Batuk bayi usia 2 bulan

Bund mau tanya dong cara mengatasi batuk pada bayi usia 2 bulan ? Anak ku udah dibawa ke DSA tapi gak sembuh juga masih batuk 🥺

11 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi
Influencer của TAP

Selamat pagi, Bun. Batpil beneran atau seperti batpil karena nafasnya grok-grok? Soalnya kalau nafas grok-grok ini cukup umum terjadi pada bayi karena memang fungsi pernafasan yang belum optimal. Akan hilang sendiri seiring pertumbuhan anak. Perlu konsul jika ada keluhan lain, seperti gangguan pertumbuhan, sesak nafas. Bunda bisa baca artikel ini https://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhan-anak/napas-grok-grok-pada-bayi-dan-anak-berbahayakah Jika batpil, coba cek apakah di sekitar ada yang batpil juga kah? Atau ada yang merokok? Obat-obatan itu menekan gejala, bukan menyembuhkan. Batuk pilek alias selesma alias common cold disebabkan infeksi virus yang akan sembuh sendiri (self limiting disease). Sebenarnya setahu saya, AAP merekomendasikan untuk menghindari pemberian ragam obat batuk untuk anak usia di bawah 6 tahun karena pertimbangan risk-benefit. Obat-obatan tersebut lebih besar risiko daripada manfaatnya. Batuk dan pilek itu gejala, Bun. Batuk adalah mekanisme alami tubuh membuang benda asing dari tubuh, terutama saluran pernafasan. Jadi untuk bayi dan anak, sangat butuh untuk bisa batuk, dan sebaiknya tidak ditekan dengan obat karena justru berisiko. Anak dan bayi kan belum bisa "hoek cuih" seperti orang dewasa. Jadi kalau ada benda asing di saluran nafas, lalu dia nggak bisa batuk, ini bisa bahaya. Lendir adalah produksi tubuh yang mirip cairan pembersih. Kalau ada benda asing, produksinya akan meningkat. Makanya kalau lagi batuk karena infeksi, jadi ingusan atau berdahak. Kan ada kuman masuk saluran nafas dan perlu dibersihkan 😁 Nanti tubuh akan mengeluarkan lendir tersebut secara alami melalui hidung (ingusan), mulut (muntah), atau saat BAB (jika tertelan). Kalau kata dr. Arifianto, Sp.A, sabar dan gendong adalah "obat" common cold hehehe. Jadiii cukup sabar dan nyamankan anak (bisa peluk, gendong, tepuk-tepuk, skin to skin contact, elus-elus, dll), time will heal kok. Bunda juga bisa perbanyak cairan, gempur ASI (jika masih ASI). Cairan adalah pengencer dahak yang joss kok. Pahami dan waspadai tanda kegawatdaruratan, seperti nafas cepat, sesak, dll. Jika ada tanda kegawatdaruratan, segera ke UGD. Semoga Si Kecil lekas sehat kembali.

Đọc thêm
1y trước

Coba singkirkan pencetusnya. Jika Bunda mau konsultasi ke dokter yah boleh saja, tapi bekali diri juga dengan informasi seputar batpil, alergi, rhinitis alergi, atau lainnya yang kira-kira berkaitan dengan keluhan yg ada.

cari DSA lain bun. sy waktu kmren jg gtu anak ku uda berobat ke dsa dan di berikan obat batuk puyer tp ga sembuh akhirnya ganti dokter anak di RS lain, di sarankan cek lab & rontgen nah baru ketauan tuh trnyata batuknya krna PNEUMONIA. 😞akhirnya di suruh rawat inap. dirawat inap 6hari di kasi antibiotik, obat batuk, nebu, fisioterapi biar dahak kluar, dan sedot dahak nya alhamdulillah uda plg dr RS ni batuknya udah hilang bun sudah membaik skrg. tinggal minggu depan jadwal kontrol.

Đọc thêm

batuk sdh brp lama? apa dirumah ada yg merokok atau batuk gak sembuh² jg? krn setau sy jika hanya batuk pilek biasa bayi dibawah 2th gak perlu obat oral, cukup gempur asi & oles balsam bayi. pengalaman anak sy mulai bapil usia 6bln sejak itu smp 2th blm pernah minum obat, dokter gak pernah kasih resep obat, cuma nyuruh 2 hal itu aja.

Đọc thêm
2y trước

batuk lbh dr seminggu udah gak normal mba, apalagi bayi. org rmh jg sebisa mungkin jangan deket² dede klo msh batuk, terapkan prokes ketat. coba cari 2nd opinion ke dsa lain, minta pemeriksaan lengkap, takutnya bukan batuk biasa.

aku kemarin batuk pilek, pake obat gak mempan terus ada yg kasih saran kakinya dikasih irisan bawang merah terus pakein kaos kaki sbelum tidur. Sekali aja udah langsung mendingan, aku tambahin minya kayu putih jg. Barangkali ngefek jg ke debay bun

2y trước

gak disarankan buat bayi yah, kulitnya msh sangat sensitif, bawang merah + kayu putih itu panas bgt loh buat bayi

Bawa DSA lain buun, tp cba bunda perhatikan kondisi rumah bun, usahain rumah emg bersih banget bun ga ada debu, apalgi di kamar bun terus rajin ganti seprai sama olesin transpulmin, usahain sinar matahari masuk ke dalam rumah bun

diliat lg dari lingkungannya bu, bisa jadi dia batuk krn alergi debu, area tempat tidurnya sering dibersihkan. krn pengalaman anak saya umur 2bln batuk² saya pikir sakit ternyata dsa blg alergi debu.

Thành viên VIP

bersihkan kamar, ganti sprei seminggu sekali, bikin uap dr air panas+minyak kayu putih bun

pake cessa cough and flu sama transpulmin rutinin aja habis mandi sama mau tidur

bawa ke DSA yg lain bu, cari second opinion

balik lg ke dsa or cari dsa lain ya