IMUNISASI 3 BULAN

Bund...mau cerita. Jd anakku kmren habis imunisasi 3 bulan dipuskes. Biasanya yg nyuntik bukan bidan itu, dan pas aku liat itu nyuntiknya kyak ga pke perasaan .lngsg ditusuk trus ditekan tuh jarumnya ampe full masuk smua ..ankku nangis ga brenti2 😢😢 .padahal slma suntik yg ke 2 bulan itu nangis bntr karna kaget. Dan bengkakk nya ga kyak skrg 😭😭 Terus pas nyampe rmh disuruh minumin paracetamol lngsg disuruh bidannya.. trs udh aku minumin .. eh dy demam naik turun..akhirnya tiap 4jam aku kasi paracetamol....aku cek suhunya hampir 39° tiap abis minum obt dy gamau nen bund... stlh 2 jam.an baru mau nen. Tp bntr doang 😭😭.aku juga udh kompres pke air anget di bekas suntik sama di kepala anakku. Dy itu ga perh nangis rewel apapun bund.. slma dy plg ke rmh pun ga kyak bayi yg lainnya begadang itu engga. Pling klo mlm bgun nyusu udh tdr lg. Aku jd takut nnti suntik lg bulan dpn... soalnya ak ga tega liat dy nangis bgtu panas bgt bdannya... rewel 😭😭 maklum ini anak pertama bund.. 😭😭 Mau tanya gimana klo suntik di DSA itu demam ga ya bund..??? Soalnya suami bilang bulan dpn suntik di dsa aja. Ak takutnya sama aja...😭😭😭

IMUNISASI 3 BULAN
75 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

emang gitu mau dimana juga palingan bakal demam.. karna itu kan virus yg dikasi masuk kedalam tubuh anak agar tubuh anak bisa belajar kebal.. walaupun virusny sudah dilemahkan yah tetap aja berefek.. makanya anak demam setiap stlh imunisasi.. faktanya adlah tdk semua anak cocok dengan vaksin trsbut.. klu diluar negeri ada namanya tes alergi.. jdi anak d tes dlu dengan vaksin tersebut cocok atau tdk.. gak main suntik2 aja bun.. makanya aku bukanny apa yah.. tp anakku ndk aku vaksin.. dn semoga sehat.. krna kasian.. pergi vaksin sehat2 stlh vaksin demam.. bahkan ad anak yg smpai meninggal.. yah krna itu tdk ada tes alergi.. kk aku perawat anak nya 7 tidak ad yg divaksin.. dn Alhamdulillah skrg sdh besar2 sehat bahkan ad yg jadi atlet.. it baru 1org kk.. ad yg anakny 3.. tdk vaksin jg.. alhamdulilah semua sehat.. asalkan kita juga gak nyampah.. makannya gak sembarangan.. anak2 jg gtu jan d kasi makan sembarangan.. coba lht dr zaidul akbar.. beliau dokter.. dn tdk nyaranin vaksin tuh bun.. maaf yah klu menurut kalian aku salah.. soalnya itu pilihan kita sih bun.. anak2 kita kan.. kalau aku yah aku gak vaksin..

Đọc thêm
4y trước

nnti tua baru keliatan sakit2an nya gragra ga vaksin, bukan apa ya bun jaman skrng sama dulu itu udh beda, kalo jaman dulu pembuatan makanan dari bahan alami, skrng mag bnyk campuran kimia, beras aja skrng 3 bulan udh bisa panen.

Thành viên VIP

Wih sama bun. Anak aku waktu itu pas suntik bcg. Awalnya mau tak bawa ke dsa. Abi nya bilang di puskesmas aja kan gratis, kakek nenek nya juga lah. Krn adek yg paling bontot waktu imunisasi di puskesmas juga. Hmmm dgn lapang dada tak bawa lah ke puskesmas. Sampai disana, masyaallah judes bgt. Masa aku mau liat anakku disuntik nda boleh, sampe diusir dulu baru dia mau nyuntik tuh ibu bidan atau perawat nda ngerti aku. Saking jengkelnya abis dia suntik langsung main pergi aja. Subhanallah.. nda lagi imunisasi berikutnya aku bawa ke situ. Anakku nangis sampai dirumah, baru bisa tenang. Kita nda dikasih tau apa apa lagi abis suntik. Gratis ya emang gratis. Tapi ya pelayanan nya nda gitu juga kaliiiiiii.. kzl bgt dah!! Mulai dari dpt tak bawa suntik ke dsa. Alhamdulillah nda napa napa. Ndapapalah bayar mahal yg penting nda disuntik bidan kelakuan macam itu! Sakit hati aku anakku digituin.. 😤😤

Đọc thêm
4y trước

bunda,,aku lagi cari komentar dr perawat yg katanya miris baca cuitan pertanyaan diatas, katanya bkn cara nyuntiknya yg bikin bdn panas, pdhl q baca2 cara nyuntik juga termasuk resiko yg menimbulkan bdn panas,cz kn jdi bengkak/nyeri, ya mngkin bidan baru blm paham bnr cara nyuntiknya, dan bnr bgt petugas puskesmas itu ya allah amit2 judes bgt! mreka pdhl petugas kesehatan hrusnya ramah!

duh sy sbg perawat miris bacanya.. ibu kalo gak tau dan gak ngerti teknik dan tipe menyuntik sesuai jenis vaksinnya jangan asal komen aja bu.. kita sbg nakes itu tau mana cara nyuntik sesuai jenis obat vaksinnya.. kalo yg sperti ibu blg itu jarum suntiknya sampai masuk semua itu jenis suntikan IM yg mana memang hrs sampai masuk ke dlm bagian otot.. Dan 1 lg, utk imunisasi DPT memang ada efek demam stelah disuntik.. dan demam itu wajar naik turun..walau sdh dikasih obat.. demam itu gak bs turun lgsg pas sekali 2x dikasih obat.. jgn samain minum obat dengan makan cabe ya bu yg sekali makan sbe udh lgsg berasa pedesnya.. Dan kalo ibu mau vaksin DPT yg gak ada efek demamnya, ibu bisa ke DSA aja sekalian.. biar tau perbandingan harga obat vaksinnya.. vaksin yg gak menimbulkan efek demam itu harganya mahal bs jutaan bu..

Đọc thêm
4y trước

tapi klo saya baca2 bisa jdi krn cara nyuntiknya yg salah, prnh ada kasus darahnya gk berhenti pas selesai disuntik! nauzubillah,, ya kan saya cuma blng sbg perawat harusnya ramah donk ama pasiennya, q blng muka2 gk nyantai kan saya crita kebayakan gitu! catet ya perawat tanpa nama!!! ngegass amat jd orang!!

ini yg aku kurang suka dari pelayanan puskesmas, pdhal sama anak bayi yaah . sempet pas awal mau imunisasi tuh mikir & punya pilihan ke puskesmas atau ke bidan langsung yaa, nah dari situ saya tnya2 ke sodara yg udah pengalaman imunisasiin anaknya, kebetulan sodara saya imunisasi anak nya itu di puskesmas dan dia bilang jangan lah jangan dipuskesmas, yg nyuntik ga pake perasaan itu pun bengkaknya sampe berhari hari ga sembuh sembhh, gratiss sih memang cuma kalo pelayanannya kurang oke mau gmna ! oke fix dari sni saya ambil kesimpulan kalo imunisasi berarti di bidan langsung saja #note : kami orang tua yg sederhana, jadi tidak mungkin, bahkan tidak akan terjadi buat imunisasi ke dsa yg mahal itu 😁🙏🙏 jadi alternatifnya ke bidan langsung yang saya bisa mendampingi & melihay langsung anak saya di njusss 😄😄🤭 meski pun rada ngeri ngeri & ga tega

Đọc thêm
4y trước

Iya bund. Sama sy juga dr kluarga yg biasa aja. semangat ya bund...

Ini aja vaksin untuk anak, aku aja yang beralih dari bidan pindah periksa hamil ke puskesmas tapi aku ga prnah minum vitamin dari puskesmas aku kalau di tnya bilang masih ada vitaminnya padahal aku masih minum vitamin yang beli di bidan .. kalau ngmg nge gas semua, pertama periksa aman krna hanya cek lab, terus periksa ke dua baru dibilangin katanya BPJS nya ga aktif nah loh kmren kmna aja kok baru di bilangin pas usia kandungan 36week ngurus langsung di puskesmas dan itu pun ga langsung jadi Ampe skrng 39 week blum aktif . Udh hipertensi bukan di kasih saran baik baik malah di omelin kn makin stress aja, aku juga pilih di puskesmas krna kalau lahiran dirumah sakit harus test rapid dlu mau keluar rumah aja takut kalau ga terpaksa banget ... Pandemi gini cari duit lagi susah jadi ya jalanin aja lah semoga semuanya sehat sehat ..

Đọc thêm

anakku suntik dpt 1 badannya cuma anget, tapi jadi gak mau mimik susu,, sampe dehidrasi,, sehari cuma pipis 2x dan warnanya coklat pekat. kuatir banget aku & ditambah rewelnya minta ampun. nah pas dpt 2 aku agak trauma,, tapi Alhamdulillah gak terlalu rewel,, namun malamnya badannya demam, suhunya hampir 40° . tapi anaknya gak nangis walaupun demam.... setelah itu pas dpt 3 aku takut bakal demam tinggi lagi.. tapi abis suntik dpt3 ternyata gak demam & gak rewel... Alhamdulillah sih. efek suntik dpt memang gitu Bun, jadi bundanya harus banyak" sabar.. & harus telaten kompresin bekas suntiknya. tapi setauku Paracetamol diberikan setiap 6 jam sekali,,,

Đọc thêm

imunisasi demam itu wajar bun mau ke dokter atau bidan aplg kalau DPT, ada yg demam atau tidak tergantung imun anak masing2. jadi kitanya yg kasih perhatian full aja ke anak, jangan panik bun baby gak mau nyusu karna kita jg panikan jd coba kita relaks aja. bayi bisa rasain apa yg ibu rasain jg. baby saya selama DPT 1 2 3 demam bun ampe 3hari baru sembuh total, nyusu jg berkurang aplg hari pertama. kasih obat aja bun sesuai anjuran dokter. kalau 4 jam sekali itu over dosis bun, setau saya di kemasannya maksimal 4x pemakaian dalam 1hari, jadi jelas anaknya tambah gak mau nyusu yg di cekokin obat lg.

Đọc thêm

aku gk pernah sih bun ke puskesmas dan selalu ke bidan praktik tp emng kayanya gtu deh nyuntiknya ditusuk sampe full bener2 masuk. Dede juga bgtu waktu imunisasi bun. Cba ditenangin kalau nangis, kalau gk mau nyusu coba di gendong sambil di elus2 intinya bikin dede senyaman mungkin dan bunda jgn kesel atau panik karena anak bsa rasain jd bukan nyaman malah makin rewel. Kalau emng bunda takut utk ke puskesmas lg cba ke dsa aja bun karena disana tuh nanti ditawarin mau yg bikin demam atau tdk tp biasanya yg tdk agak mahal bun.

Đọc thêm
4y trước

Iya bund ... Mksh ya bund...

bu, kalo imunisasi DPT emang demam, tapi cuman 1-2 hari aja kok. makanya di kasih paracetamol, biar turun demamnya. namanya demam tiap di kasih obat ya turun, tp naik lagi kalo obatnya udah ga bekerja, sampe sembuh, begitu kan.. kita aja yang dewasa kalo lagi sakit, biasanya begitu kan.. pas kasih obat redaan sakitnya, efek obat ilang, sakit lagi. kalo engga mau anak demam, imunisasi nya di DSA bu. harga nya juga ya beda. vaksinnya aja bisa 1jt lebih harganya, belom biaya penanganan sama dokternya.

Đọc thêm
Thành viên VIP

setau saya itu gimana jenis vaksinnya bunda, bukan yg nyuntiknya, biasanya dsa langganan saya suka tanya dulu, katanya "dptnya mau yg biasa atau yg g bikin demam?", kalo yg biasa di dsa itu (di Bandung daerah saya) 400k, kalo yg tanpa demam itu 800k (buat saya lumayan nguras kantong sih bun , belom kalo d saya ada biaya perika 150k hehe). Tapi bener anak saya anteng aja, g ada demam atau bengkak^^

Đọc thêm