apakah anak susah tambah berat badan sudah pasti stunting?

izin bertanya dan sedikit curhat. anak saya 2 th 9 bulan,perempuan. berat badan susah naik stuck di 10,6 kg, padahal hobi dan mudah soal makan. tinggi badanpun under 90cm, ada kecemasan dalam hati saya apakah anak saya termasuk ciri ciri stunting? tapi anak saya tumbuh aktif sesuai usianya. yg saya tahu stunting juga berkaitan dengan perkembangan kemampuan anak, tapi saya mengamati anak saya berkembang pesat, hanya saja pertumbuhannya yg menjadi kecemasan saya.

5 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

hanya DSA yg bisa mendiagnosa bun jangan self diagnosis gini, tumbuh dan kembang itu hal berbeda tumbuh= tambah besar, tambah berat dan tambah tinggi kembang= dari tiduran, jadi merangkak, jadi berdiri, jadi berjalan dan berlari, jadi melompat terus BB dan stunting itu hal berbeda stunting itu tentang gizi, BB itu berat badan kalo makanan tidak bergizi dan banyak gula pasti BB tetap naik pesat makan bergizi dan banyak gula juga BB naik pesat tapi tinggi badan tidak, cuma bergizi dan banyak protein hewani yg bikin tinggi naik pesat anak saya lahir TBL 45cm usia 20bulan TBnya 80cm anak paman saya TBL 50cm usia 19bulan TBnya 80cm anak tetangga TBL 50cm usia 18bulan TBnya 75cm (didiagnosa stunting) anak saya tingginya naik pesat sejak doyan makan telur puyuh bacem (tanpa kuningnya) 16butir tiap pagi selama 4bulan, itu cemilannya, kalo makan utamanya ikan lele karena anak hiperaktif, makan utama 4x dan 2x cemilan jadi sehari 16butir telur puyuh, 4ekor lele, 1perkedel (ada protein telur ayam) dan 2 potong semangka misal anak saya TBnya 78cm, juga tidak stunting karena TBLnya memang pendek dan bayinya kecil di buku KIA ada tabel status gizi bun itu yg dipakai dokter saat BB anak tidak sesuai harapan

Đọc thêm
10mo trước

Bund mau tanya itu telu puyuh pagi untuk sarapan apa cemilan? Terus kenapa gapake kuningnya bund? Kalo makan utama 4x dan cemilan 2x boleh dishare dijam2 berapa aja ?

mudah dan hobi makan, makanan nya adekuat? sudh pernah konsul k dsa? sependek pengetahuan yg ak tau ya ma.. anak naik bb setiap bulan ada range nya ada minimal kenaikan nya. (ad di kms di buku kia). nah misalkan nih anak naik bb nya tp ga sesuai dg kbm (kenaikan bb minimal) itu nama nya anak mengalami weight faltering, weight faltering klo ga segera diatasi akias didiemin aja bisa berakibat stunting... dan jelas screening nya banyak pasti dr dsa ya... better ke dsa aj klo emg belum pernah sama sekali dibawa ke dsa.. anak aktif belum tentu sehat. anak sehat kenaikan bb pasti sesuai dg kbm/ lebih bukan tidak sesuai dg kbm

Đọc thêm
Thành viên VIP

sama anakku juga kaya anak bunda, usia 2th 8 bulan cewe BB dan TB hampir sama udah ke dokter anak masih di bilang aman cuma butuh susu tinggi kalori karena anak saya lahir 2,6kg dan belum butuh test darah. ada baiknya Bunda tanya2 dulu ke dokter anak ya biar sedikit mengurangi rasa khawatir.

Thành viên VIP

kalau dirasa ada yg bikin cemas konsul dsa aja bu. Makan gampang tp hb seret bua nanti jg di evaluasi penyebabnya. Setahu sy kalau stunting itu yg agak kurang perkembangan kognitifnya, kelihatan pas nanti di usia sekolah.

Thành viên VIP

ke dsa saja bu.