Gimana sih cara Parents membatasi penggunaan gadget si Kecil?

Yuk, sharing di kolom tanggapan! #Sharing_dong_Bund #bantujawab #ingintahu

11 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Membatasi penggunaan gadget pada anak memang penting agar mereka tetap aktif dan fokus pada kegiatan lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba: 1. **Tetapkan Jadwal**: Buatlah jadwal penggunaan gadget yang jelas, misalnya hanya boleh menggunakan gadget setelah selesai melakukan tugas atau kegiatan tertentu, seperti belajar atau bermain di luar. 2. **Gunakan Gadget Bersama**: Ajak anak menggunakan gadget bersama sehingga kamu bisa memantau konten yang mereka akses dan juga berbagi pengalaman dengan mereka. 3. **Tentukan Zona Tanpa Gadget**: Buat area atau waktu tertentu di rumah, seperti saat makan malam atau sebelum tidur, di mana gadget tidak diperbolehkan. 4. **Berikan Alternatif**: Sediakan aktivitas lain yang menarik seperti buku, permainan kreatif, atau olahraga untuk menggantikan waktu gadget. 5. **Berikan Teladan**: Tunjukkan perilaku yang baik dengan tidak terlalu banyak menggunakan gadget di depan anak. Mereka cenderung meniru apa yang mereka lihat dari orang tua. Dengan menerapkan tips ini, diharapkan penggunaan gadget bisa lebih terkontrol dan anak tetap bisa menikmati berbagai aktivitas lain yang bermanfaat. https://shope.ee/9KMNPOoFkR

Đọc thêm

kalo saya memang tipenya tegas. anak nangis ya biasa. awalnya dulu yg kecil tantrum kalo minta hp. tp lama kelamaan ya dia ngerti nangispun ga bakal dikasih hp. anak kecil itu makhluk yg tahu rutinitas, tahu jadwal. kalo nangis trus kita turutin dia jg tahu kalo jurus nangisnya berhasil. anak saya skrg paham boleh main hp nya kalo sabtu sm minggu. itupun ga nonstop. untungnya hp yg buat mereka bukan hp yg canggih, dibeliin yg murah dan kebetulan udah drop baterenya. jd dipake game 2 jam udah low batere nya 😄.dan selain sabtu minggu mereka ga pernah minta hp. hpnya pun ga saya isi kartu, jd mereka main game yg ada aja. kalo mau game yg lain baru saya kasih hotspot tp saya bilang kalo kebanyakan game nanti lemot hpnya, jd game yg sebelumnya dihapus, mereka ga kenal YT, ga kenal TT.trus kalo mereka lihat ibu sm ayahnya sesekali main hp ya saya jelasin saja. nanti kalo udah besar, udah dewasa boleh main hp kyk ayah ibu, ayah ibu jg waktu seumur kalian ga tahu hp malahan. makanya mata kami masih bagus. kalo masih kecil keseringan main hp nanti mata bisa sakit. saya bilangin seperti itu mereka ngerti kok.

Đọc thêm

dari bayi anak saya tidak saya ajarkan untuk melihat bahkan sekedar memegang hp ... skrg sudah 3tahun sesekali saja saya kasih untuk melihat nya. diluar mau makan, mau apapun tetap saja ketegasan yg keluar kalau tidak mama yg beri jangan diminta... paling kalau lagi kumpul keluarga dia nonton sama yg lain itupun bosanan karena memang tidak dibiasakan... tapi kalau sudah terlanjur sedari bayi dikasih, ya cara nya memang tetap 1 tegas. mau dia nangis tetap harus tega untuk tidak memberi, selesai dia menangis baru kasih faham bahwa sekarang kamu mama batasi untuk bermain hp. lama2 dia pasti ngerti kok. cuma memang harus tega saat dia nangis kejer... atau lihat divideo2 parenting yg lain yg bunda rasa lebih baik cara nya... semangat Bun, jangan sampai candu nya main hp terbawa sampai dia besar sehingga kita memiliki rasa bersalah bahwa dahulu kita lah yg mengajari nya untuk pandai bermain hp...

Đọc thêm

sebetulnya dari bayi saya dan suami tidak memberikan gadget. kami membiarkan anak bermain dengan lingkungan, tidak jarang juga kami bawa main ke tempat wahana sembari berwisata, dan kami memberikan kesempatan untuk bermain dengan teman sebayanya. Tapi hampir semua teman2nya yg usia 5-7 tahun diberikan kebebasan oleh ortunya untuk bermain gadget jadi mau tidak mau anak kami jadi sering merengek ingin bermain gadget dengan alasan "itu teman2 aku juga main HP, main game, lihat YouTube". Selama ini yg kami perjuangkan agar jauh dari gadget berasa sia2. jadi sekarang maksimal kami beri waktu ½-1 jam perhari untuk main HP tapi di HP saya dan suami tidak ada YouTube dan playstore (di nonaktifkan). supaya tidak mengunduh game dan nonton yg tidak berbobot. hanya ada beberapa game edukasi dan YouTube kids saja.

Đọc thêm

kalo cara saya sendiri tuh kembali ke diri kita dulu sebagai orangtua, pernah gak maen hp di depan anak²,pernah gak kita mengabaikan atau bahkan ketika kita sibuk uprek ngerjain sesuatu biar si bocil gak rewel malah justru di kasih hp, dll. nahh kalo ada di salah satu tsb yaa gimana caranya biar si anak gak tergantungan lagi, contohnya ya kita pinter²aja gimana caranya si anak gak minta hp, dengan dikasih mainan baru, kesibukan baru, belajar hal baru yang bikin anak itu penasaran sama hal²baru sampe terbiasa. kita sebagai orangtua pun pinter²nyuri waktu kapan saatnya main hp biar si anak gak penasaran apa yg lagi di mainin sama kita

Đọc thêm

pemikirannya harusnya gini "sedari anak itu masih kecil jangan di ajari bermain ponsel, tapi ajari main yang selayaknya anak-anak usia dini mainkan.. dan harusnya sebagai orang tua ada waktu buat anaknya walaupun sesibuk apapun, jadi anak gak bakal gabut kaya orang dewasa.. misalnya ajak dia main ke taman atau tempat wisata sambil di ajari buat mengenal lingkungan, atau bisa di ajari edukasi² tentang anak² dan pembelajaran ilmu pengetahuan (agama dan umum) supaya tidak ada kasus anak kecanduan ponsel saat orang tuanya meminta waktunya "

Đọc thêm

kalo sy.. anaknya di ajak main bersama bun. Di ajak komunikasi, dan menyampaikan kalau anak usia mereka belum boleh liat hp sampai selesai kuliah. Awal2 memang susah, nangis, tp lama2 bisa. saya juga ga main hp di depan nya.. kalaupun main hp, dia sudah ga minta.

Đọc thêm

kalo aku mulai dari diri kita sndiri si , kalo memang tdk bekerja dn tdk harus standby gadget sebisa mngkin jangan sentuh selama bersma anak.

komitmen, hanya berikan gadget setelah dia mengerjakan kewajiban nya sebagai anak yaitu belajar, dan berikan batasan waktu.

Jgn d kasi,ajak bermain&B Erman mainnan edukasi,melatih sensor motorik y..