Heran sama yg julid, manfaatnya apa?

Kadang saya ngerasa heran bun sm yg julid sm postingan2 tertentu yg masih dlm batas wajar, bkn yg aneh2 trs dikomen julid sm bunda2 dsni. Dalihnya hak netizen utk komentar krn forum publik, dsb. Auto hujat. Saya ga ngerti apa manfaat hbs menghujat atau julid-in org kaya gtu. Trs biasanya cm brni pakai anonim lagi. Mending klo g bsa kasih nasehat/masukan/komentar yg baik lbh baik diam. Dan klo mau mengkritik ssuatu rasanya bisa kita pakai adab dan cara berbicara dan berbahasa yg baik krn mncerminkan bagaimana pribadi kita dan bagaimana kita diajarkan dlm keluarga. Smga kita bkn trmasuk bunda2 yg komen julid pakai anonim yg ga bs ngasih masukan yg baik.

33 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Sama halnya seperti beberapa bunda yang mengatakan *pengemis* kepada bunda lain yang mencoba meminta lungsuran baju baby atau perlengkapan baby lainnya. Padahal bunda bunda yang meminta tersebut tidak semata mata meminta. Tapi dipancing dengan adanya postingan seorang bunda yang menawarkan *apabila ada yang membutuhkan lungsuran pakaian baby bisa komen disertakan nomor wa dan alamat* Menurut saya wajar jika banyak komen dan bilang mau. Mungkin karena memang sangat membutuhkan. Kondisi finansial seseorang tidak pernah sama. Ada yang bergantung hanya dari suami, ada yang bergantung dari orangtuanya saja, ada juga yang mati matian berusaha seorang diri. Dari luar terlihat mampu, belum tentu aslinya semampu itu hanya untuk mendapatkan satu stel pakaian. Saran sih buat bunda yang lain, kalau memang tidak ingin memberi tolonglah, jangan pakai kata *pengemis* Ini media sosial. Dimana kita semua yang tergabung adalah orang orang yang berharap bisa sharing untuk mendapatkan ilmu dan menambah banyak teman. Sedih rasanya bila ingat kata kata *pengemis* yang saya temui semalam. Seakan yang mampu itu bebas menghina dan yang tidak mampu bebas dihina.

Đọc thêm
5y trước

Setuju sy Bun Menjaga perasaan orang lain,baik2 dlm berkomentar,apa LG sdg hamil

Y dmulai dari diri qt sendiri aja bun..yg ptg sbisa mgkin qt gk ngejulid in org lah.. Klo mslh manfaat q pribadi sih ngrasa malah nambah dosa aja.. Nyakitin org.. Tp kdg salah paham pun bs bun.. Org q pnah ksh komentar apa eeeeh dikira ny q julid.. Padahal gk ad mksd hati pgn julid.. Cm q ksh saran aj k org.. Sblm tanya mbok y baca" diartikel tap itu udh sering diulas knp gk baca.. Toh bnk baca jg ky ngajarin blajar anak sejak dlm kandungan kn.. Ah tp yg namany org sdri",beda karakter, beda kebiasaan, beda tingkat pemahaman.. #hehe..+curhat

Đọc thêm

Begitulah Bun.. seorang pengecut tidak akan menampakan siapa dirinya.. mereka mengunakan anonim untuk menghujat seseorang agar tidak terlihat oleh yang lain siapa identitas aslinya.. tapi anonim lupa Allah.. tuhan.. maha tau.. biarlah.. si anonim menghujat semaunya.. tanya sendiri yang akan menerima balasanya nanti kelak.. bukan kah itu lebih pedih? Ketimbang melayani dg sama2 menghujat mending.. biarkan saja..

Đọc thêm
5y trước

Begitulah Bun .. mananya jg pengecut.. beraninya di belakang Bun, mereka mungkin bisa menutupi identitasnya.. tapi.. tidak bisa menutupi aib nya sendiri.. dg seperti itu, Mereka mungkin puas.. tapi mereka membuka aib dari sifatnya sendiri..niat ya ngorek aib orang tapi tanpa mereka sadari justru aib dirinya lah yg akhir nya kebuka, mulai dari stalking akun orang lain.. di cari2 kesalahan org lain setelah itu d sebarluaskan.. seolah dia sendiri maha benar.. padalah yg di lakukan justru mencederai akhlak nya sendiri.. na'uzzubillah.. semoga kita di jauhkan orang2 yg berniat dzolim kepada kita Bun.. aamiin..

Saya kadang bales komentar yg mencak2 keras jika ada bunda2 yg post kondisi bayi nya udh parah dan perlu pertolongan segera tpp malah tanya dan kirim foto ke aplikasi ini. Klo yg wajar2 aja sih saya gak komen atau mungkin cuma ucapan selamat atau yg sabar saja.

Sy pernah d komentari julid bun... Rasany luar biasa sakit banget ke hati... Karna tau rasany d julitin itu sakit bnget,maka dr itu aq sllu berusaha untuk tdk julid komen ke orang.. Lebih baik diem, ngk usa komen ketimbang ngejulid.

iya bund... skdar nnya malah di buly di julidin...yaaah semoga kita sabar ya bund...walaupun mreka pake anonim mngkin kita ga tau...tapi Allah Maha Tau..Allah ga akan salah ko bund...

Setuju bunnn,, gedek banget sama yang suka komen julid tapi berani nya pake akun anonim, mana kadang bahasa nya kasar banget lagi padahal asli nya pengecut dia mah..

5y trước

Apa lagi kalo nanya ttg tespack 😂 auto hujat itu mah. Kaya saya pertama pake aplikasi ini n pertama nanya saking seneng nya dpt garis 2 samar. Tp mertua n kk ipar bilang itu salah tes alias gagal. N meyakinkan kalo saya ga hamil. Jd retak hancur hati sy makanya nanya ke aplikasi. Apa guna nya buat akun d sini n punya banyak teman bunda buat curhat. Eeehh malah di hujat katanya cari point doang. Dan akun ny anonim. Juga pd saat it saya ga ngerti ttg point2. Ternyata skrg baru ngerti anonim it pengguna d sembunyikan n point it adalah reward setiap masuk, beri tanggapan, dan bertanya. Hahahaha keseeelllllll aku tuh 🤣

Betul bun...meskipun gak ketemu secara langsung sudah seharusnya menjaga perasaan orang lain.kalau tidak bisa bertutur kata baik,lebih baik diam.

Lagi pms mungkin bundanya yg julid ya. Butuh pelampiasan setelah keriweuhan di rumah mungkin juga. Apapun itu, julid gak baik juga sih.

Mungkin tangannya gatel bun kalau ga julid 😅mudah2han lebih banyak bunda lagi yang bisa bersikap bijaksana dalam berkomentar ☺