bingung puting

hai selamat siang para bunda hebat, saya baru punya anak umur 3bln saya mempunyai masalah dalam menyusui ASI bnyk tp anak bingung puting karena puting datar, selama ini saya pumping terus ASI nya. ingin sekali menyusui di puting sendiri tp si anak selalu menolak karena terbiasa pakai dot. adakah para Bunda yg tau solusinya agar anak langsung nenen tanpa dot dan pumping?

bingung puting
24 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Anak saya juga sempat bingput. Semenjak saya operasi galactocelle, anak saya nyusunya full lewat dot kurang lebih selama 1,5 bulan baru saya berani lagi nyusuin langsung. Awalnya emg ditolak mentah2, bahkan malah nangis kejer krn gamau tp malah tetep disodorin. Yaudah, drpd jadinya trauma krn dipaksa, ikutin dlu kemauannya pake dot. Setelah perutnya udh kenyang, diajak ngobrol bun, bilang ke anaknya "dedek mau ya mimik di mama lagi, anak mama anak pandai". Trs habis tu untuk masukin puting ke mulutnya gak dipaksa, deketin aja putingnya ke mulutnya, ntar dia sendiri yang ngambil dan masukin kemulutnya. Alhamdulillaah anak saya jd mau lagi mimik langsung bun. Justru malah skrg dia nya jd kurang suka mimik lewat dot, kadang suka ditolak😅 fyi, anak saya usia 2 bulan bun. Intinya dicoba terus bun, cari celahnya gimana caranya biar anak mau.

Đọc thêm

Anak saya dr usia seminggu juga gitu Bun, sampai sekarang usia 3 bulan.. masalahnya SMA juga karena puting rata, apalagi sy netein cuma kiri, yg kanan dikiiit banget, udh gitu putingnya ke dalem.. pertama sy pakai sambungan puting, tambah bingput anak sy, sekarang sy lepas tiap mau nen sy kompres pakai air kulkas biar putingnya sedikit kaku jadi dedek bisa tau mana puting.. pelan2 saya sodor2in ke anak, penolakannya hampir tiap hari Bun, tapi alhamdulillahnya kadang dia mau nen langsung kadang ga, kalo ga juga saya ga maksa.. yg penting usaha sy setiap hari ngasih asi ga berhenti..

Đọc thêm

Sama bund aku jg selama 2 minggu pertama kasihnya sufor terus pelan2 diubah ke ASI tanpa puping, jd kalau aku pelan2 ubahnya. Dr pagi ke siang usahain kasih langsung walaupun nolak, terus sore sampe malem lewat dot lg, pelan2 tambahn wktunya buat mimi langsung dr bunda. Bundanya harus sabar dan jng nyerah sama tangisan bayinya. Semangat bund

Đọc thêm
Thành viên VIP

Kalo saya biar ga bingput, pas dia lg laper2nya kasi hasil pumpingan yg di dot, setengah jalan lanjut nenenin lgsg pas dia udah tenang. Puting datar ga jd alasan sbnrnya karena baby pasti bs nyedot kalo dibiasain. Apalagi kalo udah lewat dr sebulan udah makin pinter nenennya. Pokoknya kita sbg ibu harus rajin2 eksplorasi harus gimana2nya.

Đọc thêm
Thành viên VIP

Aku jg gitu, debay ku baru 2minggu bun, kasian pas lahir mau nenen gak bisa sampe di pompa dan minum didot, tapi aku telatenin aku kasih nenen ku biar putingnya jg bisa keluar, lama2 dinenen debay keluar sendiri putingnya kok bun.. Wlpun yg sebelah kanan blm pernah dinenen krna datar bgt putingnya 😁

Đọc thêm

Saya juga putingnya datar pas baru lahir dia ga mau nyusu karena susah nyedotnya terus dibantu dot, tapi saya terus usaha supaya anak mau nyusu langsung, terus dikasih tau bidan buat massage payudara dan muter2 putingnya kaya volume radio. Alhamdulillah udah ga bingung puting

Dicoba pake silikon penyambung asi bun, dulu juga saya gitu. Setelah pake itu alhamdulillah nonon nya jadi ada karna sering ketarik2. Dulu saya pake (+-) 0-2bln. Karna klo pake penyambung itu hampir sama kaya karet dot. Beli di apotek juga ada biasanya.

Masih untung bunda ASI-nya banyak, kalo sy anak cowok tapi asi sy ga banyak Bun, sudah pakai asi booster dr yg tradisional sampai vitamin, susu juga.. tapi ga berhasil.. dr pada sy jadi stres, sy terima kondisi sy dan anak sy, yg penting ay sudah berusaha..

Thành viên VIP

saran dari Dr DSA saya dilepas dotnya kasih minum lewat sendot pipet atau gelas bun... harus tega dan telaten sodorkan terus nennya bunda... karna hisapan dot itu tidak butuh tenaga banyak beda kalau nen harus dengan tenaga bunda. mm

Anak saya dulu juga gitu Bun pas baru lahir,, tapi saya coba terus,, setiap kali mau nenen pasti gitu dan saya coba terus meskipun anak susah,, dan Alhamdulillah karena latihan terus menerus akhirnya berhasil.