Syarat untuk menghadirkan anak ke2

Sedikit cerita ya bun... Sebenernya dari anak pertama umur 3tahun saya udh kepengen bgt nambah anak, tetapi mertua saya bilang klo ekonomi saya belum cukup untuk menghidupi 2 orang anak di tambah suami belum lulus kuliah akhirnya saya pasang KB implan 3 tahun.. Karna pengalaman anak pertma yg masih di bantu mertua buat berobat klo anakku sakit (anak saya ga cocok sama obat bidan jd hrs ke DSA) yg sekali berobat bisa 800rb dan bumer yg bayar, jdi itu bahan buat ga bolehin saya nambah anak... Akhirnya di bulan Februari tahun 2020 di usia pernikahan yg ke 5 saya copot KB walaupun masih ada 1 tahun lagi, soalnya suami udh pindah ke kantor baru dan alhamdulillah gajinya lebih dr yg sebelumnya udh mulai skripsi juga dan memang rencana dri awal nikah saya ga mau di kasih anak dulu sebelum evaluasi sikap suami selama rumah tangga takutnya dia ga bisa jd contoh yg baik untuk anak anak saya.. Bumer tau nih saya copot KB, trs beliau marah dan bilang si kakak aja belum punya kasur sendiri, lemari baju saya masih kecil, kamar masih 1 jgn nambah dulu di tambah ibu saya sakit keras okelah kita tunda lagi secara alami.. Alhamdulillah suami dpt uang lebih kasur kebeli, lemari kebeli, dan bisa renov rumah tetapi ibu saya sekarang yg melarang untuk nambah anak karna katanya klo saya hamil pasti mulmun parah dan suami ga bakal izinin buat anter bolak balik dia ke RS.. Yaudah di tunda lagi bun, ibu saya berucap " Hamilnya nanti aja ya, klo ibu udah meninggal ga lama juga langsung hamil kamu" Saya jawab "ya Allah.. Aku mah maunya ibu sehat biar bisa liat cucu baru" Akhirnya saya nurut.. Pda tgl 22 Mei 2020 tepat 2 hari sebelum lebaran ibu saya di panggil sama Allah, sedih bgt.. Tepat di ulang tahun saya atau di 100harian ibu saya positif hamil alhamdulillah bener kata ibu ga lama dia meninggal saya hamil, dan lebaran tahun ini saya udh sama anak ke 2 saya yg banyak banget syarat yg harus saya penuhi untuk mendapatkannya.. Apa ada ibu ibu yg sama kaya saya? Banyak syarat dri bumer/org tua utuk hamil lagi? Maaf ketikannya kurang rapi 🙏

Syarat untuk menghadirkan anak ke2
14 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Klo sy melihatnya dr sisi positif bun, karena hamil dan ngurus anak itu berat, apa lg dg keadaan ekonomi pas pasan. Jd mertua melihat kedepanny, menurut sy saranny bagus. Krn sy setuju punya anak itu harus punya kesiapan mental dan financial. Klo apa apa masih ikut mertua, ya mertua jg pikirnya 1 anak aja di bantu terus apa lg mau 2 anak. Mertua jg pasti pikir punya kemampuan tp cm bs bayarin 1 anak, makany minta tunda dl untuk anak ke 2. Setelah di lihat anaknya sdh mulai mapan baru di bolehkan. Klo bagi sy ini bagus. Jd jg bs fokus ke anak bunda yg pertama. Untuk ibunya bunda, sy jg merasakan hal yg sama. Ucapan Ibu adl Doa. Ibu saya kena stroke sdh 9th lebih saat itu, sy yg merawatnya. Lumayan repot jg ngurus orang stroke tp sy ikhlas, beruntungnya sy blum punya anak, klo tidak pasti sy kewalahan, karena kerja dan merawat Mama. Mama pernah berkata, nanti mama ga ada, kamu langsung hamil, maaf mama g bs lihat cucu mama. Sy shock dengarnya, sampai nangis. Bener saja, mama meninggal Dec 2018, saya positif hamil Jan 2019, dan mendapatkan baby twin Sept 2019 di 8th pernikahan Sy percaya Jalan Tuhan adl yg terbaik, jd sy bs merawat mama penuh di sisa2 hidupnya, dan skrg bs merawat baby twin. Klo itu terjadi berbarengan, sy ga tau apa ay sanggup. Rencana Tuhan memang luar biasa Indah.

Đọc thêm
3y trước

bener bun, rejeki mengalir terus klo ikhlas membantu dan mengurus orang tua. Smoga keluarga bunda bahagia selalu

Thành viên VIP

memang ucapan ibu adlh doa. saya juga setelah nikah ngga langsung hamil, ibu saya sempet ngira kalo saya nunda punya momongan, pdhl mah ya enggak, tiba* pas saya sama suami berkunjung ke rumah, ibu saya bilang "kalo mau punya anak cepetan, mumpung masih muda, jngn di tunda* mbkmu juga tak suruh hamil lagi org anak pertama udah besar, biar jarak nya ngga kejauhan" selang beberapa hr saya bneran positif hamil, tp pas usia kandungan 7 bulan ibu saya di panggil sama Allah, dan di saat itu juga kakak saya juga hamil tp masih TM pertama.

Đọc thêm

saya malah tadinya mau nunda atau ga buru buru punya anak lagi eh pas anak saya umur 5bulanan ibu saya berucap "nambah anak lagi gih mumpung mama masih ada masih kuat jaga anak (saya dan suami kerja, tinggal bareng ortu saya)" eh beneran bulan depannya isi lagi saya hehe emang ucapan orangtua mah insya Allah dijabah, makanya saya selalu dinasehati jangan pernah berkata buruk ke anak (misal bego, nakal, perkataan hewani dll) karena sama aja kita berdoa untuk anak kita (ucapan adalah doa) :)

Đọc thêm
3y trước

alhamdulillah kalo gtu

saya juga gtu bun, tmbh lgi anak pertm lahiran sc. ya hrs jarak yg 5 thunan lh. tpi aku gak dlm brp buln gak kb alhasil positif di usia anak ku 2 thun. ya kena marah dong sma mma dan mertua. ongkosi anak 1 aja masih bnyk ortu yg bantu. nambah lgi 1 katanya bgtu. tpi suami yakin pasti ada rejeki setiap anak. dan aku juga yakin itu. semoga di beri rejeki dan kesehtan untuk kita semua ya bun. terutama anak". ammiin.

Đọc thêm
3y trước

aamiin.. ada rezekinya si baby kok bun saya juga percaya itu semoga sehat selalu ya ibu dan dedenya..

klo saya dari awal nikah udh ngontrak alhamdulilah nikah 1bln hamil terus si Kaka umur 21bln hamil lgi awal nya ortu kyk ga setuju gitu tp aku cuek aja toh aku yg urus sendiri 😁. tp qodarullah yg kedua keguguran skrg si Kaka udh 3.5th dan alhamdulilah aku lagi hamil 7bln. klo nunggu mapan baru nambah anak takut keburu tua aku nya kebetulan aku SM suami nikah nya udh lumayan cukup umur.

Đọc thêm
3y trước

iya Bun alhamdulilah dikasih cpt.

saya jadi inget omongan mertua saya sama mertua LDR heheh, tapi tiap minggu kami telpon2an. suatu kali mertua tiba2 ngomong 'mama doakan bulan depan kamu isi' eh bener, sebulan setelah omongan itu, saya beneran hamil.. emang bener sih, doa dan harapan ortu itu langsung di dengar Tuhan kontan

Đọc thêm
3y trước

iya bun, ga ada orangtua yang doain jelek2, pasti yg terbaik bun. saya aja sampe ga percaya pas testpack positif, kok bisa bertuah gitu omongan bumer hahahaj

Sy hamil anak ke 3 ini juga gk meleset dari omongan mama sy yg bilang paling km hamil nanti deket ultah mama ato pas ultah mama buat kado cucu lagi....dan ternyata benar bulan oktober sy hamil sy biasa haid tgl 20 dan mama sy ultah tgl 2 november

saya malah niat mau punya anak 1 aja, karena ngerasain bgt skrg apa2 masih dibantu sama ortu, suami nganggur kena PHK saya kerja sendiri pusing.. faktor ekonomi emang paling penting dari kata kepengen sih menurut saya. itu kalau saya ya.

3y trước

aamiin bun.. mksh doa nya ya 🙏

Kadang itu ga enaknya klo ekonomi masih dibantu sm mertua/ortu, beliau jd seperti punya hak untuk "menyetir". Tapi terlepas dr hal itu, ini mgkn jg sudah rencana Tuhan, bunda dikasi waktu buat urus ibu bunda smpe akhir hayat.

3y trước

iya bun.. alhamdulillah nurutin omongan mertua sama ibu sendiri di anak ke 2 ini beda bgt sama anak 1 yg serba prihatin (namanya pengantin baru tiba tiba hamil karna ga KB) , anak ke 2 lebih terencana dan ga ngerepotin siapa siapa..

mungkin bumer nya khawatir ya kalau nambah anak bakal kerepotan baik dari segi ekonomi, waktu yang terkuras, konsentrasi suami dan bunda dalam ngasuh dua anak... alfatihah ya Bun buat mertua bunda