Perlu ke psikiater tidak

UK 28 weeks, mau masuk Tri semester 3 ini bawaannya ko emosian pengen marah" terus. Anak pertama usia 2,8 tahun. Lagi aktif" nya lagi ngeyel"nya, saya jadi sering kepancing marah". Badan jg rasanya berat pegel" semua, suami kalau dimintai pijit g mau, di suruh ke tukang pijit aj katanya. Padahal kalau hamil pegelnya setiap hari, masak setiap hari harus panggil tukang pijit. Bawaannya jadi sering sedih juga. Saya perlu ke psikiater g ya bu, kehamilan ini rasanya ko berat buat psikis saya.

2 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Emosian bisa jadi dari hormon juga bun yang gak nentu, apalagi lagi hamil begini, punya anak juga, pemicunya banyak dan ditambah hamil ya begitu bun. Menurut saya coba perbaiki dulu komunikasi dengan suaminya bun, kalau terbiasa deep talk sama suami coba aja bun ngobrol, keluarin uneg2 nya, capeknya, pegel sakit badan, anak lagi aktif, semua muanya, minta kerja sama sama suaminya buat ngadepin semuanya, termasuk bilang juga masa tiap hari ke tukang pijit. Karena sepertinya kamu kurang support, koreksi ya bun kalau salah. Saya juga selama kehamilan bawaannya emosi, sedih, dikit2 nangis juga ko bun, tapi saya ngerasanya ini lebih reda setelah ngobrol sama suami semua2nya. Kalau dirasa belum membaik, silahkan aja bun, tapi ke psikolog dulu aja ya, psikiater itu lebih ke masalah kejiwaan dan yang memerlukan bantuan obat2an.

Đọc thêm

sbtulnya emosian pd masa kehamilan, mood swing trmsuk yg wajar krna pengaruh hormon, perubahan fisik dan psikis..hnya kadarnya berbeda tiap orang..kalaupun bunda ke psikiater, salah satu yg akan dinasehatkan adalah pentingnya support system/kluarga. yaitu suami (orang yg paling dekat, dgn keseharian bunda). mgkn ada baiknya bicara dulu dari hati ke hati dgn suami bunda ttg uneg2. apa kehamilan kali ini direncanakan atau kebobolan?

Đọc thêm