MPASI

Hai bunda, aku mau tanya. Tanggal 25 besok anakku sudah 6 bulan dan sudah bisa MPASI. Tapi kemarin sewaktu aku imunisasi ke bidan, bidan menanyakan apa sudha diberi makan atau belum. Saya bilang belum karena belum 6 bulan. Tapi bidan bilang sudah boleh diberi makan sedikit sedikit dari 4 bulan. Biar dia siap makan pas 6 bulannya. Saya bilang lagi memang tidak apa-apa. Beliau bilang gapapa selagi dia sudah ada tanda-tanda keinginan untuk makan seperti terlihat mengunyah saat lihat orang lain makan atau mau mengambil makanan jika kita sedang makan. Memang anakku sudah ada tanda-tanda seperti itu bun. Tapi aku belum berani beri anakku makan karena belum 6 bulan. Ibuku juga bilang jangan dulu diberi makan nanti aja pas sudah 6 bulan. Kira-kira saran bidan tersebut benar atau tidak ya bun? Saya bingung, karena kan saya tahu langsung dari bidannya. Bukan dari ibu baru yg awam seperti saya.

2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Ada benar nya tapi ada juga salahnya. Yg pasti pencernaan anak normalnya memang sdh siap menerima makanan selai asi atau sufor itu mulai usia 4 bulan. Tapi bukan berarti harus diksh makan mulai dr usia 4 bulan itu yg salah. Ada beberapa kondisi atau ciri2 anak sdh siap makan sebelum usia 6 bulan diantaranya leher dan kepala bayi sudah tegak bayi sudah bisa mengontrol sendiri leher dan kepalanya, tertarik pada saat org dewasa makan, saat disuapi makanan merespon dgn baik dapat menggerakkan rahang atas bawah nya seperti sedang mengunyah, dan tanda2 ini pun gak bisa langsung begitu aja dijadikan patokan hrs di evaluasi dulu oleh dokter anak jadi emang gak bisa sembarangan ngasih makan bayi yg belum genap 6 bulan.

Đọc thêm
5y trước

Kenaikan 200gr itu udh brp bulan bun? Seharusnya kalo sdh 2 bulan berturut2 langsung ke dsa krn ada beberapa faktor bayi bisa naik bb nya seret. Kaya anak sy awal naiknya cuma 100gr ternyata ada tongue tie di lidahnya makanaya gak bisa menghisap nanen ďgn sempurna.

Kok bingung bun? Ya nggak boleh lah.

5y trước

Iya bun, saya bingungnya karena bidan malah bilang 4 bulan boleh dikasih makan. Setau saya 6 bulan baru boleh. Atau memang saya yg kurang up to date cari informasi mengenai MPASI.