bunnn sebenarnya anak mulai sekolah baik nya umur berapa yah?? kalau umur 3 tahun terlalu dini kah??

173 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Lihat sekolahnya dulu, bund. Kalau umur segitu kan harusnya masuk PG/Pre School Liat sekolahnya dulu, apakah masuk setiap Hari? Kalau masuk setiap Hari bisa bikin anak bosan, karena sekolah umur segini harusnya pengenalan aja. Terus liat lagi kegiatan sekolahnya, ngapain di sekolah? Cara ngajarnya gimana? Kalau Satu kelas isi 40 anak, yg ngawasin cuma 2, alamat nggak keurus anak bunda. Terus liat juga yg diajarin apa? Sudah diajarin Baca sama ngitung? Wah, anak bunda malah Makin pusing, umur segitu harusnya masih main. Kalau kurikulumnya kegiatannya seperti bikin prakarya, melakukan percobaan di kelas, melatih kreatifitas dengan menggambar atau melukis, okelah. Sekarang Zaman sudah maju, bund. Anak umur 6 bulan aja Ada baby gym class, sensory class, bahkan science class. Kita orang tua yg pinter-pinter Cari sekolah yg cocok dengan si anak aja.

Đọc thêm

Udah bisa kok bunn .. mungkin masuknya paud(playground) gitu bunn .. biar si anaknya mau kenal sama anak” baru juga .. biar terbiasa berinteraksi sama orang lain gitu bunn jadi nanti kalau Udah TK gak rewel kalau mau ditinggal” .. Dulu pas saya kerja jadi admin Olshop sebuah brand , anak bos saya begitu kalau sekolah gak mau di tinggal kemana” , pernah saya yg nungguin masak sama anaknya disuruh nunggu depan pintu .. tapi saya selalu nyoba buat nunggu di tempat yg agak jauhan biar anaknya gak minta di tunggu teruss .. sampai berkali” kalo tau ditinggal pasti nyariin sambil nangiss .. tapi selalu di coba terusss” 😄 Anaknya sih mau sekolah dan main sama temen”nya .. bahkan cepat tanggap cuman ya itu gak mau di tinggal .. namanya baru perkenalan sama lingkungan sekolahnya ..

Đọc thêm
4y trước

Ponakan saya sampe kelas 4 SD kalo sekolah bener harus ditungguin didepan ruangan😂

Saya pribadi anak usia 3th bln bun dan belum ada niatan untuk nyekolahin anak , Dulu udah pernah siih pingin gitu mikirnya biar gak ketinggalan , Tapi ketika main bareng anak seusianya yg sudah sekolah ternyata tidak jauh berbeda , anak sy tetap bisa mengikuti cara bermainnya termasuk menyebutkan kosa kata , menggabung kalimat , membedakan warna2 , berhitung , nama hewan buah dan lainnya . Malah sy pernah lihat video tentang anak2 dibawah 6thn adl masa2 dimana anak mengembangkan gerak motorik dan mempererat ikatan dgn orgtua ..bermain dgn orgtua belajar dgn orangtua belum waktunya anak terikat aturan yg jam segini harus begini jam segini harus melakukan ini .. Tapi kembali ke pribadi orgtua masing2 bun 🙏

Đọc thêm

hai bun.. mau ikut share aja ya hehe dulu saya kerja sebagai guru sd swasta yang lumayan terkenal yang kurikulum nya mengikuti kurikulum indonesia dan digabung dengan kurikulum sendiri, menurut pantauan saya jika anak yang disekolahkan terlalu dini, pas sekolah sd nya mengalami masa malas sekolah dan penyerapan ilmu nya agak kurang karena sudah jenuh dengan sekolah.. saya sendiri mengalami bun karena sudah sekolah dari usia 4 tahun, akhirnya mulai kelas 4/5 sd mulai mengalami kemunduran masalah akademik 😅 tapi itu semua tergantung anaknya, dan pola asuh orang tua nya juga sih.. kemudian pemilihan sekolah nya juga.. mana sekarang mah sekolah banyak jenisnya, tergantung kurikulum yang dianut 😊

Đọc thêm
4y trước

Calistung dikenalkan di jenjang TK tapi tidak diajarkan full. Saya setuju bunda baby Z, sebagai guru pastinya bingung, gk tega ngajarkan calistung sejak dini, tapi ya gimana wali murid gk diturutin pindah sekolah, akhirnya kekurangan siswa. Repot

Kalo saya kebetulan anak saya th ajaran baru 2020 pas 5 th.. dan insha Allah saya masukkan TK A bunda. Sebelumnya saya ajarkan sendiri pake buku pra TK, dan belinya ga harus ke gramed.. banyak kok di toko buku/toko peralatan sekolah, 1 buku harga 10-20rb disertai gambar. Terus saya jg ngasih dia crayon dan spidol buat mewarnai + gambar.. saya beliin buku mewarnai + buku gambar untuk TK.. udah deh corat coret aja disitu. Saya lakuin itu karena saya pengen banget anak saya itu tau angka, tau huruf, bisa nulis dan ngaji itu karena saya yg ngajarin.. itu obesesi saya Bunda bisa coba di rumah, modal telaten aja pokonya.. soalnya anak saya juga gampang bosen, jadi kadang saya ganti2 jadwalnya.

Đọc thêm

Pernah baca artikel bun... Tujuannya sekolah utk apa? Klo bersosialisasi, anak usia dibawah 3thn blm butuh. Mereka itu masih “bermain sama2” artinya mereka main sendiri2 tp ditempat dan waktu yg sama. Kalo sdh diatas 3 tahun sudah bisa “main bersama” artinya main sama2 dg mainan yg sama dan belajar utk sharing.. Dilihat lg kesiapan anak, dan kondisi dirumah. Anak saya saya sekolahkan juga diusia 3tahun. Pertimbangan saya waktu kmrn, golden age anak di usia 0-5tahun.. tp saya dan suami kerja. Saya tdk mau melepaskan golden age anak ke pengasuh dirumah yg mungkin tingkat pendidikannya/ nilai2 hidupnya tdk sesuai dg saya. Jd saya pilih utk disekolahkan aja 😊

Đọc thêm
4y trước

Waahh thanks ilmu baru nya mbak 🙏

Thành viên VIP

bunda cek dulu mau dititipkan ke tempat seperti apa. kebetulan saya juga guru dari paud yang berbasis montessori. anak 2 tahun udah ada di sekolah saya. mereka campuran bun belajarnya, ga dibedakan sesuai umur, karena konsep montessori yg tua mengajarkan yg kecil, yg kecil belajar daei yang tuaan. terus, kalaupun ada pemberian materi, misal mengenal bentuk bentuk angka, anak anak kecil yg 4 tahun kbawah ga kami paksa ikut, mereka mau main pas kakak2nya belajar ya gapapa, sesuai minat mereka aja. dan pembelajarannya ga lebih dari 1 jam, sisanya mereka bebas .. jadi kalau tipe kegiatannya mirip2 begitu, ga masalah sih mau dititipkan umur berapa aja ..

Đọc thêm

Saya juga lagi mempertimbangkan mau masukin anak ke KB atau PAUD saat usianya 3 tahun. Masih lama, sih. Tapi dari sekarang saya mulai nyicil cari informasi berbagai sekolah dan kurikulum yang diajarkan. Maunya tetap sekolah yang lebih banyak mengajak anak bermain scr aktif sesuai dgn usianya. Dan yg pengawasannya tetap maksimal, misal satu org pengasuh tidak pegang banyak balita, dan ada cctv yg bisa diakses ortu dr jauh. Saya sadar kalo pendidikan terbaik ada di rumah oleh orang tua, tapi apa boleh buat saya dan suami kerja full time. Jadi, sebisa mungkin cari sekolahnya yang kurikulum dan fasilitasnya memang mendukung tumbang anak sesuai usianya.

Đọc thêm

Kalau kedua anak saya sejak umur 21 bulan sudah disekolahkan bunda. Bukan untuk belajar tapi bersosialisasi. Seperti berbagi kepada teman, berbaris dengan cara bermain kereta2an, olahraga gimana caranya berdiri di titian, melatih motorik dan keseimbangan, belajar memindahkan bola, mengikuti petunjuk permainan, bernyanyi menari bersama2 dengan ikutin lagu. Sekolahnya pun tidak setiap hari bs seminggu sekali atau seminggu 2x. Dan hanya 1 jam. Menurut sy sangat bermamfaat ya, sebagai contoh di playground, ada permainan panjat tebing, anak sy umur 3 tahun tanpa sy ajarkan, dia berani dan bisa paniat tebing loh.

Đọc thêm

Saya akan mencoba menjawab ya...pada dasarnya anak baru siap berpisah dengan orangtua sejak usia di atas 3 tahun. Usia 3 tahun anak baru siap diajak bekerja sama untuk bisa berpisah untuk sementara waktu selama anak berada di sekolah (teori psikologi dari John Bowlby tentang keterikatan anak). Jadi jawabannya, iya masih terlalu dini bund, walaupun anak menyebutkan "mau" tapi pada kenyataannya ketika sudah di bawa ke sekolah, anak akan kembali merasakan kecemasan untuk berpisah. Lebih baik usia 4-5 tahun anak dimasukan ke PAUD atau TK dengan perkembangan sosial emosional yg sudah cukup siap.

Đọc thêm
3y trước

setuju