ASI BERLEBIHAN

bun saya mau tanya kalau berlebihan dalam memproduksi asi itu apa kelainan hormon ya ..? ? karena saya 1 hari bisa pompa 1000- 1200ml.. (usia baby 5bulan skrang).. padahal saya udah susukan langsung tapi slalu Payudara cepet isi lagi.. solusinya apa ya bun..?? saya sih berharap asi saya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit, yang penting tercukupi buat bayi saya.. karena ada ketidaknyamanan memiliki asi yang terlalu berlebihan seperti jalan2 keluar sebentar udah keras dan sakit lagi payudara mintak di kosongkan.. ini contoh foto saya pompa 1 payudara 240ml padahal ini selesai saya susukan ke bayinya..

ASI BERLEBIHAN
495 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Saya dulu waktu melahirkan anak pertama gitu bun alhamdulillah dikasih ASI melimpah ruah di susuin ke baby nya uda di pumping sehari saya bisa pumping 3.600 ml. Freezer ASI sampe penuh gag muat, sampe sering buang2 ASIP krn sdh kadarluasa😢. Ini bukan kelainan bun tapi rejeki banyak diluaran sana yg pengen punya ASI melimpah. Tapi saya dulu gag donorkan ASI saya krn banyak pertimbangan dan jika mendonorkan ASI harus screening dulu krn takut anak org nanti bisa tertular penyakit bawaan dari saya jika ada indikasi. Dan juga baby yg kita donor itu jadi anak sepersusuan ly nya anak kandung dan gag boleh di nikahkan dg anak kita, klo bisa sblm donor di pertimbangkan lagi aja bun.

Đọc thêm

Pernah jg ngerasain produksi asi berlebih, rasanya emg kurang nyaman. Apa lg sering ldr, si dede suka gelagepan dan ga jarang jdnya gumoh atau bahkan muntah setelah nenen. Blm lg bentar2 kudu pumping dan bener bun paling gaenak kl keluar rumah suka bingung kl pd udh berasa penuh mau pumping dmn😣 Tp skrg alhamdulillah udh ga sederes kmrn2 krn udh jarang pumping bun, awalnya emg asi merembes terus sampe ganti breastpad sehari bisa habis 5 pasang. Lama kelamaan berkurang krn udh ga pumping yah dan udh gapake breastpad lg, asi cukup untuk dede mimik aja dan ga repot2 pumping 3 jam sekali lg hehe

Đọc thêm

Iya bun menurut saya kalau emang ga mau keluarnya banyak jangan di pompa terus sampai kosong bun. Awal2 si sakit tapi lama2 produksi asi akan menyesuaikan kebutuhan. Kalau bunda pompa terus sampai kosong nanti produksi akan banyak terus. Saran saya pompa saja tapi ndak usah sampai kosong. Saya juga awal2 gtu bun. Malem juga bela2in mompa. Karna emg mau nyetok buat dikulkas krn mau ditinggal kerja si dedek. Saat stok dh banyak ya saya ga sering mompa lagi. Alhamdulillah asi dh ga terlalu cepet bengkak. 4/5 jam masih oke. Kalau buat dbf juga masih ngucur2 PD sebelahnya.

Đọc thêm
4y trước

Betul bun.. sepakat

Thành viên VIP

Alhamdulillah... saya juga begini bun sekarang di anak ke dua.. menyusui lgsg dan pumping utk disimpan.. sehari bisa simpan 6-8 kantong 120ml, pdhl sudah menyusui lgsg dan siapin dlm botol utk kakaknya..krn stoknya banyak, jd saya donorkan ke bayinya tmn, tp hanya tmn2 yg benar2 membutuhkan seperti bayi prematur/bayi kuning/ibunya meninggal.. saya jg di stok aja dlm kulkas asi, jaga2 klo nnt pas asi seret atau biasanya di atas 6 bulan produksi asi udh mulai berkurang, biar bisa kasi asi sampai 1 tahunan.. semangat Bun.. smg asinya banyak selalu..

Đọc thêm
Thành viên VIP

Wah sama mom, aku juga gini sampe 3 freezer khusus asi dan smpe skrg masih produksi trs, cm skrg aku lg turunin pelan2, kebanyakan asi emg pusing jg simpennya, aku smpe beli kulkas khusus asi 3. Tips nya kalo pd mengeras dan rembes (kayak aku juga) di kompres aja, jangan langsung pompa, nanti kelamaan bakal turun produksi nya, aku skali pompa biasanya 290ml 1 pd, skrg ud turun dkit jd 260ml, frekuensi jg dikurangin sedikit pumpingnya. Btw buat yg mau asi domisili jakarta aku mau sumbang ASIP, bs contact aku yah, thanks!

Đọc thêm
5y trước

Hai mom whientzya, utk sharing soal qty asi nanti kalo sempet aku bakal posting di feeds ku ya 🙏

Thành viên VIP

Prinsip ASI Kan semakin Kita sering nenin/mompa maka produksi ASI makin banyak . Kalo Saya pribadi sendiri alhamdulillah ASI saya juga banyak, Tp yg sudah Saya pompa Saya masukin ke gabag terus di bekukan di freezer menjaga² kalo nanti Saya sakit atau untuk campuran puree buah MPASI nanti . Kalo bunda tidak keberetan bisa bunda donorkan ASI, kalo bunda Muslim bunda harus tau siapa yg minum ASIP bunda , agar tidak jadi masalah/keribetan di suatu saat nanti karena saudara persusuab.

Đọc thêm
5y trước

Oia bun, kalo cara mengurangi produksi , pas PD bunda merasa bergetar/bengkak kompres pake air es bun. Itu bisa mengurangi produksi ASI.

alhamdulillah bun. bisa banyak sekarang shari pompa bisa smpai 500ml an bun tp ngga sampai sgtu. coba di flezer aj bun kalu sudh penuh boleh di donorkan bagi yang mmbtuhkan. klo sya kelebihan gtu pasti saya flezer. mungkn bunda ngga kecapean jd nya produksinya melimpah juga makannya banyak n bergizi bun. kl udh pekerja kers kaya pabrik gtu biasanya produksi asi berkurg bun tante2 sya bgitu soalnya, jd kl udh pompa lngsjng flezer

Đọc thêm

Mungkin ibu overproducer (saya jg heu). Saya juga sama dulu pompa 1hr 1x dalam 3w udh ke kumpul 5L (saya donasi semua soalnya anak saya dbf) - ini pas anak newborn bu. Pernah saya mastitis gara gara gak punya pompa -,- Skrg udh lumayan meskipun masih sering bocor. Coba jangan minum pre/post natal atau booster. Payudara dikompres AIR DINGIN. Dan coba kurangi frekuensi pompa karena bisa oversupply. Semangat bu!

Đọc thêm
5y trước

Iya ini bener bngt saya jg bgtu. Coba lakuin yg bunda ini bilang bund..

Thành viên VIP

Pelan2 dikurangi frekuensi pompanya bu. Krn prinsip ASI itu supply by demand, jd semakin sering ibu susukan + pompa ya pasti produksinya semakin banyak terus. Saya dulu juga gitu, pelan2 saya kurangi frekuensi pompanya. Misal hari pertama masih 7x, besoknya 6x, lusa 5x.. pelan2 & dirasa aja jabgan sampai sakit PDnya.. memang awalnya kerasa keras, penuh, tapi lama kelamaan produksi nya akan menyesuaikan

Đọc thêm

Saya juga bun... Alhamdulilah ASI banyak. Karena nggak asip jadi bingung juga sudah stop pumping karena itu bakal bikin ASI Makin banyak karena cepat kosong PD nya. Saya perah pakai tangan saya sisakan untuk minum baby aja bun. Awal2 Masih nggak nyaman skrng alhamdulilah tubuh merespon produksi ASI saya rasa udah agak terkendali lagi Dan baby bisa nenen dengan nyaman tanpa kewalahan lagi

Đọc thêm