Puasa

Bun mau tanya apa di perbolehkn ibu hamil puasa...jjur bun aq lagi hamil jadi gk puasa,puasa pertma sehari dan hbs itu gk lagi.. Tpi bun mertua ku mrah gra2 aku puasa cuman 1 hari aja,kata.a gk SAH fitrah kalo puasa sehari aja.. Trus bun kata.a cuma hamil pertma aja udah nggak puasa ? Aku jadi serba salah bun,aq puasa kasian janin.a nanti sedangkn aq mkan 1 hari sekli aja janin ku 3 hari gk grak2 bun ??

74 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Aku juga ga puasa sama sekali bun suami ga bolehin saya puasa selain juga saya memang takut bayi saya kenapa2, meski ga ada keluhan saya cari aman aja deh dari pada nanti timbul rasa bersalah sendiri. Mama dan mertua juga pernah nanya puasa apa engga, kita jawab aja engga takut kenapa2 sma calon baby nanti di fidyah dan qadha aja. Ga ada tuh julid2 apa lagi komen ini itu,, kita sudah gede bun, sudah berumah tangga, semua pilihan di tangan kita apalagi menyangkut diri sendiri. puasa tu ibadah urusan amal masing2, kenapa mertua sibukkkk bet dah. Mertuanya mungkin kurang faham agama, terlalu mencampuri yg ga perlu dia campuri.

Đọc thêm
4y trước

Mantap👍🏻

Thành viên VIP

Kalau kuat lanjutkan. Kalau gak puasa trs siangnya gak konsumsi makanan bergizi juga ya kayak kurang oke gt. Jd klo saran aku sih, pas sahur cukupi nutrisi. Tambah minum sari kacang hijau, minum susu, nasi+lauk pauknya yg sesuai. Waktu bangunnya lebih duluan aja. Pertama makan nasi+lauk. Jeda 10 menitan. Minumin susu. Jeda beberapa menit minumin sari kacang hijau. Jeda lagi minumin vitamin dr dokter/bidan. Setiap jeda minum air putih ya. Kalau masih muat perutnya, ada roti maem roti. Insha Allah tercukupi kok.

Đọc thêm

Aq puasa sampe hari ke 19 sekarang udah nggak soalnya sempet sakit pinggang sama perut bawah efek dehidrasi kayaknya dan sekarang gak puasa emg kerasa bgt bedanya badan jadi lebih seger dan janin juga aktif gak kaya pas puasa, aku malah pas puasa diomongin mulu gaboleh puasa jgn egois ibunya kuat janin belom tentu, akhirnya aku mikir lagi iya juga sih kalo dikasih umur tahun2 selanjutnya masih bisa puasa sedangkan hamil kan tahun ini aja, kalo pun hamil lagi pasti dikasih jarak.

Đọc thêm

Bagaimana keadaan bunda? Jika kondisi bunda baik dan kuat untuk berpuasa, maka silahkan untuk menunaikan ibadah puasa. Jika memang kondisi kehamilan bunda tidak kuat, maja tidak apa2 untuk tidak berpuasa. Bunda tm berapa? Kalau tm 2 dianjurkan untuk berpuasa, tapi kembali lagi kepada keadaan bunda. Konsultasi juga dengan dokter sebaiknnya bagaimana. Bolehkan puasa, atau puasanya selang seling, atau bahkan tidak berpuasa. Ikuti saran dokter saja bun.

Đọc thêm

Ga usah dengerin org bun. Aku aja diomongin mulu katanya ga puasa ntr anaknya gimana mau jd anak soleh atau solehah, tp aku mah bodo amat. Aku jawab aja ya kita mah kuat tp janin kita blm tentu kiat, emg kl ada apa" mau tanggung jawab? Aku mah mendingan suruh bayar utang puasa dan fidyah banyak biarin tp dede nya sehat. Ga mau egois dan dengerin org, org mah cm bisa ceramah tp giliran knp" dia gak akan mau tau..

Đọc thêm

Ga ada kewajiban puasa buat ibu hamil dan menyusui yg ga sanggup bun..islam tidak pernah memberatkan..ntar ganti fidyah aja atau puasa (ada beberapa pendapat ulama) Dalam dunia kesehatan pun ga disarankan puasa untuk bumil TM 1 dan TM 3.. berbahaya buat janin.. Buat bumil TM 2, boleh aja puasa asal kuat dan tidak ada masalah pada kandungannya.. Kalau pusing dan detak jantung/gerakan janin melemah, harus dibatalkan..

Đọc thêm
4y trước

Berarti balik lagi ke bunda, bisa tegas apa ga sama mertuanya.. Yg hamil kan bunda, bukan mertua.. Semangat bun..

Puasa boleh aja bun, tp tidak di wajibkan untuk ibu hamil.. Krn yg di utamakan itu gizi untuk anaknya yg di kandung.. Kalo gizi ibu tercukupin saat sahur dan buka puasa gak apa2 tp kalo nggak ya justu itu salah.. Kalo saran saya sih gak udah puasa.. Saya aja lg menyusui gak puasa bun, nti bayar fidiyah aja.. Insya Allah sama2 dpt pahala dan berkah krn menjaga anak tetep sehat

Đọc thêm

Jangan dilanjutkan puasanya bun kalau janinnya sampai ga gerak2 beberapa hari gitu. Kita bisa ganti dengan qodho dan bayar fidyah. Beri tahu mertua gimana keadaan janin bunda kalau diajak puasa. Kalau tetep ngeyel nyuruh puasa, sebaiknya hindari bertemu mertua dulu 😂 atau ajak mertuanya ke bidan biar dengerin saran dari bidan. Semoga sehat selalu bun.

Đọc thêm
4y trước

Hehhehehe iy itu bun... Amin mdhn bunda jga sehat

Aq dri awal puasa smpe skrng cuma puasa kurleb 10harian doang bun pas wktu awal* itupun kdng pagi harinya klw gk sore mesti mual* jdi skrng udh gk ikut puasa, kmren minggu ikut puasa tp jam 9.n mau muntah akhirnya aq batalin, seterusnya aq di larang ibuku ikut puasa takut knp* si dedek di tambah lagi aq ada penyakit asam lambung jg

Đọc thêm
Influencer của TAP

sy TM3 dekat HPL alhamdulillaah masih full puasa blm ada yg bolong bunda, dedek jg masih aktif seperti saat tdk sedang puasa, hasil kontrol juga bagus semua termasuk air ketuban dan kondisi bayi, positif thinking bunda, yg tahu kondisi kita saat berpuasa ya kita bukan oranglain🙏🏼🤗semoga sehat terus ya bunda dan dedeknya..

Đọc thêm