Pondok Indah Mertua

Hai, para orangtua! Boleh share mengenai suka duka tinggal di rumah mertua? Terlebih untuk menantu perempuan ya karena sepertinya menantu laki-laki lebih bisa beradaptasi (sepertinya). Salam. ?

232 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Saya juga dalam beberapa bulan ini tinggal 1 rumah dengan mertua bun .bukan hanya dengan mertua ,tapi 1 keluarga dengan keluarganya suami . Jd dalam rumah it tak hnya mertua ,tapi ipar lkiw dan permpuan pun ikut d dalamnya Suka duka nya mnrt saya pasti ada N bahkan mngkn lebh sering duka nya yaa Tp ketika kita barengi rasa syukur in syaa Allah pnuh suka cita bun Bbrapa bulan dsni alhamdulillah saya merasa nyaman ,karena alhamdulillah ibu mertua saya tipe nya fair2 aja ,baik ,n sama sekali tak pernh marah n memarahi siapa saja yg bukan dr anak ny sndri . Alhamdulillah selama dsni saya tak pernh menemukan lgsg atau mndgr lgsg hal2 negtf dr mertua saya thdp saya bun . Utk ipar pun alhamdulillah saya oke2 saja . Hanya saja Saya tak bisa beraktfitas dan berkreativitas laksananya d rumah sendiri . Sebab saya dsni bukan makhram bagi ipar2 saya yg laki2 bun .so ,kemana2 pun kalo saya keluar dr kamar mesti pakai hijab bun ,apa pun aktftasnya selama d luar kamar nak tutupin aurat .jd rada2 ribet dan bejibun gtu . 1 lagi saya ndk bisa sepenuhnya mengeluarkan uneg2 ,keinginan dan selera makan atau nak masak apa yg nak kita masak . Sebab ,ipar2 saya bilang dia agak aneh kalo nyicipin masakan yg bukan masakan ibunya krena dh biasa nyicipin masakan ibunya .jd nya saya rasa gmana gtu kalo masak dsni Jd nya saya ambil kputusan saya ndk ikut mmasak tp saya ushakan bntu2 saja ibu kalo lagi masak . Ndk nyaman kali saya srasa numpang dsni trus tp ndk bsa bntu2 dsni ,kasian sma mertua saya dia baik sangat sma saya .gtu lah kira2 yg saya rasa bun

Đọc thêm

Jangankan tinggal di rumah mertua, mertua tinggal dirumah saya juga saya g mw...baru kemaren dy datang ke rumah.rumah saya di Bekasi baru jadi banget, kita mah pada buka sendal.dy doank sendirian yg masuk ke dalam rumah pke sendal.saya suruh buka tuh sendal.gak punya otak sumpah!! Trus lagi kan saya masih tinggal di rumah nenek saya dijakarta (biar Deket sama kantor). Dirumah itu memang saya dan suami yg tinggal, kakek nenek sudah meninggal.enak aja kayak bos nyuruh barang2 dibuangin.itu kan barang2 bukan punya saya, punya nenek kakek saya dulu.harus diomongin sama om tante lah...dan cuma dy masuk kamar mandi rumah saya pke sendal juga.gila, kotor kan lantai kamar mandi...bener2 g tau diri... Ibu mertua tuh orang kampung y, tinggal di Karanganyar..Klo ke Jakarta udah kayak bos nyuruh ini itu...sampe segala sapu disuruh ganti...mending dy yg nyapu.dirumah mah saya ada yg bebenah..Klopun saya nyapu, saya pke vacuum cleaner..g sanggup ngebayangin Klo dy sampe numpang tinggal dirumah saya...mending dy orang kaya, lah idup dy sama anak keduanya aja suami saya yg tanggung...adeknya suami juga sok kaya...y Allah jangan sampe mertua menghancurkan kehidupan rumah tangga saya

Đọc thêm
6y trước

Sorry y, saya tidak kenal anda.ibu ini minta sharing tentang pengamalan tinggal dirumah mertua..bukan saya buka aib...aib apa yg saya buka? Anda Klo tidak ada sangkut pautnya, g usah banyak komentar.yg nanya aja g komentar

Alhamdulillah sya punya mertua baik bgt.. malah sya kenal duluan sama mertua, lalu baru kenal sama anaknya (suami sya).. tapi manusia memang tidak ada yg sempurna namun sya slalu berusaha memaklumi mertua sya.. apapun itu Alhamdulillah semua nikmat Allah tak terhingga.. sya pernah tinggal di rumah mertua dri awal hamil sampai lahiran dsana.. memang kami akhirnya pindah dri rumah tapi itu bukan kerna mertua sya.. dsana ada ipar sya juga yg tinggal bersama kami.. kalo hadist mengatakan "ipar adalah maut" yah begitulah kebenarannya.. dan walaupun sya sudah tidak serumah dengan mertua.. mertua sya sering mengantarkan kami lauk yg sudah dimasaknya atau lauk mentah utk sya olah sendiri.. bagi sya pribadi mertua itu wajib sya hormati seperti ibu sya sendiri.. n sya slalu berusaha mensuport suami utk loyal n perhatian kpd ibunya.. kerna sya berfikir kelak anak laki" sya pasti akan mempunyai istri dan sya akan menjadi mertua bagi istrinya.. dri itu sya berharap menantu sya pun berlaku baik kpd anaknya sya n kpd sya sebagai mertuanya.. ingat apa yg kita lakukan skrg akan berbalas kpd kita dimasa yg akan datang.. kuncinya bersabar, berusaha baik dan berdoa.. :')

Đọc thêm

Waktu awal2 nikah sih berasa bgt duka nya 😂 sampe sempet mikir apa mereka ga setuju kalo anaknya nikah sma saya.. Karna pas awal2 nikah, bumer sampe wa suami & bilang klo sya harus bantu2 kerjaan rumah dri mulai abis shubuh, akhirnya suamipun bikin list apa2 aja yg mesti saya kerjain dari bangun tidur sampe nanti malem trs sama suami difotoin & dikirim ke ibunya wkwkwk Tpi 2bln pernikahan, sya udh mulai gabetah saya ngajakin suami utk ngontrak, alhamdulillah suami mau.. ngontrak cuma 1bln karna pas kita ngontrak pun mertua malah nyuruh kita buat balik lagi karna katanya lumayan ada yg bayarin listrik 😅 Untungnya pas kita balik lagi, saya udh positif hamil jdi ga dituntut utk ngerjain macem2, walaupun kadang ada kaya sindiran2 halus, sampe pernah disindir lewat status wa-nya 😔 Mau masak ini-itu selalu diawasin, ngerjain sesuatu selalu diawasin + dikomen.. malah pas bulan2 awal nikah, hasil cucian piring saya diperiksain satu2, udh kaya orang lg ditraining lah pokonya 🤣 Sekarang udh 1th lebih pernikahan, Alhamdulillah udh mulai menerima saya... Mungkin karna faktor saya udh punya anak juga kali ya..

Đọc thêm

Waktu awal nikah rasanya sangat berat tinggal samaertua, tapi lama kelamaan belajar beradaptasi dgn keadaan Apalagi skrg lagi hamil, suka mager yak klo bumil, yah aku cerita sama suami klo aku mlas ngapangapain, lagiankan klo hamil gak boleh capekcapek. Suami sih ngerti, gak tau dah mertua. Kadang kalo lagi mood aku bantu mertua masak, nyuci piring. Tapi pas lagi mager ya aku malas malasan dikamar Mertua sih gak bnyak omong, gak tau dah dlam pikirannya ngira aku males ato apalah, tapi klo ngomong scara langsung gak pernah Malah sepupu suami yg sibuk komentar inilah, itulah, hamil gak boleh inilah, bnyak deh sampe dia nyindir" aku gitu Ya disitula gak enaknya, mgkin suami bisa ngerti posisi aku, tapi orang" sekeliling gak Beda sama dirumah ortu, jauh banget bedanya Makanya aku mutusin buat lahiran tempat ortu aja, biar gak ngerepotin orang disini, wlopun bakal jauh dari suami, yang penting aku gak nahan hati tinggal disini Aku disini juga demi suami, ngurusi suami, bukan mau diurusi orang

Đọc thêm

Bukan suami yg mudah beradaptasi, tapi orangtua dari istri yg mudah nerima. Dulu selama hamil saya perlakukan mertua sama seperti ibu kandung saya sendiri, saya kasih perhatian, respect, suka ngasih uang bulanan pas dlu saya kerja, dan nurut. Tapi semakin dibaikin ko semakin ngelunjak, saya ga bebas ekspresiin yang sy mau, misal kasih nama anak harus ada nama dari dia, tanpa minta persetujuan saya, ditanya arti dari nama jawabnya "apa yak". Ditambah suka bagus2in calon mantunya dari adik ipar, yg kaya lah, yg turunan arab sulawesi jawa lah, tp kalo urusan duit cuma minta dari suami saya, padahal dia tau suami saya ada utang bank, saya punya anak jg. Kan bisa biar adil minta ke adik ipar, lagian adik ipar baru mau nikah tp udh susah dimintain uang, calon istrinya jg kerja, gimana nnti udh pnya anak. Iya kalo umur suami panjang, kalo ngga, umur ga ada yg tau, mau minta uang ke siapa dia??

Đọc thêm

Mertua saya baik banget tp bawel bgt dan sangat disiplin. Serba bisa jg. Jago masak makanannya selalu enak. Bikin apa aja bisa. Perfecto! Sayangnya saya punya orangtua yg mendidik kurang baik. Jd ketularan. Intinya saya msh blm menerima konsep keluarga suami krna kluarga saya tuh mendidik saya terlalu mandiri. Dr sekola saya udh mikirin buat beli buku sendiri. Sebisa mungkin ga minta sm orglain dan jd terlalu mandiri dlm arti yaudah yg ptg gw ga nyusahin org jd org jgn nyusahin gue. Sementara di mertua apa² diatur mertua. Anak semuanya nurut sm ortu patuh bgt. Kalo punya harta harus berbagi.. Bertabrakan dg kemandirian saya dan ortu yg egonya sendiri2. Sebenernya bagus sih. Sayang saya gak sejak lahir jd anak mereka jd ya susah kita pasti sering beda pendapat. Bahkan mertua saya menaruh harapan tinggi terhadap saya dan suami. Sementara skrg usaha kami lg morat marit bgt..

Đọc thêm

Jarang tinggal sama mertua sih karna mertua di lain kota, cuma mungkin sebulan sekali mertua datang nginap 2-3hari Nyaman2 aja karna ku tipe sayang orang tua 😁 kalau cerewet mah mertua emang cerewet tapi semua demi kebaikan kita Aku mah ngeh2 aja bun mau mertua ngapain aja atau ngatur2 hehe Malah kdg senang, mertua kalau datang selalu ngecek takut menantu nya gak di kasih makan sama anaknya 😂 selalu beliin ke pajak beliin sarapan dll, perhatiannya 👍 Intinya kita yg mesti banyak melangkah mundur & positif bun, gak semua mertua kejam (kadang kita takut duluan karna dengar omongan org soal mertua yg kejam dll kemudian jadi konsep pikiran & kalau mertua kita cerewet atau ngatur sedikit kita uda lgsg ikut2an judge mertua kita juga kejam padahal enga)

Đọc thêm

Pernah ngalamin tinggal bareng mertua tapi cuma 2 bulanan, waktu awal menikah. Samasekali gak pernah nyuruh saya ngapa2in, nyuci baju sendiri, masak juga sendiri. Udah saya bilang biar saya aja sekalian sama baju saya dan suami. Tapi katanya kasian saya takut kecapean... Setiap pulang ngajar juga masakan sudah siap, tapi setiap pagi selalu saya sempatkan buat sarapan bahkan selalu dilarang supaya mertua aja yg masak. Jadi suka dulu2an bangun supaya bisa ngerjain pekerjaan rumah hehehe Pernah minta diajarkan buat cake keju setelah pulang ngajar, eeee dimeja makan malah udah jadi cakenyaaa😅 katanya dicicipin dulu baru belajar buat. Mertua bener2 perlakuin saya secara baik selama tinggal bareng.

Đọc thêm
Thành viên VIP

Saya tinggal drmh mertua cuma 1bln aja bun. Setelah itu ikut suami kerja dinas luar provinsi selama 1bln. Setelah sy hamil , sy dan suami disuruh nempatin rumah mertua yg kbetulan rmhnya msh 1 kompleks sm ortu sy dan suami minta mutasi kerjaan dikota sy agar tdk jauh saat sy sdg hamil. Alhamdulilah walaupun ini rmh pemberian mertua tp mrtua tdk pernah ngatur2 dan bersyukurnya sy msh bisa main dirumah ortu sy sesuka hati sy saat suami sdg kerja. Hehe FYI ibu mertua sy dlu tetangga sy, tp semenjak SD sampai kuliah dan skrg jd guru tinggal dan sdh punya rmh sndr diluar kota. Rumah yg sy tempati ini warisan dr kakek suami (ayahnya ibu mertua) untuk ibu mertua sy, dan skrg dipasrahkan sm sy dan suami.

Đọc thêm