sebel.

Sebel deh bun. Aku tu kan lg hamil anak ke 2 .aku di jawa. Banyak larangan ini itu .kan mitos ?? kdg tu smpek nangis kl gaboleh . Ini barusan, ak tu motongin ayam mati .udah matii bunnnn... Dagingnya doang .gakepala ga kaki ga uwek* jeroan .temenku komen ga boleh lg hamil jgn potongin ayam . Ak kan ga bunuh ,cuma motongin si daging buat ak makan juga .sebel aku tu sebel ??

46 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Dengerin aja bun kalo ada orang tua atau kerabat yang kasih tau kita pantangan mitos itu iya in aja . Meskipun kita nggak percaya . Jangan sampek kita mangkel krn di larang larang trus nyletus perkataan yang enggak enggak . Takutnya nanti pas orang yang kasih tau itu sakit hati karena kita gak dengerin trus di batin doa yang jelek jelek itu yang menakutkan bun . Karena kita nggak tau anak kita didalem perut gak kelihatan dan proses persalinan pun kita gatau apa yang akan terjadi .ntr kalo trjadi apa apa pas kelahiran jabang bayi kita malah dikapokin deh .ambil positifnya aja bun perkataan orang . Semoga anak dalam kandungan kita sehat dan persalinan kita lancar bun 🥰

Đọc thêm

Terlepas dari mitos atau enggaknya, pada dasarny bunuh hewan emang ga boleh kan. Dibunuh loh ya, beda lagi dengan disembelih. Kalo disembelih sesuai syariat inshaallah gpp. Apalagi bunda cuma motong daging ayam yang udah disembelih org lain. Gpp kok bund, ayamnya udah paham sndiri kok kalo itu mmang udah kodratnya buat dikonsumsi manusia😅 Tapi saya agak ragu ragu bund, karena tetangga saya prnh cerita. Dulu pas istrinya hamil, dia (sebagai suaminya atau ayah bayinya) menyembelih anak kambing. Dan anak kambing itu, katanya kakinya geter geter gitu bund. Dan pas bayinya lahir, kakinya juga ikut geter geter, bahkan sampe sekrg udah remaja kakinya masih suka geter geter gitu.

Đọc thêm
4y trước

Amiit* ya bun . Kl bunuh lgsung g pernah 😅😅

Bukan masalah Jawa-nya. Di daerah manapun pasti punya masing2 Mitos. Jadi jangan lantas dianggap wah orang Jawa ini doyan bgt percaya Mitos. Ini gak boleh, itu gak boleh. Namanya orang tua, apalagi yg belum melek info dan teknologi, pasti kaya gitu. Di iyain aja, terlepas kita mau nurut atau nggak itu terserah kita. Atau malah bunda mengedukasi orang2 di sekeliling bunda, itu lebih baik. Jadi jangan salahkan keadaan, kita hidup berdampingan dengan banyak orang. kalau ada yg pola pikirnya gak seperti kita ya wajar.

Đọc thêm

Sabar ya bun .. Saya yg orang jawa aj kdang geleng2 karna tetangga sering bgt ngomongin mitos dgn kondisi selalu teriak2 😣 Pdhl waktu itu ak pas lg d perantauan ikut suami di kab. Bandung. Emg tetangga orang sunda dan udh tua .. org tua sama mertua saya yg orang jawa tengah malah ga pernah komentar ap2 cuma bilang sabar ya klo ibunya bilang ttg mitos2 di iya in aja.. gausah dilakuin karna termasuk syirik.. percaya sama Allah aja.. kita orang muslim percaya pada agama islam ya harus percaya cuma sama Allah aja ..

Đọc thêm
4y trước

Sama2 bunda.. semangat ya jangan sampe stress.. Di iyain aja klo di bilang ini itu .. 😊 Jangan d masukin ke hati.. Saya awal2 hamil jg agk stres gara2 ga boleh ini itu sama tetangga tp saya pikir dy gatau kita gimana yaudh iyain aj..

Sama bun.. Saya jg ikut suami .. Suami saya asli sunda, saya org palembang.. Rumah jg deket sm mertua jadi apa2 banyak gabolehnya.. Cuma aku ga ambil pusing sih, selagi aku bisa kerjain yah ku kerjain, selagi mertua yg mau kerjain yah silakan aja.. Kadang jg nanya ke mamahku apa iya gini gitu gaboleh, kalo mamah ku sih ga terlalu ngelarang karna dy hamil ngerjain apa2 sendiri dan aman2 aja.. Yah intinya jangan di sugestiin jg sih bun.. Yakin aja , huznudzon terus kalo semua baik2 aja

Đọc thêm
4y trước

Klo aku sih bun suami gapercaya sm kaya gitu katanya jatohnya musrik. Aku lebih ke keluarga mungkin namanya juga kolot baheula yah bun masih dipake..lucu aja bun dilarang2 ini itu tp akhirnya barang calon anakku dipake juga sma tanteku. Kaya stoller dan pamping asi, bilangnya aja mau pinjem gitu gausah larang2 ya hh3e

Pamali itu kalo motongin ayam tetangga bun. Kalo ayam beli sendiri mh gpp. Aku juga di jawa dan orang jawa kadang suka tanyain hal2 yang berbau pamali tu alasan atau asal nya dari mana seperti jangan makan pisang pinggir nya(takut nggk habis biar tidak mubazir).jangan makan tungir ayam(biar jangan dimakan orang lain.dimakan nya sama orang yang bilang pamali nya karna itu enak).jangan duduk depan pintu(menghalangi jalan)dll. Terkadang pamali tuh nggk semua ada faedah nya bun.

Đọc thêm

Wkwkwk. Sama bun, aku dikampung gini kalo sodara ato tetangga liat gitu pasti adaaaa aja yg di komenin, orang hamil gaboleh potong2, gaboleh tali, gak boleh gigit2, gaboleh njait, gaboleh ini gaboleh itu, yakalii aku diem bae, masak semua minta tolong, kan gak kelar2 kerjaannye. Ya kalo orang2 bilang aku iya in aja biar gak panjang. Aslinya aku tetep lakuin tapi amit2 jabang bayi bismillahirrahmanirrahim.... Semoga semua sehat sampek lahiran.

Đọc thêm
4y trước

Klo kerjaanya penjait ga boleh jait jg bun? 😂😂

Asal kita ga percaya gappa bund. itu kepercayaan kl dipercaya jd sugesti makanya kejadian 🤗 Aku sm suamiku dilarang Bapak Ibuk juga, gaboleh makan minum dlm kamar. Trus gaboleh bunuh hewan. Aku tanya balik "kenapa gaboleh?" "Ya pokoknya gitu larangannya" Kalo positif sih ya kuturutin tp kl merembet maksudku bersifat merugikan ya mungkin aku cari alasan buat nolak.

Đọc thêm
4y trước

Iya bunda* makasih 🤗🤗🤗🤗😍

Bismillah aja bun asal kitanya gak percaya. Saya juga orang jawa bun memang banyak pantangan gak.boleh ini gak boleh itu. La saya tinggal berdua doang sama suami klo bukan kita sendiri yg potong2, yg bersihin trus mau makan apa hehehe Yg penting bukan membunuh hewan dengan sengaja klo cuman bersihin dan motong2 doang si bismillah gpp bun orang buat di makan juga.

Đọc thêm

Terimakasih ya para bunda 🤗saya disini cuma mau curhat ttg kekesalan ht saya .soalnya suami sy percaya begituan . Mw crt ortu ya sama aja 😅 Saya sungguh terimakasih sudah banyak yg respon .smga saya dan debay sehat* .begitu pula dg para bunda yg lain 🤗😍 Salam dari saya ,TaTa di kediri 🤗

Đọc thêm