. Kalau hanya untuk bermain saja di tempat saya sih gak masalah, tapi kalo sepenuhnya sekolah dan tinggal sungguh saya blm siap. Apakah saya egois Bun?

16 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Bunda, coba dibicarakan lagi aja dengan suami. Sekedar cerita aja. Bapak saya orang desa, orangtuanya masih ada semua. Sejak SD dititip ke omnya yang di kota, supaya dapat pendidikan yang lebih baik... krn bapak saya termasuk cerdas (maaf bkn maksud sombong ya, cuma cerita sj) jadi sayang kalau di desa kurang bisa maju katanya. Padahal omnya yg dititip ini anaknya sendiri jg banyak, istrinya IRT. Apa bapak saya senang? Ooo tentu saja tidak 😅 tiap hari nangis kangen keluarga. Tapi memang sekarang tidak menyesal dulu memilih keluar dari desa. Dan jadi dekaaatttt sekali dengan keluarga yg mengasuh beliau. Kalau menurut saya, dikasih syarat saja bun. Semua biaya sekolah dan uang jajan ditanggung ortunya. Mau menyumbang biaya hidup. Suami jg harus tegas, si keponakan mesti mandiri dan bantu pekerjaan rumah (bapak saya jd rajin bgt karena omnya dulu super galak hehe)

Đọc thêm

klo aku sih bakal ngajuin syarat² gt, bu 🤣🤣🤣 si anak harus mandiri. Beresin kamar, cuci baju sendiri, cuci piring bekas makan sendiri, yah gitu² lah anggap aja kan lagi mondok wkwk. Biaya bulanan si anak sepenuhnya dari ortu (biaya spp, jajan, makan, kebutuhan sekolah) knp? krn ibunya pny anak jg + penghasilan pas²an, bukan? masa iya suamimu yg ngasi duit jajan. Yg paling penting harus taat sama peraturan di rumahmu. Yah namanya anak abege pasti demen kelayapan kan sama temen²nya apalagi klo di kota besar 😅

Đọc thêm
Thành viên VIP

Bunda, sebaiknya dibicarakan baik2 dengan menyampaikan keluh kesah yg bunda takutkan pada suami. Mungkin suami punya jwaban atas semua yang bunda khawatirkan. Sebagai contoh untuk masalah financial, mungkin orang tua anak trsbt akan memberikan uang tiap buln pasa suami/bunda karna menitipkan anaknya di twmpat bunda. Untuk masalah kesiapan menjadi ibu bagi remaja smp, bisa bunda sampaikan juga pada suami. Bisa jadi itu hanya sebuah kekhawatiran bunda saja. Pasti saya yakin suami bunda memiliki beberapa alasan dan pertinbangan jika sudah mengajak keponaknnya untuk tinggal bersama kalian.

Đọc thêm
Thành viên VIP

sepupu dan adik² mamaku ada beberapa orang yg dulu sekolah/kuliah d kotaku tinggal serumah dg kami saat aku masih sd.. paling tidak dalam satu waktu ada 2 orang.. ya karena memang keluargaku tinggalnya di rumah milik nenek.. tapi biaya hidup dan biaya sekolah mereka bukan ayahku yg nanggung... untuk makan mereka, biasa d kirim uangnya ke ibuku dari kakek atau dari ortunya.. jadi ya ibuku sekedar ngejagain aja dan sedikit ngawasin bener ga sekolah/kuliahnya.. cuci baju ya masing² kadang juga mereka ikut bantu beres² rumah gantian..

Đọc thêm

duhh bund,, bicarakan baik2 lagi sama suami bund, tanggung jawab nya juga lebih berat, ngurus anak sendiri sih kita bebas mau ngomong apa aja klo anak bandel, lah kalo anak orang klo kita salah ngmong dikit pun akan jadi bumerang nantinya.. suaminya suruh pikir2 lagi deh bund, jangan turuti hawa nafsu , pikir kedepanya klo ada apa² pasti akan jadi bingung dan jadi masalah, walaupun itu saudara sendiri.. lagian juga rumah bunda masih ngontrak.. kudoakan biar di permudah jalannya ya bund..

Đọc thêm

kalo aku selalu menolak siapapun yang bakalan numpang dirumahku lebih dari seminggu bund kecuali ortu dan mertua.Bahkan adiku pun dianjurkan ngekos sama ibuku waktu cari kerja ditempatku.Padahal adiku cowo dan semuhrim dong sm suamiku tapi demi menghindari konflik RT kakanya dan konflik adik kaka.Begitu jg waktu ponakan suami mau tinggal disini yaa aku langsung bilang pilih aku atau ponakanmu?bukan mau pelit bund tapi gimana ya demi kewarasan rumah tangga.

Đọc thêm

klo anaknya mandiri sih ngga apa2. klo masih ngga ngerti apa2 ya pening juga. kayak adik ipar saya cowok smp kelas 2 pernah nginep seminggu di rumah. klo abis minum gelas ditumpuk di kamar, mandi handuk di kamar ditumpuk sama baju kotor dia. aduuuh. masa kalah sama anakku cowok umur 3th klo abis minum ditaruh di tempat piring kotor. baju kotor taruh di bak cuci. udah suami di luar kota, aku ngga berani negur karna anaknya baperan

Đọc thêm

kok suami bunda ngamikirin perasaaan bunda yah!!apa sebelumn yah sudah di obroli dulu SMA bunda?padahalan anak punya Napa mau bawa anak orgg ,yang jelas"tuh anak dh punya ortu lengkap ,mending omongi aja kalo kurang sregg Bun kalo bunda keberatan,nah kalo nanti suami memberi jawaban knp dia bawa ponakan nya kalo dirasa masuk akal dan penting bgt GPP kalo dirasa biasa aja karna alasan pen sekolah di kota,kaya gmna yahh

Đọc thêm

ortunya msh lengkap ko dibawa ke kota? emang sekolah dikampung kenapa? kecuali buat nyari kerja sih its ok dibawa ke kota krn udah mandiri juga istilahnya. klu msh SMP saya rasa ibaratnya menjadi ibu 2 anak jadinya. terserah bundanya sih klu kurang sreg langsung diomongin aja. krn suami kdg gapaham apa yg kita gasuka kalau ga dijelaskan.

Đọc thêm

bilang aja ga sanggup ngawasinnya apa lagi anak umur segitu kan lagi bahaya2nya , takut gabisa mendidiknya . kalo dia ikut tinggal berarti kan kita ada beban untuk menjadi orang tua , nah kalau kita kecolongan gabisa mendidiknya kan kita juga yg dosa .