numpang nanya, semoga bisa membantu sesama yang bingung ya bunda cantik☺️

Yang mungkin sudah berpengalaman bunda2 tolong bantu jawab yahh... Saya punya saudara perempuan dia sedang hamil 5 bulan, entah karena ekonomi atau apa dia rencana mau melahirkan pake bpjs Sekarang sih sudah daftar tapi dia bilang kartu nya jadi setelah 3 bulan pendaftaran berarti saat usia kandungan dia sudah 8 bulan Selama dari 0 bulan dia priksa pake umum/ pribadi sedangkan kalo cari2 di google atau aplikasi tnya dokter dari 0 bulan harus priksa pake kartu bpjs ke faskes 1 untuk data bpjs nya. Pertanyaan nya apakah bisa dipake untuk melahirkan di rs kartu bpjs itu sedangkan kartu nya jadi waktu usia kehamilan 8 bulan, dia pernah op usus buntu diperutnya dan kemungkinan kata dokter kandungan yang dia priksa pasti operasi caesar ?

9 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Kalau pasti oeprasi bisa dirujuk dg bpjs di rs. Kalau ga ada tanda darurat lainnya agak susah. Setahu saya minimal di trimester akhir atau pernah sekali periksa dg dr spog di rs yang kita mau lahiran itu kalau mau pakai bpjs. Toh kalau pun dr awal bpjs hanya bisa 3 atau 4 kali periksa saja jadi ga setiap bulan selama hamil.

Đọc thêm

Maaf bun.. saya bikin bpjs mandiri cepet kok. Ga sampai seminggu deh. Saya datang ke kantor bpjs urus urus terus kebetulan saya pake debet, jadi saya bayar via atm dikasih no kode gitu. Bukti bayarnya buat ambil kartu bun. Ga ada seminggu apalagi 3 bulan kok :) Semoga dipercepat ya bun urus bpjs nya :)

Đọc thêm
5y trước

Bunda ilmi : sekarang peraturan baru kaya gitu ya bun? Saya bikin tahun lalu bun sekitar april 2018 apa yaa

Thành viên VIP

Bisa bund.. Yg pnting ada rujukan dari faskes 1 ttg dianogsa klo pasti sc.. Klo cuma normal biasa dan ga ada keluhan atau masalah dlm kandungan, bpjs gabisa buat kontrol tp bisa buat lahiran tp hrus nunggu minim bukaan 4 bund

5y trước

Trimakasih bnyak bunda infonya..

Kalo bunda mau lahiran cesar pake bpjs di rs aga ribet bund, harus minta rujukan ke faskes 1, kalo bunda mau langsung ke rs bisa, tapi harus lewat IGD, karna kemaren aku cesar juga gitu dibilangin dokternyaaa,

5y trước

Bawa surat keterangan yg dri bidan t4 biasa periksa bun.. kan nnti bidannya tulis di surat keterangan itu knp smpe harus SC. Nah surat itu bawa ke fakes tingkat 1.. bilang mau minta rujukan..

Bisa bun, aku dulu gitu buat bpjs baru jadi pas usia 7bulan. Penting faskesnya sama yg buat kontrol nanti bisa dirujuk ke rs. Aku dulu gitu sih bun kebetulan lahiran juga sesar.

5y trước

Iya awal2 umum bun tiap kali kontrol juga ditanyai akhirnya aku buat bpjs cepet sih buatnya nunggu 14hari baru bisa digunakan. Akhir2 hamil kntrolnya gak bayar 😀 pas lahiran langsung dirujuk juga ke rs dari faskes 1

Kt siapa bisa aktif nya 3 bln bund? Bukannya 3 minggu, kalau BPJS mandiri. apa lg dr pemerintah. Kalau memang begitu hrsnya prepare dr pertama tau hamil... Salahnya disitu.

5y trước

Bisa bunda... Sama-sama 😊

Bisa aja bun ,apalagi aku hamil 8bulan baru bkn bpjs karena hrs d cesar,jadinya cuman 2minggu ko langsung bisa dipake ,trs sblmnya aku ga pernha periksa k rs waktu cesar jg

5y trước

yg penting rekam medis saat kontrol ke dokter spog dikumpulin lengkap pas mau lahiran dan di bawa ke rs (jika memang sudah ada rujukan), setidaknya rs tempat beliau lahiran tau riwayat kehamilan si ibu.

Bs lngsng dpke mski ga pnh dipke buat kontrol

5y trước

Pke surat rujukan bun,dan hrs ada indikasi knp hrs lahiran di rs klau faskes 1 bisa menanggani nya

Iya bunda evi, sehaat sehat yaa :)