shalat

Permisi bunda, mau tanya.. Aku sekarang sudah pembukaan 1 dan sudah keluar lendir flek coklat, apakah masih bisa shalat atau sudah tidak diperbolehkan? Apakah lendir flek coklat yg keluar sebelum melahirkan itu adalah darah najis? Karna kan keluarnya juga sesekali, tidak seperti menstruasi Mohon bantu jawab bunda² ??

8 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

wanita hamil yang keluar darah flek yang tidak bersambung secara utuh dengan proses kelahiran, hendaknya dia membersihkan darah tersebut dan wudhu ketika hendak melakukan sholat, dan boleh dia membaca al Qur’an, dan melaksanakan puasa sebagaimana biasanya. Karena pada asalnya, ibadah adalah sesuatu yang wajib dia kerjakan secara yakin, dan tidak boleh meninggalkannya kecuali dengan sesuatu yang yakin juga, yaitu ketika benar-benar telah melahirkan. Selama darah tersebut ada kejelasan, maka tidak boleh menjadikannya untuk meninggalkan sholat serta ibadah-ibadah lainnya. Bagaimana jika seorang wanita yang hamil mengira bahwa darah flek yang keluar adalah darah nifas, tetapi ketika dia sudah terlanjur meninggalkan sholat selama seminggu atau lebih, ternyata proses kelahiran tidak kunjung datang ? Jawabannya bahwa dia berkewajiban untuk mengqadha’ sholatnya yang ditinggalkan tersebut paa hari-hari lainnya setelah dia melahirkan dan darah nifasnya sudah berhenti. Wallahu A’lam.

Đọc thêm
2y trước

kak mau tanya brrti cukup wudhu saja kah tanpa mandi wajib ?

Thành viên VIP

Tetap wajib bun... Itu namanya darah talqi. Darah yg mengiringi saat mau bersalin (ngelarani) berbeda dg darah wildah dan nifas ya.

5y trước

Oh baru tau bun.. Makasih jawabannya 🙏😊

Beberapa ulama menyatakan klo udh mau melahirkan lendir coklat termasuk darah nifas, tapi ada sebagian lagi yg blg bukan.. Wallahu a'lam bisshowab..

5y trước

Oche bun, makasih jawabannya.. 😊

Boleh banget Bu. Semangat ya bu. Insyaallah gak lama lg tuh ketemu sikecil. Seneng nya 🤗

Đọc thêm
5y trước

Wah saya justru malah ngga bisa tidur bun,kontraksi terus rasa nya sakit banget,

Nyimak jawaban ya bunda. Aku juga belum tau dan insyaAllah hpl 25 july😊😇

5y trước

Iyah bun ini lg banyak²in aktifitas dan berdoa.. 👶💕

Tetep wajib bun, selama bukan hed sm nifas tetap wajib sholat bun..

5y trước

Iyah sama-sama bunda.. 😁

Pertanyaan ininyg sy tunggu2.sy hpl 24 juli. Ikut nyimak bund

5y trước

Aku hpl 23 juli bun, tp blm ngerasain apa"

Bisa Bun... Itu hanya penipisan jalan lahir..

5y trước

Makasih jawabannya bun