Harus putar otak

Saya bingung Bun mau ngatur uang dengan gaji suami yang kurang lebih 2jtan . Sebelum nikah saya masih kerja dan masih punya cicilan motor yg belum lunas . Saya merasa membebani suami karena utang motor saya yang cicilannya 700 perbulan dan nabung buat biaya persalinan. Sisanya biaya kerja suami seperti uang bensin&buat beli bedak dan kebutuhan sehari" . Sekarang tinggal dirumah mertua dan saya merasa terbantu karna mertua gak pernah minta uang ke suami tp satu sisi saya sebagai menantu juga merasa tidak enak dan merasa membebani mertua 😭. Saya harus gimana ya Bun mohon sarannya . Inisiatif habis lairan mau kerja tp gak dibolehin nunggu anak umur setahun karna masih kecil.

5 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Suami saya juga gaji 2 jutaan bund, saya juga lagi hamil jadi sambil nabung buat lahiran (hampir selamatan 4 bulanan juga 7 bulanan), memang saya tidak nyicil apapun, tapi kami ngontrak kira2 yaa 700an buat bayar kontrakan dan listrik. Tiap bulan suami kirim uang ke ibunya untuk nyicil renovasi rumah dan juga untuk pegangan ibunya di kampung (karna bumer tinggal sendiri, pakmer sudah almarhum jadi suami punya kewajiban menafkahi) Alhamdulillah insya Allah cukup bund, makan seadanya, untuk bedak dll saya hampir tidak memikirkan itu karna saya rasa itu bukan kebutuhan pokok. Saya dan suami punya prinsip, kami tidak akan mengeluarkan uang untuk hal yang kurang perlu. Nah disitu saya juga inisiatif buat sedikit2 jualan online, iseng2 sambil ngisi waktu luang di rumah kalo pas kerjaan rumah sudah kelar. Selalu bersyukur seberapapun yang di dapat bund, Insya Allah semakin membawa berkah dan kecukupan untuk diri kita. Berdoa supaya selalu diberi rasa cukup, insya Allah...Allah akan cukupkan rizki kita.

Đọc thêm
3y trước

aamiin bun 😇

mom, kl terbebani dg pengeluaran coba pikirkan utk cut salah satu pengeluarannya mom... eliminasi pengeluaran yg bisa dicari alternatif nya.. sabun2 ganti semua ke yg batang/merk paling murah.. tisu2 ganti semua ke lap kain.. kl masih mentok juga mama mungkin perlu pikirin opsi lepas cicilan motornya.. ganti motornya dg yg bekas, motor 3 jutaan juga masih layak pakai, yg penting fungsi nya bukan??

Đọc thêm
3y trước

makasih sarannya Bun

Thành viên VIP

nah bunda sudah tahu titik membuat bunda resah yaitu "rasa gak enak" perlu dikurangin ya bun gak perlu dihilangin bgt kok. intinya bunda coba terima keadaan bunda sekarang. sambil support suami siapa tau dg support n doa in suami. suami punya inisiatif untuk melebihkan pendapatan sehingga bisa ngontrak. pelan² aja bun dienak²in dulu tahun² awal berumah tangga.

Đọc thêm
3y trước

iya Bun saya gk mungkin misah rumah sama mertua karna saya mau lahiran & cicilan motor blm lunas Bun.

suami saya gaji 2,8 perbulan 1jt buat bayar rumah 500buat jajan kerjanya sisanya 1,3 untuk kebutuhan rumah tangga anak 1 umur 1tahun setengah ... Alhamdulillah harus dicukupin Bun dalam sebulan itu ...

Đọc thêm
Thành viên VIP

ngomongin kesulitan mungkin yg lain lebih sulit bun, hanya saja dinikmati dan bersyukur aja msh bisa makan😂

3y trước

makasih nggeh Bun