Apa dampak kipas angin dan AC bagi bayi?

Halo bunda. Saya mempunyai bayi berusia 10 bulan. Anak saya sering berkeringat dan merasa gerah. Sudah pakai kipas angin namun masih terasa panas udara sekitarnya. Saya berencana pasang AC di kamar, apa ini pilihan yang tepat? bagaimana dengan dampaknya nanti? mohon sharingnya bunda. Saya Lia di Muara Bungo, Jambi.

31 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Saya setiap hari kena AC hampir 24jam, yang namanya bayi ya keluar kamar ngapain sih bun paling cuma bentaran aja spt mandi, sun bathing, terus main aja bentar paling total di luar ruangan 3-4jam sisanya di kamar, nyusu juga di kamar. Alhamdulillah sejauh ini tidak ada dampak apapun untuk saya dan anak, malah tidur anak semakin nyenyak krn tidak gerah. Klo kipas angin, saya gak bisa tidur pakai kipas angin, anginnya itu lama2 bikin saya pusing, malah selalu berujung meriang klo pakai kipas angin. (ini case saya ya) klo adanya kipas angin saya lebih pilih buka jendela dg gordyn tetap terpasang, jd hembusan angin gak langsung masuk, meskipun itu malam hari, atau lebih pilih bekeringat drpd pake kipas angin, dan anak saya juga tidak pake kipas angin takut meriang juga, krn saya pikir saya yg dewasa aja bisa meriang krn dinginnya kipas. Dingin yg dihasilkan dr AC & kipas angin itu beda.

Đọc thêm

gpp bun beda2 tergantung anak sih. anak pertama sy kuat bgt sm AC dari lahir,tahan bgt sm udara dingin deh. tp anak kedua sy kebalikannya,ga bisa kena dingin,bahkan kipas angin pun harus diarahin ke arah lain,masih usia 2,5 bulan kalau kedinginan atau kena kipas langsung sering jd kembung dan muntah mulu jadinya. bahkan kemarin diajak ke bandung,pas malem tangannya langsung biru kedinginan padahal pakai sarung tangan dan dibedong. jd ke setiap anak kynya beda sih bun efeknya,lihat aja setelah pakai ac anaknya gimana,ada masalah ga, selama ga berlebihan dan AC nya dirawat yg bener insyaAllah gapapa bun

Đọc thêm

emng sekarang hawa panas bun dimana2 pakai kipas angin juga kadang masih panas... gk yg kecil gk yg dewasa😂😂.. kl bundanya udh bneran pas mau pasang AC y gpp bun gk ada salahnya juga... dampaknya bs dilihat nnti reaksi si baby gimana setelah bbrp hr... untuk babynya karena sering gerah y dipakai in baju yg nyaman aja bun... makanyan dr dulu aq baju bayi yg panjang gk pernh kepake bun😂dan yg kedua ini gk q belikan baju lengan panjang.. sampai skrg ank pakai kipas angin tp y digeleng2 bun jgn dipanjer

Đọc thêm
Thành viên VIP

Pakai AC lebih baik drpd kipas angin, tapi tetap bukan berarti full 24 jam pakai AC hanya supaya anak tidak berkeringat.. karena anak juga butuh mengeluarkan keringat untuk detoksifikasi. Kalo saya mempraktekkan di anak sulung saya pakai AC hanya di jam tidur malam.. sesekali di jam tidur siang jika memang cuaca sedang terik sekali, jika masih bisa mengandalkan kipas angin (kecil saja putarannya) serta ventilasi udara maka tidak akan saya berikan AC.. bangun tidur anak lebih segar krna agak berkeringat..

Đọc thêm
Thành viên VIP

kl ak si prefer AC krn dampak kipas angin di ak, suami dan ank lebih makin ber-keringatan uda gt keringat dingin spt masuk angin krn mmg kita sekeluarga ga bs pakai kipas angin, trs jg badan jd merah2. Sbnrnya kalo dampak ke bayik itu lebih ke penggunaan hari2 aja mom, kalo pakai kipas angin ya jgn sering2 pantulkan ke bayi trs jg kan hrs extra bersih jgn sampai ber-debu, ya sm hal nya dgn penggunaan AC jg butuh perawatan 2bulan sekali menurutku biar AC ttp terjaga kebersihan ny dan msh bnyk lagi.

Đọc thêm

kalo saya pake air cooler Bun.. awalnya pake kipas angin, tp rasanya kayak masih panas soalnya udara panasnya cuma muter aja.. akhirnya coba beli air cooler, kerasa lebih sejuk anginnya krn ada filternya dan pake es batu gel.. emang sih gak sesejuk AC dan rada ribet isi ulang es batu nya, tp menurut saya lebih hemat drpd AC, terus ruangannya gak harus tertutup rapat jg, jd udara luar masih bisa masuk..

Đọc thêm

Bun, lebih baik ac daripada kipas angin. Kata dokter anakku. Anakku dari lahir sampai sekaranh pakai ac, kalau ga pakai wah bisa mandi keringet 😂 Yang penting jangan terlalu dingin, kalau aku disarankan dokter anakku diatas 24 derajat (ini beda2 soalnya dokter anakku yg lain boleh di 23derajat) usahakan angin ac tidak mengarah langsung ke anak, dan rajin bersihkan/cuci ac

Đọc thêm
Thành viên VIP

dampaknya anak ga kepanasan bun 😅 saya tinggal d bekasi.. siang puanas pool.. siang kipas angin.. kalau malam baru pake ac, kadang saya udah kedinginan dan selimutan, anak saya ga mau d selimutin.. bisa banjir keringat dia kalau malam ga pake AC.. bayi itu kepekaannya sama suhu udara beda dg orang dewasa.. mereka lebih gampang gerah..

Đọc thêm

Anak saya juga pake AC bun dari lahir sampai skrng 9 bulan, karna anakny gerahan. Apalagi pas udah aktif bgt umur segini tambah banjir keringatnya, pake kipas suka ga mempan malah udara panas doang keputer-puter 🥹 Cuaca di daerah saya juga tergolong panas banget, anak suka gelisah tidur kalo kepanasan.

Đọc thêm

klo dampak sii tergantung penggunaannya aja bun,anaku dari nb sampe skarang umur 2thn full pake kipas angin,skarang malah pake 3 kipas angin sekaligus krn dsini panas apalgi klo siang,tp kipasnya aku pantulin ke atas/tembok biar anginnya gk lngsung kena ke anak,sampe skarang aman2 aja bun