working mom

disini ada yang working mom gak? terus anaknya d titipin sm org tua d rumah. menurut buibu d sini gmn hukumnya? dosakah saya menitipkan anak sm org tua? bukan karena gamau ngurus anak tp dgn sangat terpaksa saya harus bantu suami bekerja

39 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Whoa sadis amat yang langsung jawab dosa. Situ juru kunci surga? Wkwk Kalo dosa sih saya gatau ya bun, itu hak prerogatif Allah, dan tidak disebut tuh di Qur'an working mom dosa, karena bunda Khadijah juga working mom. Asal tau batasan dan sudah diridoi suami menurut saya ya sah-sah aja apalagi kalo niatnya membantu perekonomian keluarga. (Yang bilang dosa karena berkumpul laki perempuan, Mudah-mudahan kalo lahiran ditolong dokter kandungan perempuan ya. Meskipun dokternya harus ketemu laki-laki petugas RS lainnya di tempat kerja) Cuma memang ada tantangannya. Gimana membagi waktu dan memastikan tumbuh kembang anak baik meskipun ibunya bekerja. Itu sesuatu yang harus dibahas dengan suami (ya karena dia juga ikut andil bikin anak harus ikut mikirin dong jangan dipasrahin ibunya aja). Idealnya memang dijaga oleh orang yang sudah terlatih dan profesional menjaga anak. Bisa di daycare atau baby sitter. Kenapa? Karena mereka sudah dilatih untuk menstimulasi anak (ngga dibiarin main sendiri), juga paham cara penanganan darurat kalo ada apa2. Sedangkan orang tua, selain tenaganya ga seoptimal yang muda, juga umumnya sudah ngga update ilmu mengasuh anak sehingga takutnya malah ga optimal. Tapi kalo dimusyawarahkan dengan keluarga, orang tua sehat dan berkenan serta beliau mau update ilmu baru soal parenting ya monggo saja, semua kembali ke situasi kondisi masing-masing asal ngga ada pihak yang terpaksa why not. Tenang aja bun, working mom atau IRT, caesar atau normal, ASI atau Sufor, semua ibu hebat dan insya Allah berpahala dalam ikhtiarnya menjadi ibu. There is no perfect mom, but every mom is perfect for her children.

Đọc thêm
5y trước

Apa dalilnya ?coba bacakan

“Kalian semua adalah pemimpin dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinan kalian. Pemimpin diantara manusia dia akan ditanya tentang kepemimpinannya. Laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan dia akan ditanya tentang kepemimpinannya. Istri adalah pemimpin dalam rumah tangga serta anak-anak suaminya dan dia akan ditanya tentang mereka. Budak adalah pemimpin bagi harta tuannya dan dia akan ditanya tentangnya. Ketahuilah bahwa kalian adalah pemimpin dan kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya.” (HR. Bukhari dan Muslim) Hukum Dosa tidaknya itu Hak Allah . nenek dan kakek mana yg tidak ikhlas mengurus cucu mereka (kecuali yg tidak waras) . Rasulullah pun begitu dekat dg cucunya . tapi kwajiban menyuapi mengganti pakaian dan memandikan tetap tanggungjawab Ibunda Fatimah 😊 dan kwajiban mendidik agama adalah tanggung jawab Sayyidina Ali selaku ayahnya Tidak masalah menitipkan anak pada kakek dan neneknya . hanya saja nanti d akhirat ketika para orangtua d tanya mengenai tanggung jawab anaknya tidak mungkin kalau kita jawab "tanya pada kakek dan neneknya" .. Jadi bunda2 boleh saja mnitipkan anak pada nenek kakeknya tp sebatas mengasuh dan mngajak bermain. Untuk menyuapi , memandikan , mengganti pakaian itu kewajiban bunda bunda . dan pendidikan agama seluruh nya adalah kwajiban ayah pada anaknya . bukankah sempurna seorang wanita yg bisa memuliakan keluarganya termasuk anak suami dan orangtuanya 😊😊😊

Đọc thêm
5y trước

Anonim : Lho saya diasuh nenek dr kecil sampe lulus SMA. Bukannya ibu sy gk mau rawat, tp bpk yg kekeh minta sy di asuh dia tp endingnya nenek yg rawat. Semoga aj ibu sy gk dosa. Kasian batinnya dipisahin sm anaknya, untung skrg sy udh bs kembali sm ibu.

Sebenernya dosa katanya sih, karna jadiin orangtua kayak pembantu urusin cucu, tp asal bisa bantu dan ibu bisa ngasih uang ke mereka dan menuhin kebutuhan anak ibu dan ortu ibu selama menitipkan anak dan menjaga anak sih ga masalah tergantung si ibu nya, dulu kk ku pernah titipin anak dirumah pas si baby umur 4bulanan karna cuti nya dah abis, jd dia dtg kasih anaknya pakaian pampers segala keperluan baby nya susunya udah disiapin dan pakaian perlengkapan dia bagi 2 ( 1 taro di rumahnh Ya 1 lagi taro di rumah ibu ku jd ada lemari khusus gitu) tiap bulan dikasih 2juta untuk urus anak dan 1 juta untuk jajan ibu ku plus makan dan dapur dirumah di penuhin dia katanya biar seneng jagain anak nya. Smpe skrg di titip sih anaknya udah mulai mpasi kk ku bawa makanan nya untuk 1 hari dan kalo ga dimakan bsk dibuang krna mpasi yg bikin sndiri kan tahan cuma 24jam harus taro kulkas dan di panasin gitu,, jd kalo dtg ibu ku tinggal terima anak nya, susu asi nya, botol susu dan makanan nya udah gitu aja.

Đọc thêm

Dalam Islam, berdosa, Bun. Bahkan anak itu wajib selalu sama ibunya (karena ibu tidak wajib bekerja). Kalau terpaksa harus bekerja, Bunda bisa bayar pengasuh kalo memungkinkan. Tapi sekiranya amat sangat tidak memungkinkan juga dan hanya bisa dititipkan ke ortu, Bunda bisa 'balas budi' dengan memberi hadiah apa saja yg sekiranya bisa meringankan kelelahan mereka mengasuh anak kita, Bun. Memang sebenarnya opsi menitipkan anak ke ortu kita ini sebisa mungkin harus dihindari. Wallahu a'lam.

Đọc thêm

Kalo saya malah d suruh kerja sama ortu.. Soal anak mereka mau bantu jagain pas aq nya kerja.. Kalo ga kerja malah kasian ortu soalnya mereka cuma bisa nyekolahin biar nanti kehidupan anakknya bisa lebih baik dri mereka.. mereka ga bisa kasih apa".. selain sekolah.. Kalo ga kerja malah kasian ortu ku.. soalnya mereka slm ini kerja keras buat aku.m Soal suami. Alhamdulillahh tdk pernah melarang aku bekerja.. insyaallahh ikhlas kalo istrinya kerja.. Gimana dong..

Đọc thêm

Dosa nya ada 2 Bun, yg pertama fitrahnya wanita itu di rumah, di luar itu bnyk fitnah, termasuk campur baur laki2-perempuan apalg dlm lingkungan kerja, tp klo bunda merasa gapapa ya silahkan aja yg penting bunda bisa mempertanggungjawabkan itu di akhirat kelak. Kecuali bunda seorang single parent mungkin sudah keadaan urgensi, dan yg ke2 dosa Bun menitipkan anak ke ortu, karna anak kita sudah tanggungjawab kita dalam mendidik. Wallahu a'lam.

Đọc thêm
5y trước

Kalo gitu gak ada bidan, dokter, polwan, pramugari, dll dong, buk? Atau mungkin para wanita yg bekerja diluar sana itu non muslim?🥱

Saya juga pekerja bun dan anak diasuh kedua orang tua karena mereka menginginkan saya tetap bekerja dan mereka juga yg menginginkan mengasuh anak saya. Malahan anak kedua ini rencananya mau berhenti tapi sama orang tua gak boleh, biar mereka yg ngasuh. Jadi dilema, kalau suami si pengennya saya berhenti karena gak enak sama orang tua saya harus ngasuh si kk dan ade tapi suami juga menghargai keputusan orang tua. Jadi liat dulu 1-2 bulan kedepan.

Đọc thêm

Kalau sy malah ortu sendiri yg minta, kamu tetep kerja yahh.. Anak titipin kesini aja, lagian adik mu sudah pada kuliah ini, sayang kuliah mahal" klo cuma jadi IRT aja, mendingan ilmu digunakan untuk kerja dan juga bisa membantu perekonomian orangtua dan keluarga juga.. Klo itu menurut sy ga dosa sama sekali, 😊malah bersyukur neneknya yg jaga dengan baik dan bisa membantu ortu juga dalam hal biaya sekolah adik dll..

Đọc thêm

Saya juga gitu bunda, dititip ke orang tua.. saya klo sama orang agak takut,jadi saya bilang ke ortu pakai baby sister tapi mama yg lihat aja tapi ortu gak setuju katanya biar mama aja yg urus berdua sama kk kandung q.. yg penting uang belanja masak,uang jajan,uang token,uang air, q bayar..walaupun ortu gak minta tapi menurut q sebagian gaji q ke ortu karna mama gak ada penghasilan kecuali dari anak nya..

Đọc thêm

Kalo saya malah ibu saya yg pengen ngasuh cucunya, saya nya masi cuti juga anak saya banyakan diurus ama ibu saya, saya suruh gantian aja kadang gamau. Dan saya pun kerja buat nafkahin keluarga saya (ortu saya, sekolahin adik saya) krna saya tulang punggung keluarga, jadi kayaknya ga berdosa juga nitipin anak demi mencari nafkah untuk mereka juga.

Đọc thêm