Hak istri

Curhat ya bun ini soal keuangan Aku nikah sudah 5bulan tapi kenapa ya bun soal uang suami ga pernah ngasih ke aku dia selalu kasih ke ibuknya dia juga gapernah terbuka, Disini kan rata" jual sayuran gitu bun suami aku juga nanam banyak ya walaupun kadang harga naik turun tapi kenapa ga pernah terbuka dpt uang segini" dia lebih terbuka ke ibuknya merasa di duakan saya bun ? misal dpt 1jt di kasih ke ibuknya sepenuhnya,, aku kan orangnya ga enakan Bun jadi kalau pengen ini itu aku tahan kalo ngga saking pinginnya Uangnya juga di simpen di lemari ibuknya aku juga ga enak kan kalau butuh apa terus buka" lemarinya jadinya aku suka ngumpulin uang sisa kembalian" gitu lumayan lah buat pegangan Aku harus gimana ya bun? Maaf panjang ya bun ngeluarin uneg"

47 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Diomongin baik baik sama suami bun.. Masalah keuangan ini kan termasuk nafkah lahir ya.. Terus bunda untuk keperluan sehari hari gimana? Selain untuk makan kan perempuan juga ada printilannya tuh spt pembalut, sabun muka, skincare, gincu, dll.. Kewajiban suami untuk memenuhi nafkah itu bun,, Dan keuangan ini masalah sensitiv, harusnya sudah ada keterbukaan dan kesepakatan sebelum/awal awal pernikahan antara suami istri, tentang besar pendapatan dan pengeluaran tetap tiap bulannya.. jadi biar bisa menentukan post post yg mana uang untuk kebutuhan hidup, sedekah ke orang tua, bayar cicilan (kalau ada), tabungan/investasi. Coba diobrolin baik baik bun,, mumpung baru dimulai kehidupan rumah tangganya. Tp usahakan kita sbg perempuan juga ada pemasukan walaupun sedikit, buat pegangan dan ditabung.

Đọc thêm
4y trước

Iya bun makasih ❤️

Gpp bunda... Yang sabar saya juga pernah ngerasain begitu bedannya suami saya kalo saya beli apa apa harus ada barang nya dan jelas. Kadang si aku canggung buat beli jjn gitu takut di bilang ngeragas makannya. Makan ini itu engga boleh kudu yang sehat. Saya malahan engga pernah beli beli barang barang cuman kalo di kasih uang ya udah buat beliin baju anak sama kebutuhan anak palingan saya kalo mau ya cuman beli daster. Kalo suami saya uang boleh habis asal ada barang nya gitu. Tapi Alhamdulillah tiap bulan saya dapat uang dari Abang aku. Soal nya saya anak terakhir dan perempuan sendiri jadi ya Alhamdulillah dpt jath dari Abang sendiri. Kalo mau minta ini itu ke suami saya rada canggung. Saya kasihan liat kerjanya capek.

Đọc thêm

Suami sama aja ngak nafkahin bund kalo semuanya masih ibu Coba bunda tanya suami sbenarnya nikahin bunda karna apa Kalo belum kenapa dinikahin Ibunya pun seharusnya kasih tahu anaknya gimana sikap jdi seorang suami ...maaf ya bund Waktu pacaran aja kalo suamiku mau ngirim duit sama ibunya aja Ibunya aja selalu nanya aq marah ngak kalo suami kasih duit Pdhal itu status masih pacaran ...sampe skg pun kalo mau ngasih duit sama ortunya Ortunya ngak mau kalo saya istrinya ngak tau Harus ada persetujuan dri istrinya dulu ...itu baru namanya orang tua yg ngajarin gimana jdi suami yg baik

Đọc thêm
Thành viên VIP

Maaf bunda, seharusnya klu sudah nikah harus ada keterbukaan bunda Nah itu bunda balik ke point bunda bikin suasana bagus dlu bunda semisal nih pas mau tidur malam gtu bunda deketin trs ajak ngbrol yg biasa jgn yg uang dlu kalau suami udh enak di ajak ngobrol baru tuh bunda coba tanyakan bunda utarakan semua unek unek bunda. Tp ingat bunda dgn nada yg enak kayak cerita gtu bunda jadi nanti insyallah suami bakal terbuka bunda. Jelaskan juga masalah uang untuk ortunya juga bunda. Ini kalau menurut saya bunda 😊maaf kalau salah bunda, semoga segera terpecahkan permasalahan ini. Semangaat bunda 💕

Đọc thêm

Dari sebelum nikah apa ga diomongin bun soal financial.... harusnya bunda ga ada istilah sungkan itu hak kita dan kewajiban suami utk menafkahi.... coba komunikasikan lagi bun kesuami uneg unegnya. Kalo bunda diem aja pegimana suami mau tau yg ada dipikiran bunda.. bisa aja dia beranggapan bunda ga masalah dgn sikapnya selama ini. Namun kalo suami bunda dewasa dan bijak... hal itu ga dilakukaannya... untuk keuàngan harus ada komunikasi.

Đọc thêm
4y trước

Iya bun mungkin butuh waktu yg tepat untuk ngomongin soal ini:-)

coba di tanyain ajah bun, mmpung blm punya anak juga kan bisa di tabung uangnya kalo lebih, saya juga ngga enak lah klo apa" minta apa lagi yg pegang duit mertua, suami saya juga ngga terbuka penghasilan brpa,tapi qlhmdllah saya di buatkan tabungan khusus buat saya buat kebutuhan saya,kebutihan rumah kadang pake uang suami juga,dan saya di buat kan tabungan mati,jadi saya pegang 2 tabungan,,,

Đọc thêm
4y trước

jangan takut" buat ngomong ke suami bun,biar ke depannya juga kita lebih enak,bundanya juga ngga kepikiran terus,,,

Ak juga pernah awal nikah gtu bun uang gajih suami dikasih ke ibunya semuanya n gk bilang ke aku, trus ak sindir klo suami gk nafkahin aku. Trus kami diem"an selama bbrp hari tp semenjak itu suami curhat ke ortunya n smnjak itu juga tiap gajihan uang suami full dikasih ke aku karna ortunya ngerti bub 😊

Đọc thêm
Thành viên VIP

Kalo aku ngomong bun, mau sampe kelai juga ku ladenin. Hak istri kok ga ada. Lagian kalau mau berbagi / berbakti ke org tua, penuhi dulu kebutuhan keluarga sendiri, kalo ada sisa baru kasih org tua itupun jika mampu, ngerasa nda mampu juga gpp.. Inget dosa mendzolimi org ada aja nanti balesan dari Allah.

Đọc thêm

Sepeser pun ga dikasih bun?? Sama dengan ga dinafkahi dong ya?? Gimana sih itu suaminya, diingatin bun soal nafkah, diakhirat dimintai pertanggungjawabannya tu suami. Jangan didiemin dlam hati, lama² makan hati.. Komunikasikan bunda, sebelum terlalu berlarut.. Smoga suaminya mau ngerti ya bun..

4y trước

Iya bun makasih banget ❤️

Suamiku jual d pasar jd satu sm ibunya juga gt bund. Tp udah komunikasi kesepakatan uangnya dia buat lahiranku, uangku buat yg lain lain. Coba di ajak becanda pas moodnya baik, bilang pengen jajan atau apa. Dibiasain minta coba, kalau ga dinafkahi gitu kan suami dosa juga. harusnya dikit² ada.

Đọc thêm
4y trước

intinya komunikasi bund, mau gimanapun harus ada yg dikasih, kan udh kewajiban suami ke bunda. Drpd jd dosa krn kewajiban ga dipenuhi :')