Nabung logam mulia atau perhiasan

Bun sharing dong, untuk aku yg tinggal di pelosok, lebih baik nabung emas perhiasan atau batangan ya? Kepenginnya sih nabung emas batangan, tapi tanya2 di toko emas sekitar belum ada yg jual. Aku biasanya selalu beli perhiasan, jadi masih minim banget pengetahuan seputar logam mulia. Kalau beli online apa dijualnya ke toko tempat belinya juga? Dan sama seperti jual beli emas perhiasan? Mohon sharingnya buat yg sudah berpengalaman ya Bun.

10 Các câu trả lời
 profile icon
Viết phản hồi

bun maaf kamu nabung tujuanny untk apa? kalau saya nabung logam mulia tujuanny emg untk dana pensiun, jdi saya beli emas untk mengamankan hrga nilai uangny. mudah2an pas nnti sudah diusia pensiun saya dan suami bisa mandiri scra finansial dari nabung logam mulia. kalau bunda nabung untk biaya sekolah anak, lebih baik nabung di deposito atau reksadana pasar uang yg punya jangka waktu ga trlalu lama kebetulan saya juga nabung di deposito, khusus untk sekolah anak. trus kalau bunda nabung untk jaga2 aja, ini masukny dana darurat. kalau saya biasany dana darurat ini saya simpan di tabungan khusus bun. jdi benar2 diambil kalau dalam keadaan darurat aja, misal kalau ada yg sakit, ada perbaikan2 baik itu rumah atau kendaraan, beli2 keperluan diluar jatah uang bulanan yg sudah ada baru pake dana ini. nah kalau nabung perhiasan ini mnrut saya kurang worth it, krna perhiasan ini sifatny kan bukan emas murni, apalagi kalau bunda beli yg kadarny dibawah 20 karat biasany kalau dijual lagi hrgany turun ada potongan brpa persen trgantung kebijakan toko, apalagi kalau dijualny belum lama pas dibeli jdi rugi jatuhnya. ini mnrut pndpat saya aja yah bunda, semoga membantu 🙏

Đọc thêm

Aku dulu pernah kerja ditoko emas bund jadi sedikit paham mengenai logam mulia. Tapi ini tergantung kebijakan ditoko masing masing yaa, dan aku akan jelasin berdasarkan toko yang pernah aku kerja disana. Kelebihan logam mulia itu harganya lebih tinggi daripada perhiasan, kadarnya juga karena benar benar emas murni 24K. Potongan penjualannya juga lebih sedikit daripada perhiasan. Ga ada penurunan berat karena ga kegesek dan ada segelnya. Gamudah rusak juga. Minusnya cuma gabisa dipakai dan ada ongkos buat di saat pembeliannya. Nah kalau perhiasan, harga lebih rendah dari logam mulia, kadarnya yang emas tua rata2 17K tergantung daerah masing2. Bisa dipakai juga. Minusnya mungkin jika sering dipakai dan kegesek gesek bisa rusak dan mengalami penurunan berat. Terus harganya juga naik turunnya agak tidak stabil. Untuk invest yang jangka panjang menurutku lebih worth it yang logam mulia sih.

Đọc thêm

km tipikal yg bisa bgt nabung ga bun? aku tuh pernah diajarin gini ya, better emg beli logam mulia. tp tuh syaratnya dr kita , kita hrs tau nih kira2 kita bakal bisa nyimpen tu barang smpe brp lama. krna kan logam mulia tuh misal kitamau jual lg sebisa mgkin hrs udah 5th an penyimpanan . biar kita bsa dpt untung jg. namanya jg invest kan nah selama kita nabung beli LM kita jd hrs prepare biaya darurat . jd ga apa2 lgsg jual aja LM nya klo ada biaya diluar budget . intinya itu LM harus dijadikan senjata terakhir sbg penolong , gitu si

Đọc thêm

Mending invest di aplikasi bibit bun. Reksadana pasar uang. Returnnya cepet dr pada emas Fyi kalo penngen nungguin harga emas naik, sama dengan pengen nilai rupiah melemah. Kan ga bagus itu bun ekonomi makin susah ntr. Emas itu sebagai nilai barang. Misal, bunda punya tas sekarang seharga 10gram logam mulia April 2024. Nah di April 2044, bunda mau jual tas nya senilai 10gram logam mulia April 2024 itu.

Đọc thêm

bundaa... nabung emas itu gak bisa sebentar, rugi bun, karena harga naik turunnya. jdi kalau emng mau nabung emas yg nyari untung minimal sepuluh tahun, itupun kalau dijual lagi gabanyak untungnya, kalau cuma setahun dua tahun asli rugi bun, mahal belinya.. karena sya udah pengalaman. kecuali emang nabung jangka panjang yaaa, karena emas emng untuk jangka panjang.

Đọc thêm
Influencer của TAP

Kalau ada pegadaian di kotamu bisa beli logam mulia disitu. Trus dari aplikasinya kamu bisa nabung dulu di situ, ntar bisa di ambil fisiknya. Kalau mau beli online juga bisa bun.

Mending nabung emas LM bun, kalo perhiasan pas di jual lagi harganya suka merosot bukan malah untung, itu juga kalo tabungan jangka panjang banget bun

Thành viên VIP

kalau untuk invest, tentu mending emas antam. jangan perhiasan.

ke pegadaian ada kok nabung emas, itu yg batangan

download aps pegadaian mak.