lahiran dicover full bpjs kah ?

Bunda bantu share dong..kehamilan saya sudah masuk 34 weeks dan saya harus persiapkan dimana saya harus lahiran. Apa benar harus ke faskes 1 dahulu dirujuk ke bidan tidak bisa langsung ke RS. Itupun saya tanya ke bidannya hanya ke cover sekitar 700rb saja belum termasuk yang lain2..saya tanya ke RS yg bisa terima bpjs itu bilangnya kalau ibu nya ada kendala dan diharuskan dirujuk baru diterima dan biayanya gratis bun kecuali obat2 ..saya bingung kenapa di bidan masih bayar ? Insyaallah saya ingin lahiran normal. Maaf baru pengalaman pertama ..mohon bantu arahannya bun 🙏 Makasi,

19 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

Kalo faskes 1 nya ada bidan biasanya harus kesana dulu ngk bisa buat rujukan. Kecuali ibu ada masalah & alat di faskes 1 kurang memadai baru bisa. Itupun faskes 1nya yg keluarin rujukan ngk bisa minta langsung. Pengalamanku, faskes 1 cuma ada dokter umum & dokter gigi. Aku minta dibuatin rujukan buat ke RS tempat yg aku mau lahiran. Langsung dibuatin & di daftarin sama faskes 1ku, besoknya langsung ke RS bawa rujukan & foto copy berkas2 ( bpjs, ktp, rujukan ). Dapet free 4 kali kontrol pake bpjs. Waktu sehari sebelum lahiran sempet sakit banget kira udah mau lahiran, masuk lwt igd ( ntr dikasih surat sama dokter RS buat kelengkapan berkas ). Baru pembukaan 1 itupun katanya baru seujung jari bidannya yg masuk. Pas mau pulang ternyata disuru bayar 😂 ku kira udah di cover. Sekitar 100ribuan untuk pengecekan & sarung tangan bidannya 😂 disitu aku tanya sama bagian adminnya, bukannya di cover bpjs ya. Katanya itu belum termasuk darurat, jadinya itungannya mandiri. Aku iyaiyain aja waktu itu, aku pagi kesana sekitar jam 11an. Subuhnya mules2 lagi, ke RS udah bukaan 3 langsung di suru diem & langsung dibawa ke ruang bersalin. Pagi anakku lahir, siang disuntik ( vaksin pertama ) kebetulan abis lahiran udah bisa jalan sendiri, pipis sendiri jadi dibolehin pulang sorenya. Di resepin obat sama dokter, itu di tebus mandiri ngk ke cover bpjs. Sekitar 70 apa 90ribuan.

Đọc thêm
4y trước

Cuma bayar itu kemarin waktu di cek pembukaan pertama & obat abis lahiran. Yg lainnya free, & didaftarin bpjs langsung sama pihak RS buat anakku.

Setau saya dan sepengalaman dari teman saya yang di Solo, bisa kok bu lahiran di RS mau normal apa SC dan di cover BPJS. Dengan syarat sudah pembukaan minimal 4 atau pecah ketuban terlebih dahulu. Masuk ke IGD, namun apabila belum pembukaan 4 ke atas memang disarankan untuk pulang terlebih dahulu. Kalo saya posisi di Pangkalpinang, selama kehamilan selalu periksa di dokter yang kebetulan bekerja di RS yang kerjasama dengan BPJS. Jadi saat usia kandungan 37W sudah diberikan surat pengantar kelahiran di RS bu (insyaAllah posisi mendukung untuk normal). Dan sudah konsultasi mengenai penggunaan dari BPJS, diberikan informasi oleh dokter prosedur untuk lahiran di RS dengan BPJS. Dan ketentuannya sama dengan yang tadi sudah saya ceritakan diatas. Semangat hamil yaa 💃. Kalo minta rujukan dari Puskesmas biasanya ribet kelamaan dan dilempar-lempar malaan bu, buang waktu kita .

Đọc thêm

Pengalaman saya bun waktu itu saya cek kontrol perbln di fakes 1(kebetulan ada utk persalinan) bisa melahirkan di fakes 1. tapi sayaa kontrol juga diklinik dekat rmh yg kebetulan bekerja sm dengan bpjs. dan saya kmrin g tw bisa gratis lahiran diklinik dkt rmh dicover bpjs, krn pikiran udh g ksnaa lagi tetap nyiapkan uang bun. 😂 jadi ketika saya lahiran kmrin saya pergi nya ke klinik ini(krn jrk dekat) sdh bukaan 5.. saya lhirannya diklinik itu eh trnyara bs dicover sm bpjs bun(normal) ga ad byr apa2.

Đọc thêm

saya udah masuk tm3, jd slama ini periksa kehamilan ke rumah sakit swasta yg nrima pelayanan pembayaran bpjs. dokter nyaranin kalo udah tanda2 lahir, langsung aja ke igd rumah sakit, gg perlu minta surat rujukan dari fasilitas kesehatan 1. kalo masalah bayaran saya tanyain ke temen yg pernah lahiran, kalo normal smua gratis. tapi kalo operasi (sc) kita cuman bayar obat penghilang nyeri yg dibeli di apotik. selebihnya gratis. kalo ke bidan bayar 700rb, mungkin bidannya gg nrima klaim bpjs.

Đọc thêm

setau saya kalo lahiran pake bpjs di klinik faskes pertamanya gratis paling cuma beli perlak sm kendi untuk ari2. tp kalo di klinik yang bukan faskesnya hanya dicover setengah aja bun. kalo di RS saya kurang tau sih ya, tapi kayanya semenjak ada covid ini RS jadi makin ketat setiap pasien wajib rapid tes dlu dan sepertinya engga dicover BPJS

Đọc thêm

700ribu itu maksudnya cover obat dan biaya lain.. kalau untuk lahiran normal, semua di cover bpjs. Kalau faskes 1 bunda ga ada pelayanan untuk bersalin, biasanya di rujuk ke bidan. Klau ternyata ada kendala atau harus secar, baru deh di rujuk ke RS. Jadi selama normal dan ga ada yang aneh2 biasanya di rujuk ke bidan dan semua tercover bpjs.

Đọc thêm
4y trước

*karena ada masalah

bisa pakai bpjs untuk lahiran normal tp klo ga salah pembukaan hrs nunggu pembukaan 5 keatas atau pecah ketuban duluan, indikasi medis tertentu bun itu bisa langsung ke igd rs, tmnku bbrp bulan yg lalu lahiran di rs nyampe rs udh bukaan lengkap tinggal ngeden pakai bpjs gratis tis tis bun, tp yagitu tmbku nyampe rs udh bukaan lengkap

Đọc thêm

aku kmrn sih nanya ya bun , di tempatku kalau di bidan lahiran normal tanpa bpjs byr 1jt bun . trus kalo pkek bpjs gratis . kalo di rs juga gratis bun , tapi kmrn aku sc pkek bpjs gratis cuma nebus obat aja . di tempatku sc non bpjs harganya sktiar 15 - 17jt bun . tpi alhmdllh aku di cover bpjs cuma byr obat aja .

Đọc thêm
4y trước

aku juga kemarin masih pakek kk ortu bun , soalnya aku blm punya kk . ya tapi untungnya bisa sih bun . jadinya anak ikut sama kk ortu aku bun , dan aku sih emg faskes 1 , anak ku lahiran jadinya ikut faskes 1 juga bun . tapi skrng alhmdllh kk sendiri udah ada . jadinya aman deh bun .

Saya 2 minggu lalu br lahiran sectio caesaria d RSIA d jkt pake bpjs sebenernya semua nya free smp test rapid jg free tp krn saya minta obat nya yg bagus untuk pereda rasa nyeri jd saya bayar 4 jt tp gpp krn klo ga pake bpjs kelas 1 d rsia tersebut keluar minimal 27 juta hehehe

4y trước

klo engga wa aku dluan bun 085893631698

kalo bunda mau pakai BPJS nnti lahiran di faskes 1 tapi kalo mau di bidan atau di klinik ya bayar Bun. faskes 1 bakal buat rujukan ke RS jikalau bunda lahiran SC. namun bunda juga bisa ke RS secara langsung tanpa surat rujukan tapi kalo udah urgent dan langsung ke UGD

Đọc thêm