KB yg tepat

Saya dr awal menikah KB kalender. Ada rencana mau ganti kalau anak sudah 2. Menurut bunda KB apa yg aman dan tepat karna saya awam sekali masalah KB #bantusharing #seriusnanya

2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Chuyên gia

Hai bunda, jenis kb itu ada banyak sekali jenisnya ya bun. nah untuk yg aman sebaiknya ganti ke kb yg tidak alami (kb kalender merupakan kb alami). apa saja kb yg tidak alami? ada kb suntik, ada pil, ada implan (yg dimasukkan kebawah kulit) dan ada kb iud (masukkan dalam rahim). nah smuanya punya kelebihan dan kekurangan masing2 namun sedikit lebih pasti dalam menunda kehamilan (efektivitasnya cukup tinggi dibandingkan kb alami). untuk suntik sendiri ada yg 1 bulan dan 3 bulan, 3 bulan jika bunda sedang dalam masa menyusui, kb pil ada juga yg untuk menyusui dan tidak menyusui. umumnya yg dapat mengganggu proses produksi ASI adalah kb 1 bulan dan pil kombinasi. nah jenis suntik dan pil itu adalah jenis kb jangka pendek. artinya setiap bulan atau setiap beberapa bulan sekali perlu disuntik ulang atau dibeli pil yg baru. dan pil membutuhkan daya ingat yg kuat ya bun untuk menghindari kejadian lupa minum pil. sedangkan implan dan iud adalah jenis kb jangka panjang, implan dipasang dalam jangka waktu 3-5 tahunan dan iud dalam jangka 5-10 tahun tergantung dari jenis yg dipakai. nah kb dengan hormon seperti suntik, pil dan implan biasanya kecenderungan untuk terjadi perubahan bb (naik atau turun) umum terjadi, flek juga sering mewarnai ya bun, sedangkan iud karna pemasangannya didalam rahim tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman saat dipasang dan efek samping yg umum terjadi haid akan sedikit lebih lama. nah untuk jenis pil tadi bunda bisa minta ke bidan jenis pil yg sesuai kebutuhan bunda, krna ada beberapa pil yg tidak menimbulkan perubahan bb yg berarti. smoga info ini dapat membantu bunda dalam memahami sedikit ya bun dan bunda sudah ada gambaran ingin pakai yg mana.

Đọc thêm
Thành viên VIP

KB cocok2an setiap orang, bunda. tergantung tubuh nya cocok yang mana. ada baiknya konsultasikan ke dokter kandungan ☺. tapi saran saya, jika mau KB jangka panjang bisa pakai IUD ☺.