ask.

bun mau tanya, kehamilan saya masuk 28 week tapi bakal asi saya sudah deras sekali dari usia kandungan saya 18 week, dan skrng makin deras bahkan sampai ngerembes ke baju/bh, saya pun sampai meriang karna bengker bgt.. mau coba di pompa boleh gak yaa?? bermasalah sama janin saya tidak yaa?? makasih..

6 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Bismillah.. Jika bunda tidak keluar ASI saat hamil, itu normal terjadi. gausah distimulasi apapun ya bunda.. 1. silakan bunda pencet payudara bunda untuk melihat apakah ada asi yg keluar/tidak. 2. jika tidak keluar, tidak apa2 ya bund. 3. umumnya, asi akan keluar pasca persalinan, jadi gaperlu khawatir ya bunda 🤗 itu penting untuk bayi saat imd, sebagai kekebalan tubuh. 3. tolong ya bunda2, gausah bandingkan tubuh bunda dengan bunda yg lainnya. fungsinya sama, hanya saja ada bunda lainnya yg bakal asinya sudah keluar saat hamil. 4. asi itu bisa dirangsang ya bunda, jadi bunda2 gausah takut asi ga keluar. rangsang dengan hisapan bayi. bunda bisa minta provider kesehatan untuk melakukan proses IMD. kalaupun terpaksa tidak bisa, gamasalah ya bund, saat bunda ketemu bayi bunda, bunda bisa tetap rangsang asi untuk keluar dengan hisapan bayi. 5. Untuk yg sudah keluar cairan kolostrumnya, ga masalah ya bund. Itupun hal yg normal terjadi. Disarankan untuk tidak distimulasi/dikeluarkan ya. 6. Pijat laktasi, bisa dilakukan setelah persalinan. 7. Apabila terjadi rembesan cairan, bunda disarankan untuk pakai breastpad (silakan searching di marketplace andalan masing2) 8. Apabila bunda terasa gatal pada PD, bunda bisa oles dengan VCO ya. 9. Merawat PD dengan tidak dibersihkan pake sabun yaa.

Đọc thêm

pake breastpad bund. baiknya tidak dipompa ya bund. kompres air hangat saja. melakukan sesuatu pada PD saat hamil, apalagi coba dikeluarkan, menimbulkan kontraksi. bunda bisa minum paracetamol untuk meredakan meriang.

Đọc thêm

Samaan bun.. ak hamil 28w tp udh keluar rembesan kolostrum dr uk 23w. Tp ak diemin aja gk ak apa"in. Rajin" bersihin diri aj.

Tar pas kontrol k bidan d tanyain aja bun biar jelas. Ngaruh enggaknya k janin

Kok punya q 29w malah blm keluar samsek ya 🤔

aku hamil 33 week blm kluar.. :(