??

Assalamualaikum bunda²,mau tanya sekalian minta pendapat. Saya hamil 23 w saya kalau periksa ke klinik tapi tidak dikasih buku kia, katanya klinik tidak menyediakan, cuma dikasih buku kontrol seperti digambar. Saya harus gimana ya??.. Apakah wajib punya buku kia? Jangan dibully ya,??

??
65 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Nggak wajib... tapi penting bun, karna buku KIA terdapat panduan ibu melahirkan, nifas, dan anak, serta catatan dari melahirkan dan imunisasi anak hingga umur 4 tahun bun .... sebaiknya bunda minta ke bidan/puskesmas,,,, sayapun slama priksa ke dokter, klinik/ rumah sakit nggak pernah dapat bahkan katanya memang sudah nggak ada stoknya... tapi pas saya nyari di puskesmas alhamdulillah dapat .... lebih cerewet lagi buat memintanya bun ... karna buku itu penting, tapi klo tetap nggak dapat sih nggak pa"

Đọc thêm

Kalo periksa di puskesmas gratis bun, kalau di klinik kayaknya bayar deh bun. Saya periksa kehamilan pertama juga di bidan bun. Trus bayar 25rb buat bukunya aja... Mana bukunya FC an. Akhirnya pas waktu periksa di puskesmas diganti yang baru dan ga bayar...

Buku kia penting bunda buat perkembangan janin dari hamil sampai dengan anak usia 5th. Buat bakal imunisasinya kelak juga bunda. Biasanya kalau periksa ke bidan atau puskesmas pasti dikasih bunda. Kalau ke klinik memang kebanyakan nggak dikasih bunda

Sama aja koq bund.. Nnti jg kalau untuk imunisasi baby dpt bukunya jg. Sy punya buku KIA jg gk dipakai bund.. 😅 setelah lahiran dikasih buku baru dr rumkit untuk jadwal imunisasi. Bunda kontrol di GBH belakang wisma mattel?

Wajib bun... Aq alhamdulillah dr uk 11mgg diksh sm pihak RSIA nya bun... Kalo ga dpt buku KIA cm ke puskes ato bidan bun buat beli... Aq dl di RSIA beli 15rb ... Tiap wilayah beda beda.. Kalo di puskes malah gratis

Aku dlu jg g dapat bun. Tp pas lahiran langsung dikasih sama RSnya. Padahal aku periksa hamil jg disana lho. Dapatnya jg buku kayak bunda gt. Soalnya di buku KIA ada daftar imunisasi yg udsh didapat, ada KMS jg.

Wallaikumsallam,,, wajib punya bun, krna nanti kalo De2nya udh gde dan mau masuk sekolah harus ada buku KIA,, kata bidan di tempatku harus ada, katanya sih peraturan baru,,, jangan smpai rusak atau hilang ya bun,,

5y trước

Iya kah bund? Aku baru tau loh.. Hahaha bukan nya persyaratan untuk masuk sekolah itu KIA (KARTu IDENTITAS ANAK) ya? Sy malahan diketawain sama dokter dokter yg biasa sy kontrol, trus sama ponakan sy yg ngajar di SDIT nanyain tentang buku kia. Krn tmn tmn sy yg kmrin pd masukin sekolah SD gk ada pakai ky gitu.

Buku KIA biasanya d ksh klo periksa k bidan atau puskesmas bun. Saya jg d ksh buku KIA wkt uk 3bln gtu stlh 2x periksa k bidan. Karena pas awal tau hamil periksa k dr spog dan memang gak d ksh KIA.

Coba ke puskesmas aja bun, kl egk ke bidan. Saya di kasih ko walaupun di klinik, kata bidan mah itu penting buat perkembangan dari hamil sampai anak usia 1th/2th saya lupa lagi.

5y trước

Sama, apa lagi saya bun periksanya pindah2. Buku KIA juga sempat hilang, tp tetap di kasih.

Sy jg ga punya buku KIA bu,krn tiap bln sy priksa d RS,jd semua catatan medis ada d dokter'y.ky'y sih sama deh bun buku itu jg,bt catatan kehamilan bunda dan anak jg.