Cek ke dokter kandungan? Perlukah?

Alhamdulillah saya sudah hamil jalan 5 bulan, tapi saya belum pernah cek ke dokter kandungan. Hanya cek ke bidan saja. Perlu kah saya cek ke dokter kandungan atau cukup ke bidan saja? Mohon saran nya dong teman2, maklum saya baru hamil pertama kali...#seriusnanya #bantusharing

41 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

usg ke dr kandungan sekurang2nya 4x selama kehamilan ya bu 1x di trimester 1 (mendeteksi detak jantung janin, menilai ada tidaknya resiko cacat bawaan, melihat apakah kehamilan di dalam/luar rahim, menentukan HPL) 1x di trimester 2 (menentukan bb janin, posisi plasenta, jenis kelamin, pertumbuhan organ2 tubuh) 2x di trimester 3 (menilai posisi janin, ketuban cukup/ tidak, bb janin, kondisi plasenta) sebagai persiapan persalinan kalau bisa lebih sering tentu lebih baik (misal sebulan 1x)

Đọc thêm

kalo sehat2 aja ibu nya gak ada keluhan bayi di dlm jg aktif gak usah lah Bu ke dokter kandungan nanti aja kl mau ibu penasaran JK si bayi gimana jaman dlu gak ada USG USG sehat2 nya banyak bayi sampai lahirin 6 anak 7 anak jg sehat..kadang kedokter jg asal vonis aja ni tetangga saya di USG di vonis janin tdk berkembang harus di kuret ibunya gak mau skrg anaknya udh umur 2thn sehat skrg lincah suka main sepeda coba kl di iyakan itu dikuret 🤦🏼‍♀️

Đọc thêm
3y trước

Menurut sya harus tetap.periksa ke dokter bun, yah walaupun gak tiap bulan.. Sepupu suami jga gtu di bilang bayi ndak berkembang eh pas ke dokter lain Alhamdulillah sehat skrg anaknya udah kelas 3 sd, ada cerita lgi ibu teman sekolah anak sya, sama sekali ndak pernah kontrol dokter cuma sma bidan aja, pas cek kehamilan ke 8 bln sma bidan di suruh cek usg ke dokter ternyata babynya ndak punya tempurung kepala..

kalau bunda tanyanya perlu atau gak jawabannya jelas sangat perlu bunda. karena itu penting sekali. karena kita kan gaktau apa yg terjadi di dalam kandungan. misal ada masalah seperti air ketuban sedikit atau keruh, plasenta dibawah, ataupun dede kelilit ari2. itu semisal ya bunda. jadi kita kan bisa tau dan bisa mencegah agar tidak berlanjut sampai melahirkan. juga kita bisa melihat perkembangan janin kita.

Đọc thêm

saya dr 5w sampai sekarang jalan 28w setiap bulan Usg moms .. walau keluar uang lebih banyak tapi hati tenang .. klo ke bidan saya trauma , perut dipencet2 ampe kesakitan .. waktu 2019 saya nge flek, bidan bilang NGGA APA2 , ternyata saya cek Usg ke dokter harus dikuret sedih bgt karena saya keguguran .. entah dr mana itu bidan diagnosa saya sampe bilang ga apa2 padahal kondisi saya darurat waktu itu 😔

Đọc thêm
3y trước

iya di bidan perutku dipencet2 sakit bgt mak astaga

setau aku usg di awal kehamilan pnting bund , apalagi kalo dah tau hamil , untk mngtahui janin berkembang atau tidak , djj nya ada tidak , trus maaf amit2 tkt ada kelainan di janin .. ga usahh sering2 ga apa2 kok bund , di awal khamilan misalnya 8weeks. ,trus mau lanjut lagi misalnya masuk 4bln , trus usg lagi 7bln , gapapa .. yg pnting usg utk mlihat keadaan janin dlm perut kita ..

Đọc thêm

aku aja yg hamil 7 bulan ini udah kedokter kandungan dan USG aja udah 8 x. ke puskesmas 1 x karna suntik TT dan ke RS 2 x tes Hb dan lain. kepustu 1 x. ke bidan yang gak pernah. saya dari hamil pertama dan kedua gk pernh kebidan. sllu Konsul dengan. Dr SpOG. krna saya pun hamil nya program jadi obat hanya berani minum berdasarkan resep dokter. diluar dri itu. aku gk berani minum.

Đọc thêm
3y trước

bun waktu suntik TT kmren usia kandungan brapa bulan?

Periksa aja ke dokter bun, biar tau gmna keadaan janin nya. Saya kmrn pertama kali periksa uk 1 bulan krna gak tau kalau saya hamil. Pagi saya tespek trus tau positif, malam nya saya ke dokter. Alhmdulillah saya cepat ke dokter, krna kondisi nya kmrn kata dokter kandungan saya lemah. Dan di kasih obt penguat.. jadi gak ada salah nya bunda periksakan ke dokter ya..

Đọc thêm

Jangan pakek kata MAKLUM.. kenapa kata maklum selalu buat alasan, kalo baru hamil anak pertama ya harus lebih diperhatikan.. ke dokter kandungan kalo tidak bisa setiap bulan setidak nya selama hamil cek atau USG.. emang bunda engga mau liat perkembangan bayi dalam perutnya?

Klo saya tiap bulan ke dokter spesialis kandungan bund, skrng malah disuruh 2 minggu sekali periksanya krn biar tau posisi janin kyk gmn, keadaan janin di dlm kyk gmn, air ketuban, bbj, djj, ac, fl nya jg bund. Itu penting bngt. Biar lbh terkontrol semuanya 🙏🏻😊

Thành viên VIP

setidaknya USG mom di trisemester 1 1x, trisemester dua sebanyak 2x, dan trisemester tiga jg minimal 2x mom. USG penting untuk mengetahui letak plasenta, bbj janin, air ketuban dll. Kalau di bidan biasanya jarang di cek seperti itu karna tidak ada alat usg tsb.