Usia brapa week sih mom's normalnya kaki mulai bengkak? Aku 23w kok udh bengkak ya? Ada yg sama gak?

Kaki bengkak TM2

11 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Di dunia medis, pembengkakan yang dialami ibu hamil yang biasanya terjadi di trimester ketiga disebut dengan istilah edema, yaitu ketika cairan berlebih terkumpul di jaringan otot, terutama pada pergelangan kaki, telapak kaki, dan mungkin bengkak ringan di tangan. Hal ini disebabkan karena beberapa hal seperti: adanya peningkatan volume darah sebanyak 30 persen selama kehamilan, dinding pembuluh darah kapiler yang lebih tipis akibat perubahan hormon selama kehamilan sehingga cairan dari dalam pembuluh darah akan keluar dan masuk ke jaringan sekitarnya serta adanya perubahan biokimiawi darah yang membuat cairan di dalam pembuluh darah akan berpindah ke jaringan sekitarnya. Sebagai tambahan, rahim yang membesar akan menekan pembuluh darah di rongga panggul dan vena cava inferior, yang mengalirkan darah dari tubuh bagian bawah kembali ke jantung. Tekanan ini akan memperlambat aliran darah balik dan menyebabkan bendungan sehingga memaksa cairan dalam vena keluar ke jaringan sekitarnya. Karena biasanya edema terjadi pada trimester ketiga kehamilan, edema mungkin akan menjadi lebih berat pada kehamilan kembar, hamil dengan air ketuban banyak, atau kehamilan dengan janin yang besar. Sesudah kelahiran maka tubuh akan mengeluarkan kelebihan cairan tersebut melalui urin dan keringat sehingga berangsur-angsur kembali ke normal.

Đọc thêm

kalau saya baca2 bengkak normal itu diatas 7bulan bund, TM 3. Tapi saya 21 weeks kmrin jg bengkak karena saya sering makan buah sm garam dan Bb saya dlm 1 bln naik 3kg 🫣( tidak wajar) . waktu saya periksa dokter bilang g boleh makan gorengan, garam, manis berlebihan. terutama garam karena garam menghambat cairan dalam tubuh kita bund, jadinya kaki kita bengkak. sekarang kaki saya sudah mulai mengempes bund, dirutini minum air putih yang banyak, sering2 kaki digerak2in dan klo bboan diangkt keatas ya / atau angkat tembok tp jangan lama2 10menit aj, bbo menghadap kekiri, dan dicoba olah raga bund ckup 2omenit aja, tentunya konsumsi garam dikurangi ya bund. satu lagi pastikan tensi bunda normal ya, kalau tensi tinggi bisa jadi gejala preklamsia bun, kalau it kenaikan BB bunda melonjak dan muka , tangan, kaki bisa bengkak semua. Mending kedokter aja kalau sudah seperti itu.

Đọc thêm
2mo trước

nah itu bund, ayo dikurangin bun, g baik soalnya. nnti lama2 bisa jdi preklamsia lho, bahaya buat bunda dan janinnya. minum air putih yg banyak biar garamnya ikut kluar dan olah raga biar berkeringat bund , dan sering jalan.

dlu hmil pertama usia 26 week kaki bengkak bun, usia 30 week aq lhiran prematur krn bengkak nya trnyt gjala preeklamsia😔 bidan jg bilang bengkak d bawah usia 7 bln bisa dbilang ga normal sbaiknya cek urin utk memastikan bengkak nya berbahaya atau tdk ,

berobat bun, aq hamil pertama tm 3 kaki bengkak dan itu slhstu gjala preeklamsi d suruh tes urin juga bun, jgn anggep sepele yaa, sehat sehat yaaa bun

3mo trước

iya bun, tadi udh kepuskesmas masih tutup, kebidan masih pada cuti liburan bun😥

Bun hpl Agustus 24 kah ?gabung grup yukk buat sharing"🥰 https://chat.whatsapp.com/I5IzUR5PdZb3lcm8y5XB5a

Saya 32w gak bengkak sih bund. Banyakin minum air putih, kurangin konsumsi garam, jalan kaki jgn lupa

saya bengkak kaki di tm2 cuma pas lg serimg aktivitas jalan kaki aja, kl lg santai sih gak bengkak

biasanya kebanyakan gantung kaki terus makan yang asi' atau banyak jalan pake kendaraan moms

saya anak pertama ga bengkak bun, anak ke 2 ini jg belum bengkak udh usia 7bln

Klo aku bngkak klo udh naik mbl lama jln jauh psti bngkak