tb paru aktif

Selamat siang bunda. Sy ibu menyusui yg didiagnosa dokter dg tb paru aktif. Anak sy baru 1m23d. Sepertinya sdh dari hamil sy sudah terkena tb paru karna terdapat benjolan di leher pas awal hamil. Apa anak yg sy susui akan tertular lewat asi bun? Gejala anak terkena tb seperti apa bun? Mungkin bunda2 disini ada yg pengalaman bun minta tolong sarannya. Terima kasih

5 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Waktu 2 mnggu lalu aq di suruh tes leb buat ibu hamil kata bidan fungsi y buat mengetahui ibu terjangkit penyakit yg di tes ap ga, kalo seandainya sih ibu pas di tes leb terkena penyakit nanti langsung di obati biar ank yg di kandung tdk tertular. Bunda waktu hamil tes leb ga Bun?

5y trước

Semoga ga ad yg serius yah Bun aamiin. Syafakillah bunda.

tbc tidak menular bun lewat ASI, masih boleh di susui. utk bayinya coba konsul ke dokter bu, biasanya dilakukan tes mantoux dulu utk tau apakah tertular tbc atau tidak, kalo tidak biasanya dikasih obat utk pencegahan juga bu selama 6 bulan.

5y trước

Baik bun terima kasih sarannya🙏

TB paru tidak menular melalui ASI, tapi menular melalui udara saat bunda bersin atau batuk. Jd disarankan selalu pakai masker. Untuk bayinya bisa konsul ke dsa, kadang ada yg perlu diberi obat untuk mencegah penularan.

5y trước

Baik bun terima kasih tanggapannya ya🙏

Konsultasi aja ke dokter apa bagaimana cara meminimalisir resiko dede tertular. Cara mencegah tb pada bayi juga sudah ada vaksinnya gratis dri pemerintah. Jdi sebaiknya ddnya di imunisasi ya utk mncegah juha

5y trước

Iya baik bun terima kasih🙏

Tidak menular Bun. Bunda bisa mengASI hi dengan masker atau pumping.