Mitos/fakta adat Jawa

Selamat siang bun, adakah bunda2 di sini yg tau tentang mitos2 hal2 yg dilarang bagi suami dan istri yg sedang hamil dalam adat jawa? Saya mau minta pendapatnya, apakah itu benar2 terjadi atau fakta atau hanya mitos belaka? Misalkan tdk boleh membunuh atau menyakiti binatang dll. Ceritanya hari ini saya mau masak ikan, dan saya membersihkan ikan tsb dg dibantu suami. Semoga janin dalam kandungan saya baik2 saja ..

3 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Ngga ada. Asal ngga haram. Selama ngga bertentangan dg ajaran agama Islam boleh dilakukan. Saya orang Jogja Asli ngga punya pantangan 😋 Ngga boleh asal percaya takut jatuhnya syirik, malah sebisa mungkin ditentang kalau emang bener2 mengandung unsur yang terlarang. Jangankan cabut/ potong ayam yang dah mati, pah hamil sembelih ayam hidup sampe mati pun saya berani, asal bismillah. Kalau menyiksa binatang orang yang ngga hamil pun emang ngga boleh bun, baik laki maupun perempuan.

Đọc thêm

Saya org jawa mba dn banyaaaaaaak bgt mitos2 dr org tua yg satupun gak saya percaya (kalo gak masuk akal) termasuk suami gaboleh membunuh hewan kalo istri lg hamil 😄 Bismillah aja mba 😁

5y trước

Aamiin 😊

Nggkpapa kok