ortu / suami

Bunda, sejak jaman Sekolah sampai skrg kerja di suatu perusahaan, aku pasti ngasi nafkah untuk kedua org tuaku... Aku anak tunggal.. Org tuaku g kerja..selama ni aku yg bantu dr segi ke uangan.. Sampek akhirnya aku nikah dan suami minta aku berhenti kerja... Skrg fikiranku berat bunda..kasian ke org tua.. Suami tuh gmau tau,, dia tuh inginnya istrinya d rumah, dapat pengaruh dr mertua ipar dan tetangga " masak menantu kerja" gitu katanya... Padahal aku kerja juga demi bantu suami..terutama untuk ortuku.. Aku satu2.nya harapan karna ortu gg punya anak lg kecuali aku bunda... Mnrt bunda aku hrs gmnaa?? Sekarang aku hamil 3 bulan.. Aku stres bunda

41 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Wah sama persis sama aku bun, aku anak tunggal juga, tapi ortuku cuma tinggal papaku aja, mama sudah meninggal, tapi papaku itu ga kerja dan ga punya simpanan juga, jadi selama 5 tahunan ini aku yang support papaku secara financial. Dan dr awal aku hamil aku resign krn pekerjaanku resiko besar thd pandemi, awalnya stress bgt bgt bgt krn ga bs support financial lagi ke papa, tabungan saya juga sudah habis utk menikah dan dp rumah bersama suami, suami kasih perbulan secukupnya utk biaya rumah dll ,makan dan kebutuhan saya saya sendiri, cuma ga cukup kalau utk kasi ke papa krn biasanya saya kasi cukup besar, tapi akhirnya saya bicarakan ini ke suami (suami juga dr awal pacaran tau kalau saya support financial papa) jadi dia mengerti dan alhamdulillah dia bilang dia yang handle dulu kebutuhan papa, dan alhamdulillah juga dimasa pandemi ini ALLAH SWT kasi rejeki yang cukup kepada suami, cuma memang ga sebesar yg selalu saya berikan ke papa, tapi setidaknya papa saya masih bisa hidup layak. Jadi coba dibicarakan dulu baiknya gimana sama suami, dikurangi stress nya ya bun soalnya kan lagi hamil juga, kasian janinnya ikut merasa stress juga nanti bunda.. 😊

Đọc thêm
4y trước

Aku udah cukup brusha untuk g stres bun.. Tp nnt fikiran itu dtg lgi 😭 lg dan lg..

Ortunya bunda gak kerja karna apa Bun?? Udah sepuh sakit atau gimana? Bunda kerja dari sekolah? Iya emang tau Bun sebagai anak bantu keuangan keluarga. Tapi kenapa kok hanya mengandalkan uang dari bunda?? Apalagi bunda anak perempuan , jadi ya setelah menikah memang gak berkewajiban kasih uang lagi ke ortu,kalau bunda mampu ya kasih, tapi posisinya kan suami bunda tidak mengijinkan bekerja. Ridho mu sekarang ada pada suamimu Bun Kalau seumpama ortu kerja emang gamau Bun?? Maksudnya kan minimal ada penghasilan, nahh kan suami larang bunda kerja ,paling nggak bantulah sedikit, tapi ortu bunda ya kerja gitu loh jadinya suami gak terlalu berat pengeluaran nya untuk ortu bunda, meringankan ortu bunda tapi tidak jadi tulang punggung. Kalau suamimu suruh full penuhi kebutuhan ortumu , kebutuhan mu serta mertua ya berat Bun. Gakan sanggup. Pilihan tengahnya ya ortumu bekerja, suami bantu ortumu kasih uang semampu nya suami, tapi bukan sepenuhnya kebutuhan hidup ortumu ditanggung suamimu, karna itu juga bukan tanggung jawab suami mu

Đọc thêm
4y trước

Bunda kalau ngasih saran tolong dipikirkan LG ya dipahami kondisi nya, pernah ada diposisi sebagai anak tunggal ga Bun yg orang tua nya udah sepuh ga bisa buat kerja harus disupport secara financial???? Kenapa dgn anak perempuan yg ngasih nafkah ke orang tuanya memangnya?? Menurut saya itu juga kewajiban anak perempuan, Kalau laki2 bisa ngasih ke orang tuanya kenapa perempuan ga bisa??? Dgn catatan udah jalanin perannya sebagai istri dgn baik???

Thành viên VIP

Gpp sih klo suami MAMPU untuk menafkahi oraang tua bunda Tapi klo tidak mampu better ya di tunda dl Janga hanya bs melarang kerja tp tanpa solusi Sebelum nikah tidak ada bicarakan hal ini? sy dr sebelum nikah sdh blg, sy akan tetap kerja. Karena Ibu sy yg membesarkan sy sbg single parants,dan skrg kena stroke. Jd sy wajib untuk membalas budi dg menafkahi Ibu Suami blom mampu untuk menafkahi ibu sy, jd dia tidam melarang sy bekerja coba bunda buat list, kira2 kebutuhan hidup ortu bunda apa saja, kira dr pendaparan suami mampu ato tidak mencukupinya klo blom mending tetep kerja, Klo pendapat sy pribadi, kita jg harus membalas budi orang tua yg sudah membesarkan dan menyekolahkan kita.

Đọc thêm
4y trước

suaminya ga mampu biayai ortu bunda? jangan mau klo gt bun

Saya juga anak tunggal Bun, sebelum nikah sama udah jelasin ke suami kalau sama punya tanggungan ngasih bulanan ke ortu sekian, kalau kamu mau sama saya kamu harus izinin saya kerja atau kamu yg menehun kebutuhan orang tua saya, Alhamdulillah sampe sekarang lancar2 ajja Bun, saran saya kamu omongin ke suami Bun,aku sendiri sih pasti akan berat ke ortu Bun karena kasian lah kita harapan hidup mereka satu2nya, mau saya anak perempuan yg katanya ga ada kewajiban ngasih nafkah juga tetep ga ada yg tau gimna jd anak perempuan satu2 nya dikeluarga yg ortunya masih belum mandiri secara finansial

Đọc thêm
4y trước

Mksih yah bun...

Klo aku punya adik bund. Ibuku sering ngeluh biaya buat adikku. Tp ngerong rong. Klo aku bilang g punya aku d maki2. Di ungkit2 biaya waktu aku sekolah dulu. Mpe stress saya trys suamiku turun tangan klo emg keberatan biaya untuk adik bungsu biar ikut kita. Kita didik dan biayain sekolah. Soalnya aku ada adik jg yg udah dewasa lulus kuliah pengangguran. Klo aku keras ke dia aku d maki2 ibuku. Klo aku cuek si bungsu buat alasan minta duit. Padahal kadang buat beliin kuota yg nganggur itu. Jd saran saya bunda diskusi sama suami gmn baiknya.

Đọc thêm
4y trước

Dilema ya bund. Krn perempuan klo udah jd istri ya manut sama suami. Tp klo manut untuk dzolim ke ortu ya gmn ya bingung jg. Setidaknya suami kasihlah 200-300 rb kecilnya klo bisa lebih malah bagus buat mertuanya yg kesusahan.

Influencer của TAP

Km skrg kewajiban pindah ke suami bund. Klo suami ga ngizinin kerja ya ga boleh kerja, klo nekat dosa. Emg ga pernah diobrolin sblm nikah? Klo km ga kerja ya minta suami kasih nafkah ke ortumu. Sy jg ortu tinggal ibu ga kerja dulu sy kerja nafkahin ibu. Abis nikah suami ga ngebolehin kerja lg. Tp sblm nikah udh ngobrol dg suami dan sepakat sy ga kerja tp ganti suami yg nafkahin ortu sy. Klo seandainya sblm nikah suami gamau nafkahin ibu sy, sy ga bakal mau nikah sm suami 😅 Jd sebaiknya sgala hal direncanain dr awal.

Đọc thêm
4y trước

Iyah sih bun... Sblm nikah sdh d obrolin bun... Cm skrg suami brubh

Jangan berhenti bun, kasian lho org tuanya, gmnpun kan ortumu yg sudah membesarkanmu sampe saat ini. Minta pengertian aja ke suami. Klo dia nyuruh km berhenti, dia yg harus nyanggupin gantiin nafkahin . Lgpula perempuan itu harus bs mandiri menghasilkan uang sendiri bun, takut2 amit2 klo suaminya ada apa2 itu sbg istri bs backup . Apalagi klo suaminya karyawan swasta yg suatu saat bs di PHK .. coba didiskusikan lg aja

Đọc thêm
4y trước

Iya makanya bun.. Aku stres skrg nii... Mana suami ttp ngotot... D tambah d kompor2in sm mertua ipar dan ttangga

Persis kaya saya. Wkwk tpi suami saaya berenti nyuruh sya fokus untuk kehamilan dan jaga warung peninggalan mama mertua sementara saya berat buat ninggalin kerja karna selama ini saya yg ngasih ortu saya. Kalo hnya mengandalkan warung ga ckup apalagi saya biasa jatahin 1.5 jt. Ya jdi saya memutuskan msih bekerja. Krna beda sekali bun rasanya minta uang suami untuk ibu kita sama kita ngasih sendiri pakai uang kita.

Đọc thêm
4y trước

Mending bunda ada kerjaan jaga warung. Aku hrs d rmh ... Bosen bunda... Mana fikiran berat.. Stres aku bun

Apa ayah bunda sudah tidak bekerja? Memang bingung sih kalo gitu, saya juga kerja buat ortu saya dan adik saya masih sekolah, ortu saya udh gak kerja tapi alhamdulillah saya di bolehin bekerja setelah melahirkan tapi, meskipun ternyata pas udah punya anak berat banget buat ninggalinnya, apa daya saya butuh uang untuk menghidupi keluarga, apalagi penghasilan suami tidak tetap:')

Đọc thêm
4y trước

Bapakku udah g kerja bun... Stress aku bun 😭

Harusnya bun . dibicarain dlu waktu sebelum nikah .. Aturan2 yg kayak mau tinggal dimnaa .. Masih kerja atw ngk .. Keuangan diatur siapa .. Masih nafkahin keluarga atw gmna .. Itu point2 penting sebelum nikah bun yg harus dibicarain ama paksu 😊 Supya nnatinya tdk menjadi bhan pertengkaran atwpun saling ngk enak ama suami..

Đọc thêm
4y trước

Iya bun aku coba .... Mksih yaaa