Minta Sarannya Bund!

Anakku kan baru 4thn biasanya dia kalo main tu ya dirumah aja ga pernah main keluar karna emang belum berani sendiri juga aku masih belum ngijinin kalo harus main keluar. Nah baru2 ini dia kan sering main sepeda dihalaman rumah, banyak juga anak yg sepantaran dia ada juga yg udah sekolah SD. Makin lama kan makin akrab ya bund, kadang ada yg mulai ngajak main duluan juga ke rumah. Dia tentunya sangat excited dong baru kali ini ada yg ngajak main, aku izinin lah dengan syarat mainnya dihalaman rumah aja biar terawasi juga kan. Tapiii masyaAllah bgt ini yg ngajak main tu anak yg lumayan bandel, bahasanya juga banyak bhs hewan🥲 aku disini bingungnya gini bund, kalo aku ngebolehin main ya takutnya pergaulannya jadi bebas juga bahasanya takut kecampur2 sedangkan anak 4thn kan masih pengen ikut2an kalo apa2 juga. Tapi kalo ga dibolehin main, takutnya tu anakku jadi ansos juga jadi pilih2 temen kalo mau temenan tu😢 minta sarannya dong bunda2 disini🙏

12 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Hai bunda, Sungguh menyenangkan melihat anak bunda semakin akrab dengan teman-temannya yang sebaya. Memang benar, dalam situasi seperti ini, kita sebagai orang tua harus memikirkan dampak dari pergaulan anak-anak tersebut. Sebagai solusi yang dapat bunda coba adalah: 1. Berkomunikasi dengan anak: Bunda bisa berbicara dengan anak bunda tentang pentingnya memilih teman yang baik dan bagaimana cara berinteraksi dengan baik. Ajarkan anak bunda untuk tidak meniru bahasa yang kurang sopan atau tidak sesuai. 2. Awasi dan monitor interaksi: Sambil membiarkan anak bunda bermain dengan teman-temannya, bunda tetap bisa mengawasi dari dekat. Jaga agar interaksi tetap di halaman rumah, sehingga bunda dapat melihat dan mendengar apa yang terjadi. Ini akan membantu bunda untuk mengarahkan anak jika ada perilaku yang tidak pantas. 3. Beri pengertian tentang bahasa sopan: Ajarkan anak bunda tentang bahasa yang sopan dan pantas digunakan. Bunda bisa menjelaskan bahwa ada kata-kata yang tidak layak digunakan dan mengajak anak bunda untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan kepada teman-temannya. 4. Jalin komunikasi dengan orangtua teman: Jika bunda merasa perlu, bunda bisa berbicara dengan orangtua anak yang sering bermain dengan anak bunda. Tanyakan apakah mereka juga mengajarkan anak mereka untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Dalam hal ini, penting bagi kita sebagai orang tua untuk saling mendukung dan bekerja sama demi kebaikan anak-anak kita. Selain itu, jika bunda membutuhkan rekomendasi produk yang berkaitan dengan kegiatan bermain anak atau permasalahan lainnya, bunda bisa cek postingan saya dengan link "https://s.id/rekomproduktap". Siapa tahu ada produk yang bisa membantu bunda dalam mengatasi permasalahan ini. Semoga saran-saran di atas dapat membantu bunda dalam menghadapi situasi ini. Tetaplah menjadi orang tua yang peduli dan penuh kasih sayang terhadap anak bunda. Terima kasih bunda telah berbagi pengalaman dengan kami di forum ini.

Đọc thêm

anakku juga mau 4thn bun, dan kebetulan di sekitar rumah banyak anak yg seumuran, ada juga yg udah tk ato sd. jadi aku kasi ijin main sama yg seumuran aja, kalo sama yg lebih gede ga aku ijinin, selain karna sering jauh2 mainnya dan ada bbrp anak yg bahasanya kotor, anakku pernah ngomong jorok dan kotor di ingetin sekali duakali, masih ngomong kotor, yg ketigakalinya langsung aku slentik bibirnya, dia nangis, akhirnya ga brani ngomong jorok/kotor lagi, sesekali kudu tegas sama anak sendiri.. karna kalo disini percuma ngingetin anak org, lah ortunya sendiri yg ngajarin begitu. jadi aku lebih ke ngejaga anak sendiri, dan saring temen mainnya, mana yg boleh dan mana yg ga boleh main bareng mereka.

Đọc thêm

klo sy udah otomatis ga ngebolehin main SM anak yg sprt itu. sy tegas begitu SM anak saya. anak klo perlu main sebetulnya ga usah sama orang lain. cukup ditemenin main SM ortunya. pergaulan itu yg mendidik anak qta LBH bnyk presentasi nya Bun. jgn heran nanti klo anak JD kebawa-bawa cara ngomong, atau tingkah lakunya dgn temannya meskipun ketemunya cm bbrp jam. pengalaman sy di rmh kami ini, lingkungan nya kurang baik untuk perkembangan anak. sy dan suami sepakat pindah ke lingkungan yg LBH kondusif. sebelumnya tentunya dipikirkan dulu dgn kemampuan. klo blm bisa bangun properti, sewa juga gpp. yg penting anak2 kami ada di lingkungan yg baik.

Đọc thêm

Mendingan dijauhkan dulu sih, saya pribadi lebih baik ngasih aturan tegas ga dibiarkan main dengan anak lain daripada nanti ketularan bahasa kasar dan nakalnya, sebelum susah diperbaiki nantinya, toh kalau ntar TK juga pasti dapat teman main yang seumuran, atau masukin PAUD aja yang jelas-jelas diawasi sama guru, kalau di rumah ajakin main sama Bunda aja, ajak main yang seru dan variatif. Kan sayang banget ya di rumah sama kita dijagain eh malah dapat pengaruh negatifnya dari orang lain.

Đọc thêm
Thành viên VIP

baiknya sambil di awasi bu kalo bahasanya ga oantas di dengar tegor si anak yg ngmng kasar itu blng eh ngmngnya gblh gitu kalo next anak ibu ikutan bahasanya,,, kasih efek jera dari omongan itu apa... soalnya disini lingkunganya jg begitu tp kapar aku ngsh efek jera dari omongan itu apa... terus misalkan udh ganisa si omong sama kapar aku bapanya turun tanggan... karna anak kapar takut sama bapannya

Đọc thêm
2mo trước

iya bund takutnya kebawa2 soalnya anakku masih 4thn belum terlalu ngerti, apa2 pasti diikutin

Thành viên VIP

kalau sering main dirumah aja, sekalinya ketemu anak2 luar jangan dilepas dulu bu. Kita temenin dulu sambil lihat jg temen2nya spt apa. Kalau anak lain ngomongnya jorok2 ditegur aja. Anak kita jg dikasih tahu kalau ngomong kyk gitu gak bagus gak sopan. Kalau ankku jg ku kasih pilihan, main diluar boleh tapi kalau niru yg jelek2 besok2 gak usah main diluar lagi.

Đọc thêm

Kalo menurut saya bund lebih baik jgn main dgn anak itu bund misal kita tegur anaknya kan kdg masih ada lalainya ya kalo misal trus2an masih main.. berSosialisasi bisa drimana aja kok bisa dari Paud kan umur 4th udh skolah sembari dirumah bunda kasih pngertian bahasa yg sopan sprti apa mana yg boleh dan yg tidak..

Đọc thêm

mnrut saya kalau emg lingkungan tidak mendukung lebih baik jangan main dengan teman2 di lingkungan itu bun. mnrut saya anak bunda lebih baik masukkan saja k paud yg anak2ny lebih tersaring bhsa dan sikapny dibanding diperbolehkan main sama teman2 lingkunganny yg bhsa dan sikapny tidak baik.

kalo aku mending ga kuperbolehkan main sama anak itu bun. sayang banget anak bisa ketularan bahasa yang gak baik kayak gitu. nanti pas udah sekolah juga pasti anak bunda bakalan dapat teman2 baru yang lebih baik. soalnya anak umur segitu gampang banget terpengaruhnya bun.

saranku bisa ditegur sih si anak sd ini.. misal lagi main bareng gitu dy ngmg kotor ya mama yg negur.. "kakak.. emg itu artinya apa? kaka tau ga klo kata2 itu tu ga baik? jd jangan diucapkan didepan adek ya.. bicara nya yg baik2 yaa"

2mo trước

iya bunda makasih sarannya nanti coba diawasi lagi kalo lagi main