Apa saja yang harus saya pertimbangkan dan persiapkan untuk anak 3 tahun yang akan segera tk??

Anak saya 3 tahun bulan ini,, bicara lumayan lancar,, mengerti perintah,, kurangnya di toilet training aja yang belum lulus,, menurut bunda apa saja yang harus saya checklist agar tau apakah anak saya sudah siap sekolah atau belum?

12 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

pengalaman ku pribadi kebetulan anakku juga 3th udah masuk playgroup. anakku masuk dari bulan februari, awal masuk anakku belum toilet training masih pake pospak. baru lulus toilet training bulan lalu. pas memutuskan toilet full tanpa diapers aku bilang ke gurunya di sekolah kalau anakku lagi toilet training mohon minta bantuan sekiranya anakku di tawarin pipis di toilet setiap 30 menit sekali. Alhamdulillah gurunya berkenan malah dukung anakku 100% kasih support, ngasih tau harus pipis dimana tp emang anakku gamau pipis di sekolah, ga pernah ngompol juga di sekolah. (selalu bawa celana ganti di tas) kalau di sekolah anakku Playgroup mulai 3th dengan syarat bisa komunikasi 2 arah.

Đọc thêm

menurut sya yg paling penting itu ada 3 bunda yg ananda harus bisa 1.bisa lulus toilet training dulu dri rumah bunda, jadi masuk skolah sdh tdk ada pakai2 pampers, dan ananda bisa mengungkapkan kebutuhannya seperti mau pipis/bab 2.ananda bisa secara sadar bertanggung jawab atas barang sndiri sperti membereskan mainan setelah bermain dan makan minum sendiri tanpa bantuan disuapin. 3. mau sekolah dan berani sendiri di sekolah tanpa ditunggu orang tua/tdk menangis ketika ditinggal orgtua. sy rasa itu bunda poin2 utamanya. adapun yg lain2 bisa sambil belajar di sekolah. 🙏

Đọc thêm

anaku 3.5th masih belajar dirumah bund... rencana tahun depan br masuk tk selama 2th...klo anaknya sih sudah bisa nulis angka 01234..berhitung 1-25.. berhitung pake b.inggris 1-10..juga bisa.. udah lepas Pampers usia 21 bulan..Alhamdulillah kalo diajak komunikasi juga ngerti.klo ngaji baru iqro 1 bund..itupun br beberapa halaman...tp kendalanya klo dah main at kumpul sama temennya GK mau pulang...klo dipaksa pulang yg ad tantrum...makay blm saya skolahin...

Đọc thêm
Thành viên VIP

anakku pas 3 tahun masuk bimba, yg kelasnya cuma 4 orang paling banyak, dan tidak boleh di tungguin sama orangtuanya jadi anakku pertama masuk bimba di lepas tanpa pantauan orangtua, alhamdulillah bisa kepantau sama miss nya dan itu juga anakku belum lulus training toilet kalau pipis dia ngomong, tapi kalau bab dia belum bisa, awalnya pakai diapers tapi aku lepas dan miss nya juga ga masalah alhamdulillah sekarang udah lulus training toilet.

Đọc thêm

masih kecil mak 3 tahun sekolah tk. anak saya 2,11bulan ngga kepikiran disekolahin. di kota saya ada les basicnya montessori, saya prefer masukin situ krn pertemuan cm 1x/minggu dan isinya main buat melatih fokus. kalo di tempat tinggal kamu ada tempat kyk gitu or ada daycare, mending cobain aja dulu. kalo ngga, mending stimulasi sendiri di rumah.

Đọc thêm

Yang penting anaknya mau dulu kak, dulu jg adekku masuk tk 3 thn playgroup gitu dengan alasan mamahku kasian liatnya temennya udah pada sekolah. Terus pas dicoba adekku mau jadi mamahku gak pusing jg udh kebiasa di tahun berikutnya gak cranky kayak anak lain awal masuk sekolah nangis gitu2

yg penting anaknya mau aja dlu bun sekolah,selama dia happy di sekolah yg lainnya insyaAllah akan menyesuaikan. yg perlu disiapkan ya dia hrs siap ga ditemenin bunda aja selama beberapa jam nnti

anakku 3 tahun udah dimasukin PAUD yang perlu diperhatikan anaknya siap apa ngga, bisa sosialisasi apa ngga, takutnya dia tipe anak yang penakut kan.

edukasi seksual juga penting bun. banyak contohnya bunda bisa buka youtube. penting nya anak tau anggota tubuh yg boleh/tidak dipegang orang lain.

saya masuk sd usia 5th bun, ga pernah ke wc karena takut menurut saya ceklis nya paling komunikasi 2 arah, sm kemauan nya utk sekolah ada ..