Kambing untuk aqiqah

Bund anak saya cowok mau di aqiqah .. bolehkah hanya dengan sembelih 1 ekor kambing ?? Atau harus 2 kambing??? #seriusnanya #bantusharing #pleasehelp #ingintahu

26 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dari hadits Ummu Kurzin al-Ka'biyyah ketika dia bertanya kepada beliau tentang aqiqah, lalu beliau menjawab: «عَنِ الغُلَامِ شَاتَانِ، وَعَنِ الأُنْثَى وَاحِدَةٌ، وَلَا يَضُرُّكُمْ ذُكْرَانًا كُنَّ أَمْ إِنَاثًا» "Bayi laki-laki dengan dua ekor kambing/domba, sedangkan bayi perempuan dengan satu ekor kambing/domba, dan tidak masalah bagi kalian apakah kambing/domba tersebut jantan atau betina." 📂 (HR. Abu Dawud no. 2835, at-Tirmidzy no. 1516, an-Nasa'iy no. 4217. Ibnul Qayyim menilainya shahih dalam Tuhfatul Maulud, hlm. 50 dan al-Albany dalam Shahih al-Jami' ash-Shaghir no. 4106 dan Irwaul Ghalil, jilid 4 hlm. 391)

Đọc thêm

kalo bunda kuatnya satu dulu gpp. soalnya Aqiqah ada waktunya dihari ke 3. 7 atau 21 kelahiran anak. setelah itu penyembelihan hewan dianggap sedekah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW menyembelih kambing (akikah) untuk Hasan bin Ali bin Abi Thalib dan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi SAW, masing-masing satu kambing. semua tergantung keyakinan bun. ada yg bilang 2 ekor untuk laki2 ada yg bilang semampunya.

Đọc thêm

menurut agama Islam emang dalam keterangan kitab fiqih bab aqiqah wajib Bun harus dua untuk anak laki laki cuman kembali lagi dengan kemampuan kita jadi di cicil satu dulu juga boleh Bun nanti satu lagi nyusul yang penting niatnya ,,,Islam tidak menyusahkan umatnya Bun☺️☺️

8mo trước

Oh gitu, saya baru tau, terima kasih infonya

Thành viên VIP

harus 2 kambing bun. kalau danannya baru ada 1 kambing, lebih baik ditunggu dulu dan nabung lagi sampai bisa jadi 2 kambing. aqiqah kan boleh ketika sudah mampu bun..

wajib 2 buk. kalo bisa usahakn kambing nya dua2nya yang jantan 👍 tapi kalo ga ada. yang betina juga gppa. tapi kalo blom ada dananya bisa dtunda dulu kok.

Đọc thêm

aku mau tanya juga nih gimana kalau aqiqah dengan perusahaan, misal kayak aqiqah plus? kalau dihitung² kayaknya lebih murah daripada beli kambing masak sendiri

8mo trước

setauku sih boleh catering gitu, gak harus diliat proses sembelihnya. Tapi catering yang terpercaya bun. Aku gak pakai catering, jadi ke tukang kambing langsung, mahal bgt, habis hampir 10jt. Agak nyesel gitu kenapa ditukang kambing 😅 kenapa gak dicateringan, setidaknya menunya bukan hanya gulai dan sate kambing aja..

kalau laki2 harus 2 bun. kalau belum bisa kebeli 2 ditabung dlu aja nnti pas udh kumpul uangnya baru beli 2. aqiqah bisa kapan aja kok

Tp kmrin tetangga ku satu bun. Sgtu dia lakinya ustd yang ngerti. Ktanya satu dlu nnti kalau ada rezki lgi tambah 1 lgi. Ktanya gpp.

Thành viên VIP

wajib 2 mamss kalo masih ragu tanyakan ke ustadz nya yaa yg lebih paham. krn soal aqiqah ini harus sesuai syariat

Wajib 2 untuk anak laki laki, kalo emang belom ada dananya boleh di tunda kok. Aku baru aqiqahin anakku pas dia umur 16 bulan.