Persiapan Lahiran anak pertama

Bunda".. sy mau tanya .. sy lg hamil UK 34 mggu anak pertama dan kami tinggl diperantauan bersama suami . untuk persiapan lahiran nnti apkh kita butuh bantuan org tua atau saudra ? atau sebenernya kita bisa melakukan sendiri y bund ? soalnya keadaan org tua udah pada tua dan tiket pesawat juga lumayan mahal.. untuk lahiran dikampung jg suami gak izinin . boleh bntu solusi bunda, mungkin ada yg pernah merasakan hal yang sama..

10 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Thành viên VIP

Share pengalaman ya Bun. Aku & suami juga mengurus anak sendiri tanpa bantuan ortu maupun mertua. Tapi selama hamil saya banyak belajar mengenai fakta-fakta bayi Newborn (cara merawat, memandikan, cara menstimulasi bayi berdasarkan usia, penanganan bila bayi sakit, imunisasi), tentang ASI, tentang MPASI, tentang parenting. Jadi, pasca melahirkan saya merasa babak baru dalam kehidupan sebagai seorang ibu baru dimulai. Intinya buang jauh-jauh rasa ketakutan dalam mengurus bayi, tanamkan di dalam hati & pikiran kita, bahwa kita pasti bisa merawat, mendidik & membesarkan anak kita sendiri. Sebagai orang tua, kita tidak boleh berhenti untuk belajar dan terus belajar. Sehingga kita tidak mudah termakan mitos-mitos yg akan merugikan diri sendiri apabila kita mempercayainya. Komunikasi, dukungan dan kerjasama yg baik dengan suami akan membuat semuanya menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Đọc thêm

Anak pertama ku di bantu urus sama orang tua ku sendiri bun. Karena aku waktu lahiran ambeyen nya keluar, jd gabisa duduk sama sekali susah gerak kemana2. jahitan ku sakit banget karena di obras. dan gabisa pup 2minggu yang mengharuskan aku kerumah sakit terus buat minta obat pelunak biar bisa pup, sementara pake microlax ga mempan xiXi. dan belum bisa juga mandiin bayi. sementara anak kedua aku sendiri karena udah ngontrak rumah . padahal jahitan full obras bedanya ini ambeyen nya ga kambuh jadi aktifitas ga terganggu. mandiin bayi awalnya nyuruh orang sampe 2minggu abis itu aku juga sembari belajar,alhamdulillah pas udah bisa aku stop orang yang mandiin bayinya. Yang susah memang cuma mandiin bayi aja kok, yang lainnya ga susah. kalo bundanya mampu bisa bayar orang ko perharinya ga mahal cuma 50rb/hari 2 kali mandi kalo di depok

Đọc thêm
2y trước

iya bund . sempet mikir jg buat cari org .. tp kn dy krja nya mgkin pagi smpe sore.. krna ank prtma blm bnyak tau apa" takutnya ntr malam" ntah nangis trs atau apa kita gk tau

Thành viên VIP

sebenernya bisa handle sendiri asal percaya kalo kita bisa tp kalo mindset dari awal udah bilang gabisa ya ga bakal bisa. aku pas lahiran anak pertama dibantu mertua selama 2 minggu, nah pas hamil anak ke2 qodarullah mertua meninggal jd bener2 aku handle semua sendiri. pas mulai ngerasa mau lahiran, anak pertamaku aku titipin di tetangga trs lanjut ke puskesmas sama suami, yg nemenin cuma suami dan untungnya proses lahirannya cepet jd sore kami bisa pulang, sepulang dari puskesmas semua full aku dan suami yg handle ga minta bantuan siapa2

Đọc thêm

kalo sikon ga memungkinkan yaudah bun urus berdua aja sama suami. Kuncinya bunda banyak2 membaca, cari ilmu tentang mengurus newborn, follow IG dokter2 anak jadi bunda gak kemakan mitos2 jaman dulu, tahu membedakan mana yg benar dan mana yg mitos. Lalu yg gak kalah penting adalah siapin mental. Ngurus anak gak mudah, tapi bisa kok dilakukan asal suami istri kompak. Suami harus mau bantu urus anak dan beberes rumah. Bunda sbg new mom jg kalo ada masalah jgn dipendem sendiri takutnya jadi baby blues. Banyak2 diskusi sama suami ya.

Đọc thêm

aku sih bun gak di bantuin mama mertua atau mama ku.. cuma aku ngurus anak di bantuin suami.. cuma di rmah ada orang gaji bun,, pekerjaan rumah dan masak,nyuci dll di handle sama org gaji.. aku cuma ngurus suami sama anak. tapi balik lagi ke kalian, apa kalian sanggup ber2 atau butuh orang nemenin. soalnya kan kemampuan setiap orang beda2. kalo mmang butuh org bantu2, bayar org aja bun. dri pada nyusahin org tua nya yg udah gak sanggup buat bantu2 kan.

Đọc thêm

kalau sy masih di bantuin bun 😁 kalau merasa siap dan mampu ya di pegang sendiri aja bund . sebenarnya bisa kok . atau ga biasanya bisa panggil bidan gitu buat bantuin mandiin dan cek kesehatan gitu sebelum puput pusernya . atau kalo di daerahku sini di baby spa ada pelayanan home visit ngurus new born , mandiin , jemur , pijat baby , pijat nifas , pijat oksitosin gitu selama seminggu , tapi ya lumayan juga untuk feenya 700an kalau ga salah .

Đọc thêm
Thành viên VIP

tergantung kesiapan si bunda.. aku waktu anak pertama niat nya mau urus sendiri.. tp karna cucu perempuan pertama ibuku jdi riweh deh.. banyak dibantu emng tp gt.. kek masih hrus make adat dan larang pantang nya.. selain biaya itu juga cape lah ngikutinya.. pas aku anak kedua.. semua aku urus sendiri.. selain nene udh gak ada.. jdi lebih santai ajah.. udh gitu pengalaman ngurus anak pertama..

Đọc thêm

pengalaman saya, saya lahiran sampe mengurus anak hanya berdua sama suami bun. orang tua kami yang perempuan sudah tiada, yang laki laki udh menikah lagi udh punya kehidupan baru masing masing. awalnya mmg berat, karna kita orang tua baru tapi percayalah bun, Insya Allah dibalik kesulitan pasti ada kemudahan. sampe skrg anak umur 8 bulan, kami asuh hanya berdua dengan suami.

Đọc thêm

aku baru lahiran SC 3bulan lalu Bun dan cuma berdua sama suami . orang tua jauh beda pulau . afirmasi ke diri sendiri kalau bunda pasti bisa handle semuanya sendiri, banyak banyak baca tatacara mengurus Newborn yaa lewat TAP, buku kia, YT, IG atau lain nya ya Bun.

Thành viên VIP

urus aja ber 2 soal beberes cari tetangga yg mau di bayar krna cape nya itu beberes,masak dan nyuci,tp klo di rasa mampu ya gpp lakuin aja,aku dlu lahiran ngurus ber2 kebetulan corona jd suami yg beberes masak aku fokus anak