Soal BB anak

Anakku cwe usia 2.5 taun . BB 10.5 terakhir nimbang bulan ini . TB 88 cm . Masih aman sih di garis ijo muda . Tp aku ngerasa anakku kurus 🥲 pernah aku cek ke puskes katanya perbaiki menu makan . Maaf bukannya gimana* insyallah menu komplit . Tiap hari aku pake 1 telor . Kadang ayam ikan . Sayur . Tahu tempe . Buah . Sufor ( kalo dia minta aja ) ciki kadang kalo pengen temennya . Sering aku bikin cemilan sendiri Rencana bulan depan mau ke DSA tp aku khawatir suruh memperbaiki menu . Tp aku pengen nyari masalah lain di anak ku ini Bun . Aku bingung cara ngomong ke dokternya gimana Bun . Kalo minta tes* ini itu . Anakku batuk kalo lg musim kalo gk ya ketularan temennya . Tp aku pengen tau ada masalah apa sama anak ini . Mohon jawabnya bun

14 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

anak saya hampir 3th seusia anak bunda bb tb nya normal, malah di cenderung tinggi jdi mungkin karna itu anaknya terlihat kurus bnyk yg blg seperti neneknya dan sayapun tersinggung ya memang anak saya makannya susah. tp saya setiap hari ngasih menu makan ya bb booster bund, dan setelah anak saya makan pokok pasti saya bikinin sufor kalau enggak susu kotak kalau enggak ya yogurt atau es krim yg full susu gt bund. jadi biar dia lebih kenyang, dan waktu makan sudah tidak berguna lgi bund kalau untuk anak yg susah makan dan untuk ngejar bb. jadi selama dia masih mau makan apapun saya kasih, setelah makan dan minum susu pun saya kasih dia cemilan gt bund. Alhamdulillah skrg bb nya naik bund dari yg tadinya stuck bbrp bulan di 12 kg koma skrg udah 13kg lebih wlaupun enggak banyak tp rasanya seneng bgt😁

Đọc thêm

yang diliat bukan kurus atau gemuknya, kenaikan tiap bulannya gimana? menu makanannya begitu, anak bunda susah makannya ga? misal makan tetap lahap, kenaikan bb nya gimana? biasanya memang dokter juga ga sembarangan nyuruh periksa tapi disuruh perbaiki makan dulu, kalau dokter jawabannya sama perbaiki makan dulu bunda jelasin pola makan anak bunda gimana " makan berapa kali sehari, lahap ngga, snacknya gimana, menunya gimana" kalau ga naik selama 2 bulan berturut-turut tinggal bilang "udah 2 bulan ini bb nya ga naik dok, apa perlu pemeriksaan dalam, atau tes yang lain?" setelah bunda jelasin pola makan tadi

Đọc thêm
Influencer của TAP

Tren kurvanya gimana? Kurus atau tidak, dilihat dari tren kurva pertumbuhan, bukan sekadar ada di pita warna apa. Di pita hijau, tapi tren mendatar, atau bahkan turun, ini namanya tidak tumbuh. Kalau teen kurvanya bagus, on track, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan Kalau memang tren kurva menunjukkan ada gangguan pertumbuhan, nanti ke dokter bilang saja sudah plotting dan trennya begini, lalu minta saran dokter perlu bagaimana. Soal makanan, bukan hanya apa yang dia makan, tapi juga porsi dan nilai kalorinya. Apakah sudah adekuat?

Đọc thêm

anak pertama saya (laki-laki) waktu umur 2 tahunan (setelah disapih asi) BB & TBnya susah nambah pas2an mepet garis hijau muda KMS rasanya saya ngga puas dgn pertumbuhannya sampai saya ke DSA anak saya sangat aktif & jarang sakit cuma badannya kurus sampai di DSA "sepertinya ortunya yang sakit" 😳 dibilang gituuu... sampai 2 orang DSA yang saya datangi Saya ngga dapat vitamin/susu apa2, cuma nasihat aja supaya ngga perlu cemas. semoga kondisi anak bunda bukan kondisi yang perlu dicemaskan ya... selama dia aktif & sehat 😊

Đọc thêm
1y trước

namanya ibuk ya Bun liat badan anak gitu , apa lg suka di bandingin itu tu sedih bener . makasih banyak Bun ilmunya

kalau km merasa anakmu kurus, ksh sufor aja tiap anak minta atau pas sore dan malam bun, lalu ksh belcube di menu makannya, di anaknya ipar ak sih ngaruh, padattt badannya, usia 3thn 5bln bb nya 20kg, trs anak km batuknya jangka panjang? soalnya kemarin ad selebgram yg ak lupa namanya, anaknya kena TBC, jdny kurus di bawah grafik timbangan bb anak, jd sebaiknya lgsg di cek ke dokter spesialis anak, ksh tau keluhannya ke dokternya, jd bs tau kira2 apa yang mau di cek.

Đọc thêm
1y trước

iya bun @Ray ; anaknya emang ga susah makan, ngemil, kdg uda selesai makan nasi msh bs mnta sufor, nampak buah minta buah, snack juga di batasin, jd bkn gemuk anaknya, tp lebih ke padat, kalo d pegang badannya ga lembek bun, tp lebih ke keras gt, aplg anakny aktif tiap hr main ampe keringatan mulu trs laper cari cemilan lg, bs buka kulkas ambil belcube, yakult, jelly, mngkin ini booster bb nya secara kita ga sadarin bun, lalu yg ak perhatikan dr ipar ak bun, kalo jam makan hrs on time, anak gamau makan tetep d suru duduk pelan2 makan.

ya bilang aja k dsa nya bb uda lama stuck tkt ada skt yg gk ketauan pdhl makan oke. blg gtu k dsa nanti juga dsa ngerti kok harus cek lab apa ga. kitanya jg harus cerewet bun klo konsul ama dokter. blg bb anak seret tkt kekurangan zat besi, atau anemia, atau bahkan tb paru. ntr dokter juga awere kok harus ngasi tindakan apa. setau aku bb anak seret ada bnyak faktor ya itu slah satu nya bs jd tb paru lg musim soalnya bun.

Đọc thêm

bun, kurus gemuk jangan pake perasaan 😅 silakan tandai di grafik buku KIA. belakang2nya ada juga yang perbandingan tinggi dan berat. soalnya anak bunda kayaknya tinggi ya, udah 88cm. btw memperbaiki menu bisa jadi bukan sekedar dikomplitin. pelan2 memperbanyak porsi, kurangi ciki, atau tambahin susu bisa juga loh.

Đọc thêm
1y trước

salahnya yang banding2in berarti. anak tinggi BB normal emang kelihatan ramping, tapi itu ga stunting atau kurus kok.

Coba langsung ke dsa aja bu, tiap bulan gimana? Naik kah bb anaknya? anakku wkt itu 2th bb ny 10,8kg disuruh ngejar naikin, wkt itu dsa anakku cuma nyaranin kasih uht yg full cream kalau bisa, dirutinin sehari maksimal 500ml.

Thành viên VIP

Fokusnya bukan gemuk kurus, karena gemuk dan kurus bukan patokan si anak sehat. Lihat grafik kenaikannya tiap bulan gimana. Kalo seret atau melandai padahal makannya oke dengan menu lengkap ya berarti ada masalah.

Menurutku ya bun coba ke DSA aja biar dilihat grafiknya, biar bunda juga tenang gak overthingking kalau udah ada jawaban dari dokter langsung.

1y trước

Di cari2 info DSA yang informatif/rekomend aja dulu bun, biar gak ganti2 DSA.