psikologi anak

Pagi bun mau tanya.. Adikku umur 5thn skrg, gatau knpa tempramennya hebat banget sampe ga kuat nahan emosi. Tempramennya sampe ada ancaman kya ambil pisau, nyodorin benda tajam tapi bukan pisau benda lain. Ada yg anaknya melewati fase itu atau emang harus dbwa k dr. Psikologi anak ya bun? Minta pencerahannya bunn

23 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Saya jg ada anak laki usia 5 tahun , dia tinggal sm mantan mertua saya , dan baru saya ambil desember 2019, pas dateng wah kacau tukang mukul , sampe ade nya nangis , ngelawan , sampe suami sy marah, trus minta nnton youtube awal2 sy kasih tp sy perhatiin nonton nya mobile legend lah yg adegan bunuh2an , lama2 sm suami sy d matiin komputer nya , dan slama sebulan ga boleh nonton tv/youtube , sy ga kasih mainan , smua mainan d sita termasuk mainan ade nya , dan dr situ mulai lah sm suami sy di kasih tau d ajarin di didik , lama2 3 bulan kemudian anak sy bs berubah , skarang ud ga mukul2 lg ga nendang lg , malah jd rajin bantu2 saya , dan anak ku sempet nanya : emang knp sh kaka ga blh nonton ? Ga blh mukulin org ? Emang nya ga blh jd org jahat ya ? Dan sy ga marah sy nanggepin nya santai dan secara pesikolog apa bila anak model seperti itu harus d ajak ngomong dg tenang, jangan pake emosi, tanyakan ke anak apa ada masalah ? Atau apa , dan kalo anak nanggepin nya dg marah gpp bunda nya harus sabar bgt biar anak cpet luluh ,, Prinsip kluarga sy anak2 sy ga harus bs baca ga harus bs nulis , karna itu gampang, tp anak harus pnya karakter yg baik, tau sopan santun, tau dia harus berbagi, tau cara menghargai orang lain , dsb nya, baru yg lain nnyusul bun ..

Đọc thêm
4y trước

Bnr bun kita sbg ortu harus banyk2 sabar dalam mendidik anak ,,

Bawa ke psikolog bund. Itu kemungkinan ada masalah mental sama adiknya. Soalnya dulu anaknya bos saya kayak gitu. Dia tempramental banget, gk bisa salah dikit ngamuk, ngancem2 sampe ambil pisau, padahal gak ada yg dia contoh atau liat bund. Pas di bawa ke psikolog, hasilnya keluar kalau anak bos saya punya gangguan konsentrasi sama iq nya di bawah anak seumuran dia. Tapi dia bukan anak keterbelakangan, downsyndrom, apalagi autis. Kalau diliat fisik cara bicara dll, semua normal. Tapi ternyata memang ada yg berbeda dikit. Mendingan diperiksa, dari pada baru sadar pas udah gede, gak bisa ditanggulangi lagi nanti pas salah cara didiknya.

Đọc thêm

Dulu keponakan saya jg gitu .. Susah dinasehati.. sama mama nya berani .. Klo marah sama mama nya sampe teriak2 bawa batu bata gede buat d lempar ke mama nya .. Tp alhamdulillah semenjak masuk sd dy udh mulai ngerti sedikit2 .. Klo marah udh ga nglempar2 batu gede .. Udh belajar sholat dan ngaji jd lbh anteng .. Masih kdg ngambek tp klo ngambek paling nangis doang .. Mgkin klo anak kecil meniru orang bun atau kdg2 sekedar cari perhatian kaya gitu jg bisa ..

Đọc thêm

Anak 5 thn udh kenal hal2 sadis gituan drmn bun?ponakanku 5 tahun mentok2 nangis tantrum aja klo marah. Coba dtelusuri dlu bun,mngkn dri tontonanya,coba lihat history tontonannya,dia nonton apa aja.tau dr tmennya atau gmn.ga mngkn dia kyk gitu krn inisiatif sndri. Klo bs bawa ke psikolog anak ya bun.jgn lupa sembunyikan benda2 brbahaya di tmpt yg ga bs dia jangkau

Đọc thêm

Psikolog anak bun. Kalo bingung mencari tau akses ke psikolog anak, biasanya mereka ada yg punya biro psikologi sendiri, atau ada jg di poli tumbuh kembang anak di RS. Bisa jg lewat psikolog puskesmas, mereka jg psikolog klinis, (ada yg klinis dewasa, dan klinis anak), kalo dirasa mereka tdk sanggup, akan direfer atau disarankan ke psikolog anak yg mereka paham.

Đọc thêm
4y trước

Betull harus di bawa periksa, jgn d tunda. Takutnya udah gede salah didiknya. Mending dari kecil langsung diketahui penyebabnya.

Mungkin ad yg dicontoh bun soalnya anak kecil paling pintar meniru yg ad disekitar dia, udah bahaya itu bun..... Di daerah q ada anak tk main sama tmennya rebutan mainan salah satu ada yang gak Terima dia emosi trus ambil besi dipukulin ke kepala temen yang ngrebut mainan dia, langsung pendarahan bun gagar otak trus meninggal n bsknya masuk berita.

Đọc thêm

Mungkin ada yg dia contoh bund, anak adalah peniru yg ulung, apa lagi masih 5tahun gak mungkin dia tau nodong pisau dll. Dilihat dulu kondisi sekitar lingkungannya, ada yg suka kasar gitu gak, tontonannya apa lagi awasi dia kalo nonton sesuatu. Kalo lingkungan baik dan dia gak nonton macem2 baru bawa ke psikolog untuk dilihat dia ini knp

Đọc thêm
Thành viên VIP

Sebaiknya tidak bisa melakukan itu, gimana bisa dia mengancam jiwa.... Coba ditangani sendiri aja, dari pada di bawa ke psikolog malah kesannya "anak ini kenapa". Disayangi, dirangkul, didampingi terus jangan sampe dia melihat hal2 seperti itu dari lingkungan, apalagi ortu sendiri... Kalo memang gak berubah, barulah ke psikologi

Đọc thêm

Sehari-hari tontonannya apa bun? Hampir gak mungkin seperti itu jika tidak ada contohnya. Dampingi anak saat nonton tv/main hp, batasi penggunaan gadged, toh sekarang youtube juga ada yg hanya untuk anak kecil kan? Jd bisa dikontrol apa saja yg boleh dan tidak boleh ditonton anak.

Anak saya 4,5tahun begitu bun, emosinya suka meledak-ledak, ga sampe nyodorin benda2 tajam sih, cuma kadang ngeyel banget dibilanginnya. Niatnya saya mau bawa ruqyah 😁 karna tiap marah beda banget, kaya bukan anak saya. Nanti klo ga ada perubahan mungkin baru ke psikiater anak.

4y trước

Cerita lg ya bun setelah ruqyah hasilnya gmn